Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Artikel yang terkait dengan judul :Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6) ✓ Definisi/ pengertian berkembang biak adalah proses terbentuknya suatu individu baru yang sama jenisnya dengan individu yang menghasilkannya. Tujuan dari perkembangbiakan adalah sebagai cara untuk mempertahankan jenisnya supaya tidak mengalami kepunahan. Pada bab ini akan dibahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang berlangsung pada manusia, perkembangan pada hewan dan perkembangan pada tumbuhan. Bagaimana proses dari pertumbuhan dan perkembangan tersebut bisa terjadi? Terus apa ciri-ciri fisik anak laki-laki dan perempuan? dan bahasan lain-lainnaya.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Daftar Isi

Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

Pengertian pertumbuhan adalah satu proses perubahan dari kecil menjadi besar dan tinggi, yang disertai dengan pertambahan berat. Pada manusia akan mengalami pertumbuhan yang pada awalnya bayi --> kanak-kanak --> remaja --> dewasa --> tua. Pada proses pertumbuhan umumnya ditandai dengan perubahan sikap, perilaku dan juga gejala-gejala yang lainnya. Berikut contohnya PERTUMBUHAN pada MANUSIA dengan gambar.


Selain mengalami pertumbuhan, manusia juga mengalami perkembangan seiring dengan usianya. Ciri-ciri PERKEMBANGAN pada MANUSIA contohnya adalah terjadinya perubahan fisik untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Pada masa remaja (umur 12-17 tahun) akan mengalami perubahan tubuh pada dirinya atau yang lebih dikenal sebagai masa puber (pubertas). Pada umumnya perubahan-perubahan yang terjadi adalah anak akan semakin cepat besar dan tumbuhnya rambut pada area ketiak dan area paha (area kemaulan). Untuk anak laki-laki terjadi perubahan pada suaranya, akan tumbuh kumis, dan juga akan terlihat jakun pada bagian tenggorokannya. Sedangkan untuk anak perempuan akan mengalami payudara yang bertambah besar dan mengalami datang bulan/ menstruasi/ haid.

Ciri Perkembangan Fisik pada Manusia

Perkembangan Fisik pada Anak Laki-laki

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai masa puber, berikut CIRI-CIRI PUBER pada ANAK LAKI-LAKI yang ditandai dengan perubahan fisik berikut ini:
  1. Suara menjadi lebih berat (menjadi lebih berat)
  2. Tumbuhnya kumis, janggut, dan juga cambang
  3. Tumbuhnya rambut pada ketiak dan pada pangkal paha (daerah kemaluan)
  4. Pada ara leher muncul jakun
  5. Pada bahu mejadi lebih lebar, dengan demikian dada akan membidang
  6. Pertumbuhan di organ kelamin yang juga diikuti oleh kematangan organ
    reproduksi.

Perkembangan Fisik pada Anak Perempuan

Sedangkan perkembangan fisik pada anak perempuan/ CIRI-CIRI PUBER pada ANAK PEREMPUAN antara lain :
  1. Suaranya akan menjadi lebih nyaring
  2. Pada organ reproduksi mulaimemproduksi sel telur, yang ditandai dengan datang bulan/ haid/ menstruasi
  3. Bentuk dari payudara mulai berkembang
  4. Pada daerah pangka paha dan pada daerah ketiak tumbuh rambut.
  5. Kulit akan menjadi lebih halus.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Tumbuhan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu TUMBUHAN BERBIJI dan TUMBUHAN TIDAK BERBIJI, selanjutnya ikuti penjelasan di bawah ini.

Perkembangbiakan Tumbuhan Berbiji

Pada Perkembangbiakan pada Tumbuhan Berbiji dapat terjadi dengan 2 cara yaitu: yang pertama adalah secara kawin (generatif) dan yang kedua adalah secara tak kawin (vegetatif).

