Pengertian Cuaca : Unsur dan Macam - Macamnya


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Cuaca : Unsur dan Macam - Macamnya

Ketika dilontarkan dengan istilah cuaca, pastinya banyak orang yang telah memahami betul dengan makna tersebut. Namun, jika diminta untuk mendefinisikan kata yang dianggap umum tersebut, bisa jadi banyak dari mereka yang akan kebingungan dan memilih untuk tutup mulut. Memang kata tersebut terdengar sangat sederhana, akan tetap hanya segelintir orang berpendidikan sajalah yang mungkin akan bisa mendefinisikan kata tersebut secara gamblang.

Lantas, apa yang dimaksud dengan cuaca?

Secara lebih mudah, makna kata tersebut didefinisikan sebagai keadaan udara pada suatu wilayah tertentu yang ditentukan pada kurun waktu singkat. Dengan kata lain, definisi ini juga bisa merujuk pada keadaan udara yang bisa berubah setiap harinya. Perubahan yang demikian ini tentunya disebabkan oleh beberapa hal yang di dalamnya mencangkup kelembaban udara, suhu, curah hujan, tekanan udara dan juga angin.

Sebagai contoh kaitannya dengan cuaca adalah jika di suatu kota Bandung pada pukul 08.00 dilaporkan cuacanya sangat cerah dengan temperature udara berkisar antara 23 – 27 derajat celcius. Dalam kondisi yang sama, pada saat itu angin berhembus dari arah barat laut dengan kecepatan sebesar 25km/jam.

Ternyata, ketika pukul 15.00, keadaan lingkungan sekitar mengalami perubahan di mana langit dipenuhi dengan awan yang sangat tebal serta suhu udara mengalami kenaikan menjadi 30 derajat celcius. Selain itu pada kondisi yang sama, angin bertiup dari wilayah barat dengan kecepatan mencapai 20km/jam.

Apa saja unsur – unsur dari perubahan cuaca?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan cuaca suatu tempat. Perubahan tersebut tentunya juga disebabkan oleh kondisi alam, yang mana hal ini terdiri dari beberapa unsur yang mencangkup.

1. Suhu atau yang lebih dikenal dengan sebutan temperature sangatlah berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Hal yang demikian ini disebabkan oleh adanya jumlah sinar matahari yang menyinari suatu daerah tertentu, ketinggian suatu tempat, keadaan awan hingga kondisi vegerasi di permukaan bumi.

2. Tekanan udara ditentukan oleh kerapatan masa udara yang terdapat pada wilayah tertentu. Pengukuran tekanan udara dilakukan dengan memanfaatkan barometer.

Baca juga : Pengertian Geografi

Cuaca

Cuaca
3. Kelembaban udara mencangkup banyak sedikitnya uap air yang terdapat pada udara di waktu tertentu. Alat ukur yang digunakan sebagai pengukur kelembaban udara adalah hygrometer.

4. Angin juga mempengaruhi perubahan cuaca, di mana angin ini didefinisikan sebagai pergerakan udara dari wilayah yang tinggi ke rendah. Untuk alat ukur angin ini bisa digunakan beaufort.

5. Curah hujan merupakan intensitas air hujan yang turun di wilayah tertentu dengan waktu tertentu.

Apa saja macam – macam cuaca?

Perlu diketahui bahwasanya untuk mengetahui macam – macamnya, hal ini ditentukan atas unsur pembentuknya dengan jangka waktu tertentu. Kaitannya dengan macam cuaca, pada hakikatnya, ada beberapa macam yang telah terjadi di permukaan bumi Indonesia dan berikut ulasannya.

1. Cerah merupakan salah satu kondisi alam ketika matahari bersinar dengan terangnya serta udara di sekitar juga tidak terlalu panas. Pada kondisi yang demikian ini, hujan diperkirakan tidak akan turun.

2. Panas adalah sutu kondisi di mana ada peningkatan suhu udara yang disebabkan oleh adanya faktor sinar matahari. Kondisi yang seperti ini bisa mencapai suhu 30 derajat celcius.

3. Berawan adalah kondisi alam yang dipenuhi oleh awan yang menjadikan suhu pada permukaan bumi menjadi tidak panas. Ketika kondisi semacam ini, maka peluang untuk hujan sangatlah besar.

4. Cuaca dingin merupakan salah satu jenis kondisi alam di mana hal ini ditandai oleh peningkatan kelembaban udara dengan perbandingan suhu udara yang cukup rendah sehingga menjadikan angin bertiup cukup kencang.

5. Hujan adalah suatu kondisi di mana banyak sekali uap air yang terdapat pada lapisan atmosfir  karena adanya proses penguapan atas air laut, sungai dan lain sebagainya. Pada titik tertentu, uap air akan menggumpal dan menjadi awan yang selanjutnya turunlah hujan.

6. Berangin juga dikenal sebagai kondisi alam di mana angin bertiup sangat kencang yang menimbulkan potensi atas kerusakan ketika dalam kecepatan yang tinggi.

Baca juga : Pengertian Meteorologi

Bisa dikatakan bahwa cuaca merupakan suatu kondisi alam yang ditentukan berdasarkan jangka waktu tertentu. Banyak hal yang mempengaruhi perubahannya seperti udara, angin, kelembaban udara dan masih banyak lagi. Saat ini, banyak sekali jenis cuaca yang terjadi di Indonesia dan hal ini mencangkup, berangin, mendung, berawan, hujan, panas dan lain sebagainya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.