Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Artikel yang terkait dengan judul :Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V) ✓ Tujuan dari teman-teman mempelajari mengenai pelajaran ini adalah supaya siswa bisa mengidentifikasi bagai mana cara suatu tumbuhan dalam membuat makanannya. Selain itu supaya teman-teman bisa menjelaskan tentang ketergantungan manusia & hewan terhadap tumbuhan yang merupakan sumber makanan. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang bisa mengolah makanannya untuk dirinya sendiri yang terletak di daunnya. Sehingga dengan demikian tumbuhan hijau adalah merupakan produsen. Zat hijau daun atau sering disebut sebagai klorofi adalah zat yang menjadikan tumbuhan dapat mengolah makanannya sendiri. Makanan yang diolah di daun kemudian akan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh tumbuhan. Selain itu ada juga sebagian yang disimpan yang dipakai sebagai cadangan makanan.

Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)

Fotosintesis

PENGERTIAN FOTOSINTESIS adalah suatu proses pengolahan makanan yang terjadi pada tumbuhan. Air (H2O) dan karbondioksida (CO2) merupakan bahan-bahan yang digunakan tumbuhan untuk membuat makanan. Bahan-bahan tersebut didapatkan dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan lewat akarnya, khususnya melalaui rambut akar. Sedangkan CO2 didapatkan melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel). Sesudah seluruh bahan telah dikirim ke daun, maka proses fofosintesis siap dilakukan. Pembuatan makanan pada tumbuhan terjadi di daun yang terdapat banyak kandungan klorofilnya. Hal ini karena klorofil akan mengikat sinar matahari yang mana energi dari sinar matahari tersebut dipakai untuk mengubah H2O dan CO2. Pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Berikut ini adalah reaksi fotosintesis yang bisa tulis :



Karbohidrat sebagai hasil dari proses fotosintesis akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Karbohidrat memiliki fungsi untuk tumbuhan adalah untuk pertumbuhan, perkembangan, berkembang biak, dll. Namun tidak semua karbohidrat tersebut akan digunakan. Sebagian akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Hasil dari proses fotosintesis selain karbohidrat adalah berupa oksigen. Gas ini sangat perlukan oleh hewan dan manusia yaitu dalam sistem pernafasan manusia dan hewan. Gas O2 (oksigen) akan dilepaskan oleh tumbuhan ke udara bebas dan akan dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang lainnya.

Hasil Fotosintesis Disimpan sebagai Cadangan Makanan

Sebagian hasil dari proses fotosintesis dari tumbuhan hijau akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan yang mana akan dipakai oleh tanamaan apabila bahan-bahan di tanah mulai menipis. Bagian dari tumbuhan untuk menyimpan makanan adalah pada umbi, buah, biji dan batang. Di bawah ini adalah contoh tumbuhan yang memiliki cadangan makanan pada tubuhnya.

1). Cadangan makanan pada umbi. Contohnya pada kentang, singkong, talas, bawang merah, dan bawang putih, dll
Tumbuhan Hijau (Pelajaran IPA SD/ MI Kelas V)
Cadangan makanan pada umbi
2). Cadangan makanan pada buah. Contohnya pada mangga, apel, jeruk, pepaya, dan buah lainnya.

Cadangan makanan pada buah
Cadangan makanan pada buah
3). Cadangan makanan pada biji. Contohnya pada kacang tanah, kacang kedelai, jagung dan juga pada kacang hijau.
Cadangan makanan pada biji
Cadangan makanan pada biji
4). Cadangan makanan pada batang. Contohnya pada sagu dan tebu.

Cadangan makanan pada batang
Cadangan makanan pada batang

MANUSIA & HEWAN BERGANTUNG PADA TUMBUHAN HIJAU


Tumbuhan sebagai Sumber Makanan

Tumbuhan sebagai Sumber Makanan
Semua bagian dari tumbuhan hampir bisa dimanfaatkan oleh manusia dan juga hewan. Bagian tersebut bisa bagian daunnya, bunga, buah, batang, umbi, tunas, ataupun bagian bijinya.
Di bawah ini merupakan makanan manusia dari tumbuhan.
 
1). Daun, misalnya daun pepaya, kubis, selada, bayam, dll
 
2). Bunga, misalnya bunga turi, bunga kol, bunga pisang, dll
 
3). Buah, misalnya mangga, jambu, sawo, anggur, nanas, dll
 
4). Umbi misalnya kentang, wortel, singkong, lobak, dll
 
5). Tunas, misalnya taoge, rebung, dll
 
6). Biji, misalnya kacang hijau, jagung, beras, dll.

Pada hewan juga memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau.
 
Seperti teman-teman sudah tahu bahwa hewan adalah hewan herbivora (pemakan tanaman/ tumbuhan) sehingga akan sangat tergantung pada tumbuhan secara langsung. Tanamaan adalah makanan ppokok, dan jika tumbuhan tersebut tidak ada maka hewan-hewan akan  mati, ini juga akan berakibat bagi pemangsa (karnivora/ pemakan daging) juga akan mati. Oleh karena antara yang satu dengan yang lainnya adalah saling bergantung. Ini juga berlaku untuk omnivor (pemakan segalanya).

Tumbuhan sebagai Obat Tradisional

Tumbuhan sebagai Obat Tradisional

Di kita banyak sekali tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat. Contoh tanaman obat pil kina (obat malaria), kunyit, kencur, jahe, temulawak, dll.

Tumbuhan sebagai bumbu masakan

Selain untuk tanaman obat, tanaman juga bisa dijadikan rempah-rempah. Biji, buah ataupun umbi dari tanaman dapat bermanfaat sebagai penyedap atau bumbu masakan. Sebagai contoh adalah tanaman tebu yang menghasilkan gula, yaitu sebagai pemanis alami. Untuk hasil rempah-rempah sebagai contohnya bawang merah, bawang putih, lada, cengkeh, pala, dll.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.