- Perkembangbiakan generatif

Untuk PERKEBANGBIAKAN dengan cara GENERATIF adalah merupakan perkembangbiakan yang terdapat pada tumbuhan yang memiliki bunga. Pada perkembangbiakan generatif dimulai dengan terjadinya proses penyerbukan. Pengertian penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Penyerbukan tersebut kemudian akan diikuti dengan pembuahan. Proses pembuahan adalah merupakan perkembangan bakal buah menjadi buah dan juga biji. Berikut adalah bagian-bagian bunga :

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Bagian Bunga
Putik mempunyai fungsi sebagai alat kelamin betina. Berikut untuk bagian - bagian dari putik :

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Bagian putik
Sedangkan untuk fungsi dari benang sari adalah sebagai aat kelamin jantan. Berikut adalah bagian-bagian dari benang sari.


Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu:

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Jenis penyerbukan
Apabila dijelaskan menggunakan gambar, maka jenis-jenis penyerbukan dapat terlihat sebagai berikut:


Pada umumnya penyerbukan yang terjadi pada bunga dibantu dengan bantuan seranggga misalnya lebah atau kupu-kupu. Mahkota yang cerah biasanya penyerbukannya dibantu oleh serangga karena mahkota tersebut daat menarik perhatian dari serangga. Selain hal tersebut, bunga juga mengandung kelenjar madu yang merupakan makanan serangga. Perantara dalam penyerbukan pada tanaman yang lainnya adalah dibantu oleh manusia dan juga angin. Pada tanaman vanili merupakan tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh manusia. Sedangkan yang dibantu oleh angin adalah tanamaan jagung/ rumput. Pada tanaman ini serbuk sari memiliki jumlah yang banyak, kecil, dan ringan sehingga sangat cocok jika penyerbukannya dibantu oeh angin karena mudah untuk diterbangkan.

- Perkembangbiakan vegetatif

Pengertian PERKEMBANGBIAAN secara VEGETATIF adalah perkembangbiakan secara tidak kawin. Adapun perkembangbiakan vegetatif bisa berlangsung secara alami dan buatan.

a). Perkebangbiakan vegetatif secara alami
  • Tunas. Untuk contoh dari tanamaan yang berkembang biak dengan menggunakan tunas adalah pada tanaman pisang. Pada batang pisang yang ada di dalam tanak akan membentuk tunas. Contoh lainnya adalah pada tanaman tebu.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Tunas pisang
  • Tunas daun. Contoh tanaman yang berkembangbiakan vegetatif alami dengan tunas daun adalah pada tanaman cocor bebek dan kaktus. Tunas pada tumbuh cocor bebek terletak pada ketiak daun.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Tunas cocor bebek
  • Umbi lapis. Adalah umbi yang tersusun oleh lapisan-lapisan dan tumbuhnya tunas terletak di tengahnya. Sebagai contoh dari tanaman yang berkembang biak dengan menggunakan umbi lapis adalah tanaman bawang merah. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar kemudian akan tumbuh dan membentuk tunas. 
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Umbi lapis bawang merah
  • Umbi batang. Tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang adalah tanaman kentang dan ubi jalar. Tunas bisa tumbuh di beberapa tempat (pada mata tunas). 
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Umbi batang pada kentang
  • Umbi akar. Adalah bagian akar yang menjadi besar karena umbi akar mempunyai fungsi untuk tempat cadangan makanan. Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar misaknya singkong dan wortel.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Umbi akar pada wortel
  • Akar tinggal (rhizoma). Tunas pada akar tinggal adalah merupakan batang yang tumbuh mendatar pada permukaan tanah. Adapun ciri dari akar tinggal adalah memiliki bentuk yang menyerupai akar, namun berbuku-buku seperti batang. Contohnya tanaman yang berkembang biak dengan menggunakan akar tinggal adalah pada tanaman kunyit, lengkuas, dan juga temulawak.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Akar tinggal pada lengkuas
  • Geragih atau stolon. Adalah merupakan batang yang tumbuh dan menjalar di atas atau bawah tanah. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan stolon yang menjalar di bawah permukaan tanah adalah pada rumput teki, sedangkan yang berada di atas permukaan tanah adalah arbei dan semanggi.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Geragih pada pohon semanggi

b). Perkebangbiakan vegetatif buatan

- Okulasi (menempel)

Adalah merupakan perkebangbiakan secara vegetatif buatan dengan cara menempel batang yang mempunyai tunas pada pohon lain, tapi yang sejenis. Pada umumnya tanaman yang diambil tunasnya adalah yang memiliki keunggulan misalnya dalam hal tanamannya lebih kuat, mempunyai buah yang lebih besar, dan tahan terhadap penyakit. Contohnya adalah menempel antara mangga manalagi dengan mangga arum manis

