Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual

Rumus dan Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual √ Pada waktu belum ditemukannya alat hitung yaitu kalkulator, murid - murid akan melakukan perhitungan akar kuadrat secara manual. Beberapa cara yang berbeda telah berkembang untuk mengatasi proses yang sulit ini. Kita akan belajar bersama mengenai bagai mana cara menghitung akar kuadrat secara manual dengan melakukan pembagian menjadi faktor yang memiliki kuadrat sempurna. Ayo kita belajar bersama.

Rumus dan Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual

Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual
Salah saatu cara menghitung akar kuadrat secara manual yaitu mencari akar kuadrat dari angka tersebut (bergantung pada angkanya, jawaban bisa berupa angka yang tepat atau perkiraan yang paling mendekati). Faktor-faktortersebut merupakan sekumpulan dari angka-angka lain yang apabila dikalikan akan menghasilkan angka yang akan diakar. Misalnya kita akan meengitung akar dari 144 itu berapa. Untuk memulainya, teman - teman harus membagi angka tersebut menjadi faktor-faktor kuadrat sempurnanya. Angka 144 bisa merupakan perkalian 9 x 16 yang mana 9 dapat kita akar dan 16 juga dapat kita akar. Akar 9 adalah 3 dan akar 16 adalah 4. Maka kita dapat langsung mendapatkan akar dari 144 itu berapa, yaitu 3 x 4 atau hasinya 12. Lihatlah penyelesaian soal tersebut seperti yang berikut ini.


Contoh di atas 9 langsung bisa di akar secara sempurna dan 16 juga langsung bisa diakar secara sempurna. Bagai mana apabila soalnya akar dari 20. Prinsipnya adalah sama dengan perhitungan di atas. Angka 20 merupakan perkalian antara 4 di kali 5, dan 4 sendiri apabila di akar adalah 2 sedangkan 5 apabila diakar hasinya tidak sempurna, sehingga dibiarkan dalam bentuk akar 5 saja. Dengan demikian akar 20 hasilnya adalah 2 akar 5. Perhitungannya adalah sebagai berikut.

Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual

Artikel lainnya : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda dan Cara Mengubah Persen, Pecahan, dan Desimal

Demikianlah artikel yang berjudul Cara Menghitung Akar Kuadrat Secara Manual yang semoga bermanfaat, meskipun pembahasannya sederhana. Teriamkasih telah berkunjung di www.aanwijzing.com.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.