Pengertian Bank Secara Umum


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Bank Secara Umum

Salah satu hal yang bisa kita kenal sejak kecil adalah bank. Topik pembahasan tentang bank sendiri sudah bisa kita temui keberagamannya. Bahkan, sejumlah anak kecil pun sudah ada yang mulai merasa familiar dengan bank. Entah itu karena mereka melihat secara langsung maupun tidak atau bahkan pernah ikut masuk ke bank dengan orang terdekat seperti orangtua.

Bila kita membahas tentang bank, maka pengertian bank secara umum juga bisa menjadi salah satu hal yang ada baiknya untuk diketahui terlebih dahulu. Hal ini penting, terlebih bila ada sejumlah orang yang ingin mengetahui apa itu bank. Misalnya saja seperti pada saat kita memperkenalkan dan menjelaskan apa itu bank kepada anak kecil yang ingin tahu.

Mengenal Pengertian Bank Secara Umum

Memang tak bisa dipungkiri, memahami pengertian bank secara umum dipandang sebagai satu hal yang mudah untuk sebagian orang. Ada banyak orang yang sudah mengenal arti bank, baik untuk mereka yang pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah atau bahkan bagi mereka yang tak pernah mendapat bentuk pendidikan formal seperti di sekolah itu sendiri.

Bila kita mengulas pengertian bank secara singkat, maka kebanyakan orang akan berpikir bahwa bank merupakan tempat menyimpan uang, menabung, atau bisa juga meminjam uang. Akan tetapi, ternyata pengertian bank secara umum jauh lebih luas dan detail jika kita bandingkan dengan definisi singkat seperti yang diketahui oleh sebagian orang tersebut.

Bank berasal dari bahasa Italia, yaitu banca. Arti dari kata ini adalah tempat penukaran uang. pengertian bank secara umum adalam merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang intermediasi keuangan yang pada umumnya didirikan dengan sejumlah kewenangan seperti meminjamkan uang, menerima uang, dan menerbitkan promes atau yang biasa kita kenal dengan nama banknote.

Sedikit berbeda dengan pengertian bank secara umum, menurut Undang-undang Negara RI Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1988 mengenai perbankan, bank merupakan sebuah badan usaha yang bertugas menghimpun dana yang berasal dan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau yang lain untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Mengenal Pengertian Bank Secara Umum Menurut Jenisnya

Pengertian Bank Secara Umum

Baca juga : Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Kita sudah mengetahui pengertian bank secara umum seperti ulasan di atas. Akan tetapi, ternyata ada sejumlah jenis bank yang bisa kita temukan baik yang ada di Indonesia maupun beberapa negara lain di luar sana. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita mengenal beberapa jenis bank dan pengertiannya seperti yang ada di bawah ini.

1. Bank sentral
Bank sentral adalah bank yang memiliki tugas menerbitkan uang logam dan kertas untuk dijadikan alat pembayaran sah di suatu negara. Selain itu, bank sentral pun memiliki tanggung jawab untuk memerhatikan konversi uang di suatu negara terhadap emas, perak, atau bisa juga keduanya.

2. Bank umum
Bank umum adalah merupakan suatu bank yg tidak hanya dapat meminjamkan atau pun menginvestasikan berbagai macam tabungan yg didapat, akan tetapi juga bisa memberikan pinjaman yaitu dengan cara membuat uang giral sendiri.

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank Perkreditan Rakyat atau yang lebih sering kita sebut dengan BPR adalah bank yang melaksanakan suatu kegiatan usaha dengan cara konvensional atau berdasarkan pada prinsip syariah yang di dalam eksekusinya tak memberi jasa untuk lalu lintas pembayaran.

4. Bank syariah
Bank syariah adalah merupakan suatu bank yang beroperasi berdasarkan pada prinsip bagi hasil atau sesuai dengan kaidah ajaran agama Islam mengenai hukum riba.

Baca juga : Pengertian Pasar Modal Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Beberapa jenis bank seperti di atas bisa kita temukan di lingkungan sekitar atau bahkan ada di antara kita yang juga menggunakan jasanya. Hal ini sangat wajar, mengingat bank dinilai menjadi satu tempat yang lebih aman digunakan untuk menyimpan uang oleh sebagian orang. Oleh karena itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang yang menggunakan jasanya.

Kita sudah mengetahui pengertian bank secara umum dan beberapa jenis yang bisa ditemui baik di Indonesia maupun beberapa negara luar. Oleh karena itu, kita pun bisa mendapat lebih banyak pemahaman tentang topik serupa. Dengan begitu, pengertian bank secara umum pun bisa menjadi satu tambahan wawasan untuk siapa pun yang penasaran.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.