Pengertian Mikroskop dan Bagian - Bagiannya


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Mikroskop dan Bagian - Bagiannya

Dalam dunia ilmu pengetahuan yang kerap kali melakukan penelitian akan berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan alam, peranan mikroskop sepertinya tidak lagi bisa dipisahkan. Tentunya, yang demikian ini dikarenakan kegunaan piranti yang satu ini sangatlah penting dalam kegiatan penelitian tersebut. Lantas, tahukah Anda pengertian mikroskop itu apa? Mungkin bagi Anda yang pernah mengenyam bangku pendidikan akan tahu persis piranti yang satu ini berikut dengan fungsinya.

Tahukah Anda Apa Itu Mikroskop?

Kaitannya dengan pengertian mikroskop, perlu untuk dipahami terlebih dahulu bahwasannya mikroskop merupakan salah satu alat bantu yang digunakan untuk mengamati obyek yang berukuran kecil di mana obyek tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Berbicara kaitannya dengan etymology, kata mikroskop berasal dari bahasa latin yang dalam hal ini adalah “mikro” atau yang diartikan sebagai kecil dan “scopein” atau melihat, sehingga pengertian mikroskop tersebut sesuai dengan apa yang disebutkan di atas.

Dalam perkembangannya terlepas dari pengertian mikroskop, piranti ini pada dulunya ditemukan oleh sosok pria yang dikenal dengan nama Anthony Van Leewenhoek. Dengan ditemukannya piranti yang satu ini, maka tidak mengherankan jika kini banyak orang yang mempelajari obyek dengan ukuran kecil dan hal semacam ini disebut sebagai ilmu mikroskopi. Saat ini pembelajaran mengenai penggunaan alat tersebut telah menghasilkan berbagai penemuan yang sangat luar biasa dan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Apa Saja Bagian-bagian Mikroskop Itu?

Tanpa mengabaikan pengertian mikroskop, tentunya mikroskop itu sendiri memiliki berbagai bagian yang nantinya akan membantu Anda untuk bisa mengamati obyek yang kecil. Bagian dari mikroskop tersebut pada hakikatnya juga memiliki fungsi tersendiri, di mana Anda sebagai pengguna dari piranti ini harus paham betul mengenai bagian-bagian tersebut demi menghindari adanya kerusakan pada pemakaian piranti tersebut. berikut bagian-bagian dari mikroskop yang sesungguhnya. Secara umum tanpa mengabaikan pengertian mikroskop, bagian dari mikroskop ini dibagi menjadi dua, yaitu bagian optic serta bagian mekanik.
Pengertian Mikroskop

Bagian-bagian Optic dari Mikroskop

a. Lensa okuler digunakan untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif dengan perbesaran mencapai 6, 10 hingga 12 kali. Bagian dari lensa ini sangat mungkin ditemukan pada bagian atas dekat dengan indra pengamat.

b. Lensa obyektif dimanfaatkan untuk memperbesar obyek pengamatan dengan perbesaran yang jauh lebih besar mulai dari 10, 40 hingga 100 kali. Penggunaan lensa obyektif ini juga memerlukan minyak emersi yang nantinya akan menjadikan bayangan terlihat lebih jelas.

c. Bagian kondensor merupakan bagian yang bisa dinaik turunkan dan dimanfaatkan untuk mengumpulkan cahaya yang akan diarahkan pada obyek penelitian.

d. Diafragma pada mikroskop difungsikan untuk mengumpulkan cahaya yang nantinya akan difokuskan pada preparat.

e. Untuk cermin pada mikroskop akan digunakan sebagai bagian yang akan menerima cahaya melalui prinsip pemantulan.

Baca juga : Fungsi Mikroskop

Bagian-bagian Mekanik dari Mikroskop

a. Revolver pada mikroskop akan membantu dalam memperbesar lensa obyektif yang terletak pada mikroskop tersebut.

b. Tabung mikroskop dimanfaatkan untuk menghubungkan antara lensa okuler dan juga lensa obyektif

c. Lengan mikroskop difungsikan sebagai pemegang mikroskop

d. Meja benda merupakan bagian yang berfungsi untuk menempatkan benda yang nantinya akan diamati di mana bagian ini terdiri dari penjepit obyek

e. Makrometer atau yang dikenal dengan sebutan pemutar kasar digunakan untuk menurunkan tabung secara cepat sehingga kejelasan atas obyek pengamatan akan didapatkan

f. Micrometer atau pemutar halus dimanfaatkan untuk menurunkan tabung secara lambat sehingga akan dihasilkan kejelasan obyek sesuai dengan keinginan

g. Kaki mikroskop akan digunakan sebagai penyangga, sehingga mikroskop akan tetap berada pada tempat yang diinginkan.

Terlepas dari pengertian mikroskop, peranan mikroskop sangatlah penting dalam perihal penelitian sebuah obyek dengan ukuran yang sangat kecil hingga tidak bisa dilihat kasat mata. Tentunya, proses pengamatan yang demikian ini dilakukan dengan memanfaatkan setiap bagian dari mikroskop sehingga akan mendapatkan bayangan yang sesuai dan juga jelas.

Baca juga : Mikroskop Binokuler

Mengingat manfaat dari mikroskop tersebut, maka tidak mengherankan jika sampai saat ini pembelajaran ilmu pengetahuan alam selalu mengintegrasikan materi tersebut ke dalam pembelajaran di kelas.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.