Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda √ Sekilas mengenai penjumlahan yang penyebutnya tidak sama akan terlihat rumit, namun sesudah teman - teman menyamakan atas penyebutnya maka akan menjadi tersasa lebih mudah. Apabila teman - teman menyelesaikan soal dengan pecahan biasa yang bilangan pembilangnya lebih besar daripada bilangan penyebutnya, maka samakan terlebih dahulu bilangan penyebut pada kedua pecahan tersebut. Selanjutnya, kita dapat menjumlahkan kedua bilangan pembilangnya. Apabla kita melakukan penjumlahan pecahan campuran, rubah bilangan menjadi pecahan biasa terlebih dahulu dan samakan kedua pecahan. Dengan begitu, kita dapat menjumlahkan kedua pecahan dengan lebih mudah.

Daftar Isi

1. Cara Menjumlahkan Pecahan Biasa
2. Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

1. Cara Menjumlahkan Pecahan Biasa

Mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) untuk menentukan penyebutnya. Sebab teman - teman perlu menyamakan untuk kedua pecahan yang akan dijumlahkan, carilah KPK dari penyebut-penyebut  pecahan tersebut. Kemudian pilih KPK yang terkecil.

Misalnya kita akan menjumlahkan pecahan 1/4 + 3/5.
Untuk memperoleh KPK terkecil maka kita perlu membuat kelipatan atas penyebut - penyebut tersebut. KPK dari penyebut tersebut terlihat seperti yang ada di bawah ini.
Cara Menjumlahkan Pecahan
Dari data tersebut terlihat KPK yang terkecil yaitu angka 20, dengan demikian penyebut dari pecahan tersebut adalah 20. Kita bisa saja menggunkan penyebut 40, namun nanti pecahannya akan menjadi tidak sederhana dan angka penyebutnya menjadi 2 kali lipat apabila menggunakan penyebut 20. Untuk menjawab 1/4 + 3/5 kita mejadi lebih mudah setelah mengetahui persamaan atas penyebutnya dan selanjutnya pembilangnya kita sesuaikan.
Deengan demikian 1/4 + 3/5 di dapatkan angka 1 1/20

2. Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Selanjutnya kita akan belajar bersama mengenai cara menjumlahkan pecahan campuran yang teman - teman bisa simak sebagai berikut.
Misalnya kita mempunyai angka 2 1/2 + 1 3/4 maka untuk menghitungnya kita harus terlebih dahulu merubah dari pecahan campuran ke pecahan biasa.
Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran
Sedangkan untuk yang 1 3/4 dapat dilihat sebagai berikut :

Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran
Untuk soal 2 1/2 + 1 3/4 artinya sama dengan 5/2 + 7/4. Kita dapat menyelesaikan dengan cara seperti di atas pada cara menjumlahkan pecahan biasa. Sehingga didapatlah angka 10/4 + 7/4 yaitu 17/4 atau apabila menggunakan pecahan campuran didapatkan hasil 4 1/4.


Demikianlah artikel pengetahuan umum di www.aanwijzing.com dengan judul Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda yang semoga dapat memberi manfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.