Cara Format Flashdisk

Artikel yang terkait dengan judul :Cara Format Flashdisk

Cara Format Flashdisk ✓ Sejak ditemukan dan dikembangkan oleh Dr Fujio Masioka asal Jepang, flashdisk memiliki peranan yang cukup signifikan dalam penyimpanan memori data. Cara penggunaan flashdisk pun cukup mudah sebab anda tinggal memasukkannya ke dalam perangkat. Flashdisk yang mungil dan mudah dibawa ke mana-mana pun menjadi pilihan penyimpanan yang paling apik. Namun, bisa jadi flashdisk kerap terkena virus pada perangkat komputer sehingga anda perlu mengetahui cara format flashdisk yang benar.

Daftar Isi

1. Fungsi Flashdisk
2. Cara Format Flashdisk Baru Atau Lama
Cara Format Flashdisk

Fungsi Flashdisk

Sebelum membahas cara format flashdisk maka sebaiknya anda mengetahui fungsi dari flashdisk. Flashdisk biasa disebut USB Drive, Pocket drive, microdisk dan pen drive yang memiliki controller atau memori penyimpanan yang bersifat non volatile. Selain bisa menyimpan berbagai macam data atau memindahkannya ke perangkat, flashdisk juga berfungsi menginstal sistem operasi atau menjalankan aplikasi yang bersifat portable. Ukuran yang mini namun memiliki kapasitas besar membuat flashdisk menjadi pilihan.

Cara Format Flashdisk Baru Atau Lama

Flashdisk yang baru saja dibeli biasanya langsung bisa digunakan saat anda menghubungkannya dengan perangkat komputer. Jika komputer tidak mampu mendeteksi maka ada kemungkinan perangkat yang anda gunakan mengalami masalah. Bisa jadi flashdisk minta diinstal driver agar bisa terdeteksi oleh perangkat komputer. Langkah yang bisa anda lakukan seperti berikut ini.
1. Masuk ke control panel  tekan device manager
2. Pilih disk drives lalu jenis flashdisk anda
3. Klik kanan pada flashdisk tersebut lalu pilih update driver software
4. Pilih browse my computer for driver software klik folders pilih disk C dan centang subfolders.
5. Klik next dan tunggu hingga proses selesai.

Flashdisk bisa saja mengalami masalah dikarenakan terkena virus atau sebagainya. Nah,  agar flashdisk bisa kembali digunakan maka anda bisa melakukan cara format flashdisk seperti di bawah ini.

1. Masuk ke windows explorer di perangkat komputer anda. Hampir semua tipe windows memiliki format disk yang sama baik windows 7, 8 atau 10.

2. Klik kanan pada flashdisk anda lalu tekan format.

3. Jendela baru akan muncul setelah anda menekan menu format yang biasanya terdiri beberapa keterangan seperti berikut ini.
- Opsi : kapasitas, file sistem dan alokasi unit ukuran yang biarkan saja default.
- Volume label, teks dalam kotak ini berisi nama flashdisk anda yang bisa diubah sesuai kehendak.
- Pilihan terdiri dari quick format, enable compression, MS-DOS startup disc. Tandai quick format dan biarkan pilihan enable compression dan create MS DOS starup disc.

4. Jika telah menandai Quick format maka anda bisa langsung menekan menu start.

5. Sebuah jendela akan muncul untuk memberikan peringatan format yang berarti seluruh data anda bakal terhapus. Klik ok jika anda memang ingin mencoba cara format flashdisk yang mungkin terkena virus.

6. Tunggu proses format flashdisk hingga selesai dengan adanya tanda format complete.

7. Proses cara format flashdisk anda selesai saat klik oke jendela format complete

Nah, cara format flashdisk tersebut bisa anda coba di rumah jika tiba-tiba memori disc satu ini mengalami masalah. Namun, bukan berarti melakukan quick format pertanda bahwa umum flashdisk anda bakal berumur panjang. Media penyimpanan efektif ini bisa saja cepat rusak dikarenakan penyebab yang perlu anda ketahui seperti flashdisk kerap berdekatan dengan magnet, asal colok dan cabut dari perangkat tanpa menekan menu eject terlebih dahulu hingga mungkin terkena virus dari perangkat.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Teknik Menendang Bola
2. Teknik Membaca Cepat
Itulah artikel Cara Format Flashdisk yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.