√ Pengertian Membaca : Menurut Para Ahli dan Menurut Macamnya


Artikel yang terkait dengan judul :√ Pengertian Membaca : Menurut Para Ahli dan Menurut Macamnya

Sejauh ini membaca menjadi sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Oleh karena itu, tak heran jika membaca adalah salah satu aktivitas rutin yang dilakukan sejak seseorang berusia dini. Bahkan, ada banyak orang yang juga masih terus membaca meski sudah tak menempuh jenjang pendidikan tertentu, baik karena tuntutan atau alasan tertentu lainnya.

Membaca adalah salah satu hal yang memang sudah sangat familiar di kalangan kita. Akan tetapi, tak semua orang sudah benar-benar memahami pengertian membaca. Hal ini cukup disayangkan, sebab tanpa mengetahui dan memahami definisi dari sesuatu maka kita bisa jadi kurang bisa meresapi dan memaknai apa arti dari sesuatu yang sudah sering ditemui tersebut.

Baca juga : Teknik Membaca Cepat

Beberapa Pengertian Membaca Menurut Para Ahli

Memang tak bisa kita pungkiri, membaca adalah salah satu hal yang tak selalu ada hubungannya dengan belajar atau bekerja. Kita berusaha untuk membaca sesuatu yang bersifat hiburan pun melibatkan aktivitas yang sama. Misalnya saja seperti membaca resensi film, buku, novel, dan masih banyak lagi. Bisa juga kita membaca untuk mengetahui suatu informasi.
S
eperti yang sudah dijelaskan di atas, pengertian membaca adalah satu hal yang penting untuk kita ketahui. Ada beberapa ahli yang memiliki definisi membaca. Hal ini didasarkan pada pemikiran mereka secara pribadi, sehingga akan ada sedikit perbedaan yang bisa kita temukan antar satu ahli dengan yang lain. Berikut ini adalah beberapa definisi membaca menurut ahli.

1. H.G. Taringan
Menurut H.G. Taringan, pengertian membaca adalah satu proses yang dilakukan dan digunakan oleh si pembaca untuk mendapat pesan yang akan disampaikan oleh penulis dari bahasa atau kata-kata tertulis.

2. Hodgson
Hodgson berpendapat bahwa membaca adalah sebuah proses yang menuntut kelompok kata yang menjadi satu kesatuan bisa terlihat pada satu pandangan sekilas dan supaya makna tiap kata bisa diketahui. Bila ini tak terpenuhi, pesan tersurat dan tersirat tak akan dipahami dan proses membaca tak terlaksana baik.

3. Ahmas S. Harjasujana
Pengertian membaca adalah merupakan suatu kegiatan memberi respon lambang - lambang tertulis menggunakan pengertian yg tepat, sehingga memberi respon kepada semua ungkapan penulis, sehingga bisa memahami materi pada bacaan dengan baik.

4. Finochiaro dan Bonomo
Membaca ialah kegiatan untuk memetik atau memahami makna atau arti yang terkandung di dalam suatu tulisan.

Baca juga : Cara Mengajar Anak Membaca

Pengertian Membaca Berdasarkan Macam-macamnya

Setelah mengetahui berbagai pengertian membaca menurut para ahli seperti di atas, kita pun bisa memahami definisi dari membaca itu sendiri yang juga didasarkan dengan macam-macamnya. Ada beberapa jenis membaca yang bisa kita tahu sekaligus dengan artinya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah membedakan jenis tersebut, seperti di bawah ini.

1. Membaca dengan hati atau membaca cerdas
Pengertian membaca dengan hati atau membaca cerdas adalah membaca yang menitikberatkan isi bacaan yang menjadi ungkapan perasaan, pikiran, dan juga kehendak penulis.

2. Membaca bahasa
Membaca bahasa merupakan membaca tanpa mementingkan bahasanya. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti kesesuaian pikiran dengan bahasa dan perbendaharaan bahasa yang mencakup struktur kalimat, kosa kata, dan ejaan.

3. Membaca emosional
Membaca emosional merupakan membaca sebagai suatu media untuk memasuki perasaan seperti keindahan isi dan bahasanya.

4. Membaca bebas
Pengertian membaca bebas adalah membaca sesuatu berdasarkan keinginan diri sendiri tanpa ada unsur paksaan dari faktor luar seperti orang tua, guru, teman, atau beberapa pihak lain.

5. Membaca teknis
Pengertian membaca teknis adalah membaca dengan cara mengarahkan bacaan sesuai ucapan, intonasi, dan tekanannya.

6. Membaca nyaring
Membaca nyaring merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara membaca sesuatu dengan vokal keras.

7. Membaca dalam hati
Pengertian membaca dalam hati ialah kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama untuk memahami dan mengerti tujuan atau maksud penulis di dalam media tertulis.

Baca juga : Manfaat Membaca

Itulah beberapa pengertian membaca menurut ahli dan macam-macamnya. Kita bisa mengetahui beberapa hal tersebut untuk menambah wawasan dan memudahkan identifikasi dari jenis membaca yang dilakukan oleh seseorang. Dengan begitu, kita pun bisa lebih maksimal untuk memahami apa yang berhubungan dengan pengertian atau definisi dari membaca.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.