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Perkebangbiakan vegetatif buatan dengan okulasi (menempel)
- Mengenten (menyambung)

Yaitu menyambung satu batang tanaman dengan batang tanaaman yang lainnya dan sebagi contohnya adalah mengenten untuk tanaman tanaman singkong karet (bawah) dengan tanaman singkong biasa (atas).
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Mengenten (menyambung)

 - Stek

Yaitu perkebangbiakan vegetatif buatan dengan cara memotong batang tanaman induk yang sudah tua. Syaratnya adalah pada potongan tersebut terdapat buku supaya bisa tumbuh. Contoh tanaman yang dapat di stek yaitu tanaman singkong dan tebu.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Stek pada tanaman singkong
 - Mencangkok

Untuk mencangkok hanya dapat dilakukan pada tanaman dikotil. Untuk langkah mencangkok adalah sebagai berikut:
  • Buang sebagian kulit batang dan kambiumnya.
  • Batang ditutupi dengan menggunakan tanah.
  • Rawatlah cangkokan supaya pada bagian atas sayatan tumbuh akar dan siap untuk ditanam.
Untuk contoh tanaman yang dapat dicangkok misalnya pada tanaman rambutan, mangga, duian, jambu dan lain-lain.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Mencangkok
- Merunduk

Yaitu menimbun bagian batang yang tumbuh panjang dipermukaan tanah. Bagian batang tersebut dibenamkan ke dalam tanah hingga muncul akar. Tanaan yang dapat dilakukan merunduk adalah tanaman anggur, anyelir, apel, dan juga alamanda.
Perkebangbiakan dengan merunduk

Perkembangbiakan Tumbuhan Tidak Berbiji

Perkembangbiakan pada tumbuhan tidak berbiji adalah merupakan perkembangbiakan secara vegetatif. Cara perkembangbiakannya yaitu dengan membelah diri dn spora.

- Membelah diri

Tumbuhan belah adalah merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara membelah diri dan sebagai contohnya adalah ganggang biru.

- Spora

Perkembangbiakan pada tumbuhan dengan spora adalah terjadi pada jamur, tumbuhan paku, dan juga lumut.

Perkembangbiakan Hewan

Perkembangbiakan Hewan Tak Bertulang Belakang

Hewan invertebrata adalah merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Pada hewan invertebrata ini, cara perkembangbiakannya dapat secara vegetatif dan generatif.

a). Perkembangbiakan secara tak kawin (vegetatif)

Yaitu perkembangbiakan tanpa melaui proses pembuahan. Perkembangbiakan pada hewan invertebrata secara vegetatif terdiri atas:

- Tunas. Pada hydra merupakan contoh hewan yang berkembang biak menggunakan tunas. Hydra yang sudah besar dan tua akan membentuk tunas. Kemudian tunas yang terbentuk akan memisahan diri dari induknya yang kemudian akan menjadi individu yang baru.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Tunas pada Hydra
- Membelah diri

Pada proses pembelahan diri akan menghasilkan dua atau lebih individu yang baru. Adapun hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan membelah diri misalnya terjadi pada Amoeba dan Paramaecium.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Perkembangbiakan pada amoeba
- Spora

Contoh hewan yang dapat berkembang biak dengan menggunakan spora misalnya plasmodium.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Perkembangbiakan pada plasmodium
- Partenogenesis

Sel telur tanpa adanya suatu proses pembuahan bisa tumbuh menjadi individu yang baru, sebagai contoh adalah pada lebah.

b). Perkembangbiakan secara kawin (generatif)

Perkembangbiakan pada hewan invertebrata secara generatif/ kawin  bisa dilakukan dengan cara:

- Anisogami

Anisogami adalah merupakan peleburan 2 sel kelamin yang berbeda bentuk dan juga ukurannya. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara anisogami terdapat pada Hydra dan cacing tanah.

