KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII)


Artikel yang terkait dengan judul :KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII)

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP : Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII) ✓ Dengan mempelajari mengenai ciri-ciri dari makhluk hidup diharapkan teman-teman mengumpulkan informasi mengenai hal tersebut. Terdapat beberapa tanda misalnya : dapat bergerak, iritabilitas, membutuhkan makan, dan lain sebagainya. Di kelas 7 ini, ciri-ciri makhluk hidup merupakan sub bab dari bab keanekaragaman makhluk hidup, sehingga masih terdapat 2 su bab lagi yaitu Klasifikasi Makhluk Hidup dan Sistem Organisasi Kehidupan. Kedua sub bab tersebut akan dibahaas pada artikel yang lainnya.

Daftar Isi :

1. Bergerak
2. Peka Terhadap Rangsang (iritabilitas)
3. Memerlukan Makan (nutrisi)
4. Bernafas (respirasi)
5. Tumbuh dan Berkembang
6. Berkembangbiak (reproduksi)
7. Adaptasi
8. Regulasi
9. Ekskresi
Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Di bawah ini adalah ciri - ciri makhluk hidup, antara lain:

Bergerak

Pengertian bergerak adalah perubahan posisi, baik seluruh tubuh atau hanya sebagian. Hal tersebut dikarenakan oleh adanya tanggapan terhadap rangsang. Contoh gerak pada tumbuhan antara lain : gerak menutupnya daun pada tumbuhan putri malu apabila terkena rangsangan berupa sentuhan, gerak ujung batang dari bawah ke atas menuju ke arah cahaya matahari, dan gerak membukanya biji pada tanaman lamtoro yang dikarenakan oleh perubahan kadar air. Sedangkan contoh pada hewan misalnya : gerak aktif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak yang berupa otot, gerak pasif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak yang berupa tulang, dan gerak pada manusia misalnya berjalan, berlari dsb.

Peka Terhadap Rangsang (iritabilitas)

Makhluk hidup memiliki kepekaan terhadap rangsang. Hal tersebut bisa ditunjukkan pada tanaman/ hewan/ manusia yang berikut ini:
1). Pada tumbuhan : daun putri malu akan menutup daunnya jika diberi rangsang berupa sentuhan. Ini merupakan salah satu contoh kepekaan terhadap rangsang pada tanaaman.
2). Pada hewan : ayam akan berkokok pada waktu fajar menyingsing.
3). Pada manusia : apabila diberi bau yang merangsang, maka akan tubuh manusia akan menanggapi rangsangan tersebut, misalnya dia akan bersin.

Memerlukan Makan (nutrisi)

Untuk setiap makhluk hidup pastilah membutuhkan makanan. Cara untuk mendapatkan makanannya juga berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Adapun tujuan dari makhluk hidup makan adalah supaya dapat mempertahankan hidupnya, dapat menghasilkan energi dan juga berguna untuk pertumbuhan. Tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri lewat proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Sedangkan pada hewan dan manusia tidak bisa membuat makanannya sendiri, namun sangat tergantung pada makhluk hidup yang lainnya.

Bernafas (respirasi)

Pengertian bernafas adalah pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga mendapatkan energi dan mengeluarkan karbondioksida sebagai zat residu (sisa). Pada hewan vertebrata di darat melakukan proses pernafasan dengan menggunakan paru-paru, ikan melakukan pernafasan dengan menggunakan insang, cacing bernafas dengan memakai kulitnya. Pada tumbuhan : pada daun
bernafas lewat stomata, pada batangnya lewat lentisel dan pada akarnya lewat bulu-bulu akar. Manusia melakukan pernafasan dengan menggunakan  paru-paru.

Tumbuh dan Berkembang

Pengertian tumbuh adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang irreversible. Sedangkan pengertian berkembang adalah suatu proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh berbagai hal yaitu hormon, nutrisi dan juga lingkungannya. Contoh pertumbuhan adalah pertumbuhan tinggi dan berat badan pada manusia, sedangkan contoh perkembangan adalah manusia yang mulai bisa berbicara dan berjalan atau kematangan buah dan biji pada tumbuhan.

Berkembangbiak (reproduksi)

Pengertian  berkembangbiak adalah memperbanyak diri dalam rangka untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Cara berkembangbiak dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :
a. Secara kawin/generatif, adalah perkembangbiakan yang melibatkan sel telur dan sel sperma.
b. Secara tak kawin/vegetatif, adalah perkembangbiakan yang tidak melibatkan sel telur dan sel sperma, tetapi melibatkan sel tubuh.

Adaptasi

Pengertian adaptasi adalah kemampuan dari makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dalam rangka untuk mempertahankan diri. Dahulu pada saat duduk di kelas 6 sd teman-teman mempelajari mengenai ciri khusus makhluk hidup terutama untuk adaptasi terhadap lingkungannya. Ada 3 macam adaptasi, antara lain:
a). Adaptasi morfologi. Pengertian adaptasi morfologi adalah penyesuaian diri terhadap alat-alat tubuhnya. Sebagai contoh adaptasi morfologi yaitu pada burung elang yang mempunyai kuku yang tajam untuk menerkam mangsanya. Pada bunga teratai yang memiliki daun yang lebar untuk  memperluas bidang penguapan.
b). Adaptasi fisiologi. Pengertian adaptasi fisiologi adalah penyesuian diri terhadap lingkungan dengan fungsi alat-alat tubuh. Sebagai contoh adaptasi fisiologi: Manusia menambah jumlah sel darah merahnya jika berada di daerah pegunungan. Kotoran unta kering, namun urinenya kental.
c). Adaptasi tingkah laku, adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap nya dengan tingkah lakunya. Contoh adaptasi tingkah laku: Pada hewan bunglon yang mengubah warna tubuhnya, ikan paus yang muncul ke permukan secara periodik.

Regulasi

Pengertian/definisi dari regulasi adalah merupakan suatu proses pengaturan keserasian di dalam tubuh makhluk hidup yang diatur oleh syaraf dan juga diatur oleh hormon.

Ekskresi

Pengertian ekskresi adalah suatu proses pengeluaran dari sisa-sisa metabolisme tubuh. Pada proses oksidasi yang berlangsung di dalam tubuh kita selain dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, juga menghasilkan zat sisa yang harus dkeluarkannya karena jika idak dikeluarkan akan membahayakan tubuh. Sebagai contoh adalah manusia mengeluarkan gas karbondioksida lewat paru–paru, sedangkan pada ikan lewat insangnya.

*) Semua Materi IPA SMP Kelas 7 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPA SMP/ MTs Kelas VII


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.