Adas : Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan


Artikel yang terkait dengan judul :Adas : Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan

Adas : Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan ✓ Tanaman ini termasuk familia Apiaceae, dan dapat tumbuh dengan baik dari dataran rendah hingga ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, tetapi pada dataran tinggi dapat tumbuh jika dibandingkan dengan dataran rendah.

Untuk pengembangbiakannya tanaman adas yaitu dengan biji atau dengan cara memisahkan anak tanaman. Tanaman adas mempunyai nama lain, antara lain das pedas (Aceh), adas, adas pedas (Melayu), adeh, manih (Minagkabau), hades (Sunda), adas, adas londa, adas landi (Jawa), adhas (amdura), dan lain sebagainya.

Minyak atsiri (Oleum Foeniculi), anetol, fenkom, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, pinen, limonen dan minyak lemak merupakan kandungan dari tanaman adas.

Daftar Isi

1. Batuk
6. Demam

Adas : Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan

adas

Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan, antara lain :

Obat batuk pada anak-anak
Caranya yaitu ambil 1 sendok teh penuh adas, sepotong kulit kayu pulasari berukuran kira-kira 4 cm dan 1 buah bawang merah yang telah dikupas. Semua bahan dicuci, kemudian dilumatkan. Ambil 1 gelas air dan sepotong gula batu, kemudian masak hingga airnya menjadi tinggal setengah gelas. Setengah diminumkan sebelum sarapan dan setengahnya lagi diminum sebelum tidur. Ulangi hal ini untuk beberapa hari.

Obat sakit perut pada anak, diare 3 - 4 kali sehari, mual, kembung
Caranya yaitu ambil 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Seluruh bahan dicuci kemudian dimemarkan. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga airnya menjadi tertinggal 1 gelas. Setelah itu saring. Airnya separuh diminumkan pada pagi dan separuh lagi diminumkan pada malam.

Obat ambeien
Cara membuat ramuannya yaitu ambil 3 sendok teh penuh adas, 1 bawang merah dikupas, 1 cangkir daun patikan Cina, 1/2 cangkir daun meniran, 1 sendok teh penuh jintan putih (Cuminum cyminum L.). Seluruh bahan dicuci, kemudian direbus dengan 1 lt air hingga air tinggal setengahnya. Agar rasanya menjadi lebih enak maka diberi gula batu. Kemudian saring airnya dan minum airnya antara 4-5 kali dalam sehari. Ulangi hal ini selama beberapa hari.

Ambeien yang terus menerus sehingga berdarah
Cara membuat ramuannya untuk ambeien tersebut yaitu ambil 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulsari dicuci, dimemarkan dan direbus dengan menggunakan segelas air hingga tinggal airnya tinggal setengah. Agar menjadi lebih nikmat lagi, beri gula aren semanisnya. Kemudian lakukan penyaringan. Satu pisang batu/klutuk yang masih muda lalu dicuci bersih, kemudian diparut bersama dengan kulitnya. Kemudian airnya tersebut diperas dan dicampur dengan air rebusan adas pulasari. Dalam sehari minum 1x. Untuk keeseokan harinya ulangi sekali lagi.

Obat bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan
Cara membuat ramuan karena bau mulut yaitu ambil 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, dicuci, diutamakan. Kemudian tambahkan sedikit garam. Seduh dengan secangkir air. Kemudian sesudah menjadi dingin lalu diperas dengan kain. Diminum 3 kali pakai dalam sehari. Jangan langsung ditelan, namun diamkan untuk beberapa saat di mulut, lalu sedikit demi sedikit ditelah. Lakukan pengulangan selama beberapa hari.

Obat biduran
Resep ramuan untuk biduren yaitu ambil 2 sendok teh penuh adas, kunyit ukuran 7 cm dikupas, 2 bawang merah dikupas. Seluruh bahan dicuci hingga bersih, dilumatkan, diseduh dengan menggunakan 1 1/2 gelas air, kemudian didiamkan sebentar kemudian disaring dengan menggunakan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x dalam sehari sebanyak setengah gelas. Kemudian ulangi untuk beberapa hari.

Obat demam
Cara membuat ramuan demam yaitu ambil 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulsari dicuci, dimemarkan, direbus dengan segelas air hingga airnya menjadi tertinggal setengahnya. Kemudian lakukan penyaringan. Labu air dicuci, dikupas dan kemudian diparut. Lalu diperas dengan memakai kain sehingga airnya menjadi hampir 1 gelas. Campurkan dengan air rebusan adas pulasasi dan 2 sendok makan madu. Diminum sekaligus.

Mencegah stuip pada anak
Jika anak demam dan sulit kencing, supaya turun panasnya, dapat diberikan 4 sendok teh adas, 6 cm kulit batang pulasari, 7 butir biji anyang-anyang. (Anyang-anyang atauElaeocarpus grandiflorus J. Sm. biasa juga disebut rejasa). Seluruh bahan dicuci bersih, kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Kemudian saring. Minum ramuan tersebut 1 gelas untuk sehari.

Itulah artikel kesehatan yang berjudul Adas : Khasiat dan Manfaat Adas untuk Kesehatan yang semoga dapat bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.