Perang Dunia II : Latar Belakang Terjadinya PD II (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Artikel yang terkait dengan judul :Perang Dunia II : Latar Belakang Terjadinya PD II (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Perang Dunia II : Latar Belakang Terjadinya PD II (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX) ✓ Salah satu yang terlibat dalam perang dunia adalah Negara Jepang. Dalam PD II, negara jepang bisa merebut daerah-daerah yang ada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hal ini karena ambisi yang luar biasa dari para militernya dalam perang dunia II.

Daftar Isi

1. Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II
2. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II Di Eropa

Latar Belakang Terjadinya PD II

Perang Dunia II : Latar Belakang Terjadinya PD II (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Menjelang perang dunia II, keadaan politik internasional mirip dengan keadaan antara tahun 1900-1914 sebelum perang dunia I. Perang Dunia ke-2 ada yang menyatakan bahwa perang tersebut merupakan lanjutan dari perang dunia ke-1. PD I adalah bentuk balas dendam negara prancis kepada negara jerman karena telah dipemalukan dengan kekalahannya pada saat perang di tahun 1870-1871. Selain itu dalam bidang indutri, negara jerman bersaing dengan negara inggris. Dengan adanya persaingan-persaingan tersebut, maka terbentuklah suatu persekutuan militer (aliansi). Terdapat 2 (dua) persekutuan yaitu Triple Alliantie dan Triple Entente. Triple Alliantie yang dikenal dengan sebutan Blok Sentral yang anggotanya antara lain negara Jerman, Austria dan Italia. Sedangkan Triple Entente dikenal dengan sebutan Blok Sekutu yang anggotanya terdiri dari negara Perancis, Inggris, Rusia dan lain sebagainya.

Pada tanggal 1 Agustus 1914 Negra Jerman mengumumkan perang kepada Negra Rusia dan kemudian disusul oleh Negara Perancis yang mengumumkan perang kepada Negara Jerman pada tanggal 3 Agustus 1914. Lalu pada tanggal 4 Agustus Negara Inggris juga mengumumkan perang kepada Negara Jerman. Untuk selanjutnya terjadilah perang yang hampir melibatkan seluruh negara yang ada dunia yang dikenal dengan nama Perang Dunia I.

Perang tersebut berakhir dengan kekalahan Negara Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Oleh karena Bangsa Jerman adalah pihak yang kalah dalam peperangan, maka Jerman harus membayar ganti rugi terhadap kepada Triple Entente (Blok Sekutu) yang dikuatkan dalam Perjanjian Versailles di tahun 1919. Kekalahan Jerman yang telak ini memberi peluang kepada Adolf Hitler untuk membangkitkan bangsanya guna untuk melakukan balas dendam kepada Negara Perancis. Adolf Hitler kemudian membesarkan dan mengembangkan fasisme dan memulai PD II dengan melakukan penyerbuan ke Polandia di kota Danzig pada tanggal 1 September 1939. Peristiwa tersebut yang menjadi penyebab langsung terjadinya Perang Dunia II.

Sebab-Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia II

Penyebab umum terjadinya Perang Dunia II adalah sebagai berikut :

a. Kegagalan dari Liga Bangsa-Bangsa (LBB) di dalam menciptakan perdamaian dunia. Liga Bangsa-Bangsa bukan lagi menjadi suatu alat dlaam rangka untuk mencapai tujuan, namun telah menjadi alat politik negara-negara besar untuk mendapatkan keuntungan. Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak bisa melakukan apa-apa pada saat negara-negara besar berbuat semaunya sendiri, misalnya saja pada tahun 1935 Negara Italia melakukan suatu serangan terhadap Ethiopia.

b. Negara - negara maju saling melakukan perlombaan dalam memperkuat militer dan persenjataannya. Liga Bangsa-Bangsa dinilai telah gagal, oleh karenanya Bangsa Barat terutamanya adalah Bangsa Jerman & Italia mencurigai kepada komunisme Rusia, tetapi kemudian Negara Rusia mencurigai fasisme Italia & nasional-sosialis Jerman. Dengan kondisi yang saling mencurigai tersebut, kemudian negara-negara tersebut membuat kebijakan untuk memperkuat militer dan juga memperkuat pesenjataannya.

c. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan). Terdapat suatu kekhawatiran akan terjadinya perang besar, maka negara-negara saling mencari kawan dan kemudian timbullah 2 (dua) blok besar yaitu: 1). Blok Fasis yang terdiri dari Negara Jerman, Italia, dan Jepang 2). Blok Sekutu yang terdiri dari atas:

  • Blok demokrasi yaitu Negara Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan juga Belanda.
  • Blok komunis yaitu terdiri dari Negara Rusia,Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia.

d. Terdapat pertentangan-pertentangan akibat ekspansi. Negara Jerman telah mengumumkan “Lebensraum”nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Negara Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Negara Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. Ini dapat berarti menjadi tantangan terhadap imperialisme Negara Inggris, Perancis, dan juga Negara Amerika Serikat.

e. Terdapat pertentangan anatara faham demokrasi, faham fasisme dan faham komunisme.

f. Terdapat politik balas dendam (“Revanche Idea”) Negara Jerman Kepada Negara Perancis, Sebab Negara Jerman merasa dihina dengan adanya Perjanjian Versailles.

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II Di Eropa

Adanya serbuan dari Bangsa Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939 adalah penyebab khusus terjadinya PD II. Negara Polandia adalah negara di bawah pengawasan LBB. Hitler menuntut Danzig sebab penduduknya adalah bangsa Jerman, namun Polandia menolak atas tuntutan Jerman tersebut. Negara-negara pendukung dari LBB terutamanya adalah Bangsa Inggris dan Perancis pada tanggal 3 September 1939 mengumumkan perang kepada Bangsa Jerman, yang selanjutnya diikuti oleh negara sekutu yang lainnya.

Perang Dunia di Pasifik disebabkan oleh karena serbuan Bangsa Jepang terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.