Hantaran Panas Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Artikel yang terkait dengan judul :Hantaran Panas Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Hantaran Panas Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6) ✓ Jika kita perhatikah pada waktu ibu masak air memakai panci yang terbuat dari alumunium. Air dapat masak jika dipanaskan secara terus menerus. Di sini peran alumunium sangat besar supaya air menjadi matang karena alumunium adalah benda penghantar panas yang baik. Lantas benda apa saja yang baik untuk menghantarkan panas? Kemudian bagaimana sifat dari benda-benda tersebut? Simaklah ulasan di bwah ini.

Hantaran Panas Benda

Daftar Isi

Hantaran Panas Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6)

Hantaran Panas Benda

Kemampuan Menghantarkan Panas pada Benda

Panas/ kalor adala merupakan suatu bentuk energi atau sering dikena sebagai energi panas. Sedangkan suhu/ temperatur/ derajad panas adalah ukuran panas/ dinginnya suatu benda. Alat yangdigunakan untuk mengukur suhu disebut termometer. Panas dapat megalami perpindahan/ merambat dari yang mempunyai temperatur yang tinggi (panas) ke temperatur yng lebih rendah (dingin). Benda yang dapat menghantarkan panas disebut konduktor sedangkan untuk benda yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Contoh konduktor adalah berbagai jenis logam dan teflon dedangkan contoh isolator adalah plastik, kain, kertas dan gabus.

Jenis-jenis Benda yang Menghantarkan Panas

Pernahkan anda menyeterika baju seragam sekolah? seterika adalah terbuat dari logam yang merupakan konduktor yang baik terhadap panas. Selain itu pernahkah juga memasak air dengan panci? panci terbuat dari alumunium yang juga merupakan penghantar panas yang baik. Selanjutnya adalah teflon juga merupakan konduktor yang baik juga untuk panas. Teflon sering digunakan untuk panci.
Hantaran Panas Benda
Contoh konduktor

Jenis-jenis Benda yang Tidak Menghantarkan Panas

Untuk bahan isolator susah untuk menghantaran panas, jika dipanaskan pada suhu yang tinggi maka akan terbakar. Semua benda non logam adalah merupakan bukan pengantar panas yang baik. Contoh bahan isolator adalah ketas, kain, plastik, kayu.
Contoh isolator

Pemanfaatan Benda Berdasarkan Pada Kemampuan Menghantarkan Panas

Kemampuan Benda Menghantarkan Panas

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa logam merupakan konduktor yang baik untuk menghantarkan panas. Suatu peralatan akan dibuat berasarkan sifatnya. Logam adaal merupakan jenis konduktor yang baik sehingga akan digunakan sebagai peralatan yang tahan panas. Untuk alumunium tidak dipakai untuk membuat setrika sebab alumunium sangat cepat menghantarkan panas atau dengan kata lain bahwa alumunium sangat mudah menyerap panas. Selain itu sifat alumunium juga ringan sehingga sulit untuk menghaluskan pakaian. Akan berbeda dengan halnya besi yang dapat menghantarkan panas secara bertahap. Besi jika dialiri dengan panas, maka besi bisa meredam panas. Selain itu besi juga mempunyai sifat berat sehingga cocok untuk menghaluskan pakaian.

Jenis-jenis Benda yang Dimanfaatkan untuk Menghantarkan Panas

Cobalah teman-teman perhatikan lagi perabot rumah kita, setrika listrik misalnya. Peralatan listrik tersebutmerupakan gabungan antara konduktor dan isolator. Pada bagian bawah setrika listrik merupakan penghantar panas (konduktor) karena terbuat dari besi sedangkan pada bagian pegangan setrika listrik merupakan isolator/ tidak menghantarkan panas karena terbuat dari plastik. Bisa dibayangkan bagai mana setrika listrik jika terbuat dari bahan isolator semua atau konduktor semua, pastinya tidak bia dipakai. Dengan demikian dengan adanya perpaduan sifat isolator dan konduktor dapat menghasilkan setrika listrik yang nyaman untuk dipakai. Pernahkah juga teman-teman melihat ibu mengangkat air dari panci memakai kain serbet? kain serbet tersebut mempunyai sifat yang susah menghantarkan panas (isolator) sehingga pada waktu mengangkat panci dari kompor akan menjadi lebih mudah.
Contoh perpaduan sifat isolator dan konduktor selanjutnya adalah pada termos air panas. Termos adalah perpaduan antara alumunium, kaca, plastik dan gabus. Pada bagian dalam adalah terbuat dari alumunium yang dilapisi oleh kaca, sedangkan untuk bagian luar terbuat dari bahan plastik dan gabus.
Baca juga : Pelestarian Hewan dan Tumbuhan dan Keseimbangan Ekosistem (Pelajaran IPA SD Kelas 6)
*) Seluruh materi IPA Kelas 6 SD ada di : Ringkasan Materi Pelajaran IPA SD Kelas 6

Demikianlah artikel di Aanwijzing.Com Pelajaran IPA yang berjudul Hantaran Panas Benda (Pelajaran IPA SD Kelas 6). Terimakasih.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.