Negara Maju dan Negara Berkembang (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Artikel yang terkait dengan judul :Negara Maju dan Negara Berkembang (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Negara Maju dan Negara Berkembang (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX) ✓ Negara berkembang mempunyai ciri-ciri, salah satunya adalah sebagian besar masyarakatnya adalah bekerja di bidang pertanian. Pemakaian alat pertanian yang masih tradisional masih dipergunakan, dan masih mengandalkan tenaga manusia dan hewan. Apakah di negara maju tidak mengenal petanian? Di negara maju mengenal bidang pertanian, akan tetapi perbedaannya adalah terletak pada peralatan dan teknologi yang dipakai. Di negara yang telah maju memakai perlatan yang modern berupa traktor dalam mengolah tanah. Diharapkan setelah mempelajari bab ini, teman-teman dapat menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang;  dapat menyebutkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang; serta dapat menyebutkan contoh negara-negara maju dan berkembang yang ada di dunia ini.

Daftar Isi

1. Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
2. Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang
3. Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara Maju dan Negara Berkembang (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas IX)

Negara Maju dan Negara Berkembang

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

Pada konteks ekonomi internasional, kita mengenal istilah “negara maju” dan “negara berkembang”. Kedua adalah merupakan penggolongan atas negara-negara di dunia yang berdasarkan pada tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya.  Pengertian negara maju adalah negara yang rakyatnya mempunyai tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup  yang tinggi. Negara yang tingkat kesejahteraan/ kualitas hidup dari warga negaranya pada taraf yang sedang atau masih dalam perkembangan merupakan pengertian negara berkembang. Banyak terdapat negara maju di benua Eropa terutama untuk kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Negara Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dsb. Sedangkan untuk negara berkembang banyak terdapat di kawasan Benua Asia,  Afrika, dan  Amerika Selatan (Latin). Pada kawasan Asia terdapat beberapa negara maju misalnya negara Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Indikator yang dipakai dalam penggolongan suatu negara apakah negara tersebut sebagai negara maju atau negara berkembang adalah seperti yang berikut ini.

1. Pendapatan Perkapita
Indikator ini adalah indikator terpenting di dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Pada indikator ini sebuah negara dikatakan negara yang makmur jika kondisi rakyatnya mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi. Tetapi tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara. Meski negara yang tersebut mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi, namun apabila terjadi perang saudara di dalam negara tersebut, maka tidak bisa dikatakan sebagai negara yang makmur/sejahtera.

2. Jumlah Penduduk Miskin
Angka kemiskinan dapat dipakai untuk melihat tingkat kesejahteraan rakyat pada suatu negara. Dikatakan makmur/sejahtera negara apabila rakyatnya yang dalam taraf hidup miskin jumlahnya tidak banayak.
Jumlah Penduduk Miskin
3. Tingkat Pengangguran
Pada umumnya, di negara maju memiliki tingkat pengangguran yang rendah sedangkan di negara berkembang untuk tingkat penganggurannya lebih tinggi.
Tingkat Pengangguran

4. Angka Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan
Secara umum di negara maju angka kematian terhadap bayi dan ibu
melahirkan rendah karea warga negaranya mampu untuk membeli makanan yang bergizi, mampu untuk membeli pelayanan kesehatan serta obat-obatan yang memadai. Sedangkan untuk negara yang sedang berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. Penyebabnya adalah Warganya tidak punya kemampuan untuk membeli makanan yang bergizi, tidak mempunyai kemampuan untuk membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai. Ini semua oleh karena pendapatannya yang rendah.

5. Angka Melek Huruf
Indikator ini menunjukkan jumlah penduduk yang bisa membaca dan menulis. Suatu negara dikatakan sebagai negara maju jika angka melek hurufnya tinggi atau angka buta hurufnya rendah.
data melek huruf
Selain 5 indikator seperti yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa indikator untuk membedakan antara negara maju dan negara berkembang. Indikator tersebut misalnya: tingkat pendidikan, usia harapan hidup, pengeluaran untuk kesehata, dsb.

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Berikut adalah ciri-ciri negara maju, antara lain:
  1. Pertanian termasuk di dalamnya adalah bidang peternakan dan perikanan untuk  industrialisasi, dijual, diekspor.
  2. Aktivitas perekonomian memakai sarana dan prasarana yang telah modern.
  3. Perkembangan dari iptek menunjang industrialisasi secara cepat.
  4. Penduduk mempunyai pendapatan yang tinggi.
  5. Penduduk mempunyai  pendidikan dan keterampilan yang cukup tinggi.
  6. Masarakatnya mempunyai sifat kemandirian yang tinggi.
  7. Tidak tergantung pada alam.
  8. Mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah
  9. Angka harapan hidup cukup tinggi.
  10. Intensitas mobilitas tinggi.
Sedangkan ciri-ciri negara berkembang antara lain sebagai berikut.
  1. Pertanian termasuk di dalamnya adalah peternakan dan juga perikanan digunakan hanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan keluarga.
  2. Secara umum aktivitas masyarakatnya memakai sarana dan prasarana yang tradisional.
  3. Perkembangan iptek berdasarkan pada pengalaman dan sifatnya lamban.
  4. Tingkat pendapatan yang relatif rendah.
  5. Tingkat pendidikan penduduknya rata-rata adalah rendah.
  6. Penduduknya mempunyai sifat yang kurang mandiri.
  7. Sangat tergantung pada alam.
  8. Tingkat pertumbuhan penduduk adalah tinggi
  9. Rendahnya angka harapan hidup.
  10. Intensitas mobilitas yang rendah.

Beberapa Negara Maju dan Negara Berkembang

Untuk dapat menggambarkan tingkat kemakmuran suatu negara, kita bisa melihatnya dari aspek kependudukan dan ekonomi negara yang bersangkutan. Pada negara maju dan berkembang terdapat suatu kondisi pada kependudukan dan ekonomi yang bertolak belakang. Teman-teman dapat membandingkan data-data kependudukan dan ekonomi antara negara maju dan negara berkembang yang berikut ini.

1. Negara Maju
NEGARA MAJU

2. Negara Berkembang
Negara Berkembang

Dari data-data di tersebut, teman-teman bisa membandingka antara keadaan kependudukan dan ekonomi negara maju dan negara yang sedang berkembang. Sebagai contoh adalah pertumbuhan penduduk di Negara Belanda 0,3 % per tahun, sedangkan di Negar India 1,4 % per tahunnya.  Angka Harapan hidup di Negara Belanda 78,7 tahun, sedangkan di Negara India 63,5 tahun. Angka kelahiran di Negara Belanda 1,7 sedangkan di Negara India adalah 2,9.  Angka kematian bayi di Negara Belanda adalah 4,8, sedangkan di Negara India adalah 61,6. Pendapatan per kapita di Negara Belanda adalah 36. 620 US$, sedangkan di Negara India adalah 720 US$. Data-data tersebut telah menunjukkan bahwa kualitas hidup penduduk di negara maju seperti halnya di Negara Belanda jauh lebih baik daripada kualitas hidup di negara berkembang seperti halnya Negara India.

Negara maju mempunyai pendapatan perkapita yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara berkembang. Dengan pendapatan yang lebih tinggi maka kemampuan untuk konsumsi bahan makanan lebih bergizi dan juga lebig memadai. Selain dari pada itu, dengan pendapatan yang tinggi maka kemampuan membeli pelayanan kesehatan, obat-obatan pelayanan pendidikan juga lebih baik apabila dibandingkan dengan negara yang mempunyai pendapatan yang lebih rendah.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.