Pengertian Ekonomi Syariah


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Ekonomi Syariah

Salah satu sisi kehidupan manusia yang sangat banyak menjadi sorotan adalah sisi ekonomi. Ini dikarenakan sisi ekonomi ini akan memberikan banyak pengaruh terhadap sisi kehidupan lainnya. Apalagi semakin berkembangnya jaman, semua hal dalam hidup ini membutuhkan uang. Perlu kita ketahui, bahwa ada 2 macam jenis ekonomi yang eksis, diantaranya adalah ekonomi umum dan ekonomi syariah.
Ekonomi Syariah

Ekonomi Umum

Mayoritas masyarakat tidak mengerti atau tidak tahu menahu tentang adanya dua macam ekonomi tersebut. Yang penting adalah mereka bisa mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga memiliki motif ekonomi yang kemudian mendorong mereka melakukan tindakan ekonomi.
Setelah kita lihat di lapangan, kebanyakan ekonomi umum adalah jenis ekonomi yang paling familiar di tengah masyarakat. Ini ditandai dengan banyaknya organisasi-organisasi atau perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi umum. Mulai dari perbankan, koperasi, dan lain-lain. Jadi ekonomi umum ini lebih awal berkenalan dengan masyarakat daripada ekonomi syariah.

Mengenal Ekonomi Syariah Lewat Definisi-definisinya

Ekonomi syariah sendiri kini perkembangannya sudah sangat pesat. Di mana ekonomi ini disebut juga dengan Ekonomi Islam. Sebuah ekonomi yang berpedoman pada sistem perekonomian dalam Islam.

Ekonomi Islam ini masih baru mengenalkan diri di tengah masyarakat, sehingga masih banyak yang belum familiar. Padahal secara umum, sistem yang di terapkan antara ekonomi umum dan ekonomi Islam ini sama. Perbedaan mendasarnya lebih ke pajak atau laba dari perekonomian yang banyak disalurkan untuk kegiatan ibadah, utamanya sedekah. Berikut adalah beberapa definisi terkait dengan ekonomi syariah.

1. Pengertian dari ekonomi syariah menurut Louis Cantori, yakni sebuah ilmu ekonomi yang tidak lagi menggunakan ilmu ekonomi klasik yang mengedepankan individualisme, melainkan sudah mengutamakan kepentingan manusia secara umum.

2. Menurut Veithzal Rivai dan Andi Buchari, Ekonomi Islam adalah ilmu ekonomi yang menggabungkan antara sistem perekonomian dalam Islam yang tertuang pada Al Quran dan Hadist dengan sistem perekonomian yang rasional.

3. Ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia yang melibatkan lingkungan sosialnya. Pengertian Ekonomi Islam ini diungkapkan oleh M. Akram Khan.

4. Sedangkan menurut Muh. Abdul Mannan, bahwa Ekonomi Islam adalah sebuah ekonomi solusi bagi manusia yang mempelajari nilai-nilai dalam Agama Islam.

5. Ekonomi Islam adalah ekonomi kesejahteraan yang mana dalam pelaksanaannya berpedoman pada Al Quran dan Al Hadist, menurut Umer Chapra.

6. Yusuf Qardhawi menjelaskan bahwa Ekonomi Islam adalah Ekonomi Ketuhanan, yakni sistem ekonomi dari Allah, bersumber dari Allah, sesuai perintah Allah, menggunakan kenikmatan yang dilimpahkan oleh Allah, dan untuk mendapat ridho Allah.

7. Muh. Nejatullah ash-Shiddiqi menyatakan bahwa Ekonomi Islam itu sebuah hasil pemikiran dari para tokoh Islam yang mau mencari solusi permasalahan perekonomian yang sedang pelik terjadi.

8. Ekonomi Islam adalah wujud cerminan perilaku umat Islam dalam menjalankan kehidupan ekonominya. Apakah sudah sesuai dengan ajaran Islam atau belum. Pengertian ini diutarakan oleh M.M. Metwally.

9. Seorang pakar Ekonom Pakistan, bernama Ziauddin Ahmad menyatakan bahwa Ekonomi Islam adalah cara memanfaatkan sumber daya alam yang berupa barang dan jasa sesuai jalan keridhoan Allah SWT.

10. Ekonomi Islam menurut S.M. Hasanuzzaman berhubungan dengan pengalokasian sumber daya alam, pemenuhan kebutuhan, kepuasan lahir dan batin, dan agama. Sehingga dalam Ekonomi Islam ini manusia juga tidak kalah akan mendapatkan kepuasan seperti menggunakan ekonomi umum, bahkan mendapatkan kepuasan secara batin berupa ketenangan dan kebahagiaan karena bisa melaksanakan apa yang Allah perintahkan.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Guru dan Keterampilan Dasar yang Harus Dimilikinya
2. Pengertian permainan bola voli
Pengertian-pengertian Ekonomi Islam ini dapat dirangkum sebagai sebuah pengertian final dari Ekonomi Islam, yakni sebuah sistem ekonomi ketuhanan yang menerapkan sistem kemanusiaan untuk mengaplikasikan ajaran Islam demi mendapatkan kepuasan secara lahir dan batin karena telah melakukan kegiatan ekonomi berdasarkan jalan yang diridhoi Allah. Ekonomi syariah  ini pada dasarnya sama dengan jenis ekonomi lainnya. Sama-sama menjadi sistem dari sumber kehidupan untuk bertahan hidup.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.