-  Konjugasi

Konjugasi adalah merupakan perkawinan antara 2 jenis individu yang belum bisa dibedakan untuk jenis kelaminnya. Dua hewan sejenis yang bergabung/ konjugasi kemudian berpisah. Dari masing-masing bagian yang terpisah tersebut kemudian akan menjadi individu yang baru.

Perkembangbiakan Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata)

Perkembangbiakan pada hewan vertebrata (hewan bertulang belakang) terjadi proses peleburan sel kelamin yang mana peleburn tersebut disebut sebagai pembuahan. Proses pembuahan bisa terjadi dengan 2 cara yaitu:
  • Pembuahan eksternal (di luar sel). Pengertiannya adalah proses peleburan antara sel telur degan sel sperma yang terjadi di luar tubuh induk betina. Sebagai contoh dari pembuahan eksteral adalah terjadi pada ikan dan juga pada katak.
  • Pembuahan internal (di dalam sel). Pengertiannya adalah proses peleburan antara sel telur dengan sperma yang terjadi di dalam tubuh induknya. Sebagai contoh hewan yang melakkan pembuahan di dala tubuh adalah mamalia, reptil, dan juga pada burung.
Sel telur yang telah terjadi pembuahan dinamakan zigot yang mana zigot tersebut akan mengalami perkembangan menjadi individu yang baru.

Perkembangbiakan generatif pada hewan bertulang belakang bisa trejadi dengan cara ovipar, vivipar, atau ovovivipar. Pengertian perkembangbiakan ovipar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur. Sebagai contoh adalah pada ayam, burung, dan ikan. Pengertian perkembangbiakan  vivipar adalah cara perkembangbiakan dengan cara beranak. Sebagai contoh adalah pada anjing, gajah, harimau, dan juga pada kucing. Sedangkan pengertian perkembangbiakan ovovivipar adalah perkembangbiakan pada hewan bertulang belakang dengan cara bertelur dan beranak. Sebagai contoh adalah pada ular, kadal, dan pada buaya.

Perkembangbiakan Manusia

Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6)
PERKEMBANGBIAKAN PADA MANUSIA berlangsung dengan cara generatif. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian di atas bahwa perkembangan secara generatif terdapat peleburan antara sel kelamin jantan (disebut sperma) dengan sel kelamin betina (disebut ovum).

Testis akan memprodusi sperma yang berjumlah jutaan untuk setiap harinya. Sperma akan bergerak sepanjang saluran sperma atau sering juga disebut sebagai vasdeferens, kemudian kaan keluar lewat penis.

Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Alat reproduksi pria

Pada ovarium akan melepaskan 1 sel telur untuk setiap bulannya. Kemudian sel telur akan dibuahi jika bertemu dengan sperma. Pembuahan tersebut terjadi adalah terletak di sepanjang tuba falopi menuju uterus (rahim).
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Alat reproduksi wanita
Pada 2 hari setelah terjadinya pembuahan, maka sel telur telah membelah menjadi 4 sel yang kemudian akan terus membelah menjadi milyaran sel. Milyaran sel tersebut akan membentuk tubuh manusia. Usia kandungan yang siap melahirkan adalah pada waktu 38-40 minggu. Sebelumnya bayi kaan berputar di dalam rahim ibunya. Pada saat proses kelahiran, otot dinding rahim akan mengalami kontraksi/ tegang dan lapisan (membran) yang menyelubungi bayi akan pecah. Kemudian karena pecah, maka akan terjadi dorongan kepada bati untuk keluar melalui vagina. Pada saat bayi keluar, tulang tengkoraknya masih lentur dan lunak. Hal ini yang membuat bayi keluar dengan selamat. Tulang tengkorak bayi mempunyai celah yang berisi bahan yang lentur. Dengan demikian celah ini memungkinkan tengkorak bayi dapat mengkerut. Pada waktu bayi dilahirkan, tulang tengkorak akan membesar seiring dengan pertumbuhan otaknya yang sangat cepat. Pada waktu bayi berusia 2 tahun, maka celah-celah ini kemudian akan menjadi tulang.
*) Seluruh materi IPA Kelas 6 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 6

Demikian artikel IPA di Aanwijzing.com yang berjudul Perkembangbiakan Makhluk Hidup (Pelajaran IPA SD Kelas 6) yang semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.