Perubahan Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Artikel yang terkait dengan judul :Perubahan Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

PERUBAHAN BENDA (PELAJARAN IPA SD KELAS 6) ✓ Cobalah lihat peralatan di rumah teman-teman apakah ada yang terbuat dari besi? Misalnya saja sepeda anda, perhatikan lebih teliti lagi apakah peralatan tersebut mengalami karat? Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya perawatan, karena logam membutuhkan perawatan supaya tetap awet. Udara dan air dapat menimbulkan terjadinya karat pada logam dengan lebih cepat. Logam yang berkarat tersebut berarti telah mengalami perubahan bentuk. Untuk itu pada bab ini akan diuraikan apa saja faktor-faktor penyebab perubahan benda? Simak terus ya ceritanya tentang perubahan benda pada bab ini.

Perubahan Benda

Daftar Isi

Perubahan Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda

Pada waktu ibu teman-teman memasak air yang dimasak terus maka akan mendidih. Disinilah terjadi perubahan wujud benda dari air menjadi bentuk uap. Selain faktor suhu, perubahan bentuk benda dipegaruhi oleh makhluk hidup, pembakaran dan juga faktor kelembaban (kandungan air di udara), .

Jenis-jenis Perubahan Benda

Perubahan benda karena faktor panas di kelompokkan menjadi 2 yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia

- PERUBAHAN FISIKA

Pengertian perubahan fisika adalah merupakan perubahan wujud suatu benda yang tidak disertai dengan perubahan sifat benda. Dengan demikian dapat dikatakan pula bahwa perubahan yang terjadi hanya bersifat sementara dan dapat kembali ke bentuk semula. Contoh perubahan fisik adalah logam besi yang dipanaskan akan bertambah panjang karena terjadi pemuaian. Memuai adalah perubahan ukuran benda yang menjadi lebih besar/ panjang karena benda tersebut dipanaskan. Sedangkan lawan dari pemuaian adalah menyusut yang mana menyusut adalah perubahan ukuran suatu benda yang menjadi lebih kecil/ pendek. Selain besi yag dipanaskan, contoh lain dari perubahan fisika adalah pada es yang mencair. Es yang sudah mencair dapat dibentuk kembali dengan cara didinginkan lagi.

Perubahan Benda
Es mencair merupakan contoh perubahan fisika
  
- PERUBAHAN KIMIA

Pengertian perubahan kimia adalah perubahan wujud benda yang disertai dengan perubahan sifat dari benda. Dengan demikian wujud benda tidak bisa kembali ke wujud yang semula dan bersifat tetap, berbeda dengan perubahan fisika yang dapat kembali ke wujud yang semula. Sebagai contoh perubahan kimia adalah kayu yang dibakar akan berubah wujud menjadi arang dan gas. Contoh lain perubahan kimia adalah plastik yang dibakar.

Perubahan Benda
Arang kayu merupakan contoh perubahan kimia

Pelapukan, Perkaratan, Pembusukan

- Pelapukan

Pengertian pelapukan adalah peristiwa perubahan bentuk dan perubahan sifat benda yang disebabkan adanya faktor organisme (makhluk hidup) dan anorganisme (benda mati). Pada proses pelpukan berkaitan dengan proses penghancuran suatu benda yang membutuhkan waktu yang sanagat lama.

Pelapuan dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu : a). pelapukan biologis dan b). pelapukan mekanik. Pengertian pelapukan biologis adalah pelapukan yang dikarenakan adanya aktivitas organisme misalnya oleh jamur dan jasad renik lainnya. Kayu yang tadinya keras lama kelamaan akan hancur dimakan rayap sehingga kayu perlu dilakukan pengecatan supaya menjadi lebih awet.

Perubahan Benda
Contoh peapukan biologis
Pengertian pelapukan mekanik adalah pelapukan yang terjadi akibat suhu, tekanan, angin, dan juga oleh air yang bisa berlangsung lama ataupun  sebentar. Contoh pelapukan mekanik adalah bebatuan yang melapuk yang jika ditekan sedikit saja menjadi hancur. Batuan ini telah mengalami suatu proses pelapukan yang sangat lama dan karena terkena air, perubahan, suhu, dan juga karena adanya tekanan.

Perubahan Benda
Contoh pelapukan mekanik

- Perkaratan

Perkaratan terjadi disaat besi berikatan dengan udara dan air. Keadaan pada lingkungan yang mengakibatkan benda mengandung kadar garam dan asam yang sangat tinggi. Sebagai contoh perkaratan adalah besi yang didiamkan di udara bebas akan mengalami perkaratan. Tahukah mengapa di daerah pantai logam besi mudah berkarat? hal ini dikarenakan air dan udara yang mengandung air pada daerah pantai mengandung garam yang tinggi.

Perubahan Benda
Contoh perkaratan
- Pembusukan

Proses pembusukan terjadi karena adanya bakteri pembusuk. Pembusukan terjadi biasanya pada benda atau makanan yang dalam keadaan yang basah atau dalam keadaan lembab. Mengapa hal ini terjadi? ini karena pada benda/ makanan yang basah/ lembab banyak mengandung air sehingga proses pembusuan akan lebih cepat terjadi.

Perubahan Benda
Contoh pembusukan

Pemilihan Benda dan Fungsinya

Pemilihan benda yang ada di rumah tangga disesuaikan dengan kelebihan dari benda-benda tersebut. Jenis-jenis benda yang dimanfaatkan oleh manusia misalnya saja sebagai berikut:

- Karet. Perhatikan ban sepeda teman-teman, ban tersebut dari karet yang memiliki sifat yang lentur. Selain mempunyai sifat yang lentur karet juga memiliki sifat yang kedap terhadap air dan tahan terhadap panas.

Perubahan Benda

- Logam. Sifat dari logam adalah kuat dan mudah menghantarkan panas (konduktor). Contohnya : besi, alumunium, dan tembaga. Logam besi banyak dipakai untuk bahan dasar dari bangunan dan peralatan rumah tangga. Sebagai contoh pemakaian logam adalah paku, kunci, mesin motor, dan lain sebagainya.


Pada alumunium mempunyai sifat yang ringan, mudah menghantarkann panas, murah dan tahan terhadap karat. Karena sifatnya tersebut maka alumunium banyak dipakai untuk perabot rumah tangga terutama untuk peralatan masak, misalnya panci, penggorengan, dan lain sebagainya. Alumunium juga dipakai untuk badan psawat terbang.

Untuk tembaga mempunyai sifat yang paling baik untuk menghantarkan listrik. Dengan demikian tembaga banyak dipakai untuk kabel dan peralatan listrik.

- Kayu. Sifat dari kayu adlah kuat, mudah dibentuk, dan dapat menghambat panas (isolator). Kayu banyak digunakan sebagai perabot rumah tangga, misalnya meja, kursi, almari, dan lain sebagainya. Selain itu karena sifatnya isolator banyak dipakai untuk pegangan setrika, pegangan panci, dan lain sebagainya.

- Plastik. Sifat dari plastik adalah ringan, murah dan mudah untuk dibentuk. Pemanfaatan plastik dapat digunakan dalam rumah tangga, misalnya untuk piring plastik, gelas plastik, dan lain sebagainya.
Baca juga : Hantaran Panas Benda dan Pelestarian Hewan dan Tumbuhan (Pelajaran IPA SD Kelas 6)
*) Seluruh materi IPA Kelas 6 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 6

Demikian artikel IPA di Aanwijzing.Com yang berjudul Perubahan Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6). Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.