ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN (Materi Pelajaran SD/MI Kelas 5)


Artikel yang terkait dengan judul :ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN (Materi Pelajaran SD/MI Kelas 5)

ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN (Materi Pelajaran SD/MI Kelas 5) ✓ Tujuan dari pembelajarn bab ini yaitu supaya teman-teman bisa mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dan beberapa hewan. Mengapa teman-teman selalu mengembang dan mengkempiskan perut atau dadamu setiap waktu? Apakah ada manfaatnya? Apakah akibatnya yang timbul apabila gerakan tersebut berhenti selama beberapa menit saja? Apakah makhluk hidup yang lainnya melakukan kegiatan serupa dengan itu? Aktifitas yang teman-teman lakukan tersebut dikenal dengan sebutan bernapas, ini merupakan merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Tujuan proses bernapas yaitu mengambil oksigen (O2) serta mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O). Adapun alat pernapasan makhluk hidup berbeda - beda. Alat pernafasan pada manusia mempunyai alat khusus untuk pernapasan yaitu paru-paru, sedangkan untuk alat pernapasan pada hewan berbeda-beda tergantung pada jenis dan tempat hidup hewan yang bersangkutan.
ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN

Pada bab ini kita akan membahas 2 sub bab yaitu:

1. Sistem Pernafasan pada Manusia
ara bernafasnya manusia adalah dengan menghirup udara dan mengeluarkan kembali udara yang dihirupnya tersebut. Proses pernafasan tersebut berlangsung secara otomatis dan juga secara terus menerus. Udara yang dihirup oleh kita yaitu untuk proses pernafasan, mengandung misalnya N2 (nitrogen), O2 (oksigen), CO2 (karbondioksida), dan H2O (uap air). Meskipun banyak kandungan yang ada di udara akan tetapi sistem pernafasan kita hanya memerlukan yang dibutuhkan saja yaitu oksigen. Gas tersebut dipakai untuk membakar sari-sari makanan. Proses pembakaran sari makanan tersebut berlangsung di dalam setiap sel dan mempunyai tujuan untuk menghasilkan energi.

2. Sistem Pernafasan pada Hewan
Setiap makhluk hidup mempunyai alat pernafasan guna keperluan proses pernafasan. Lantas bagaimana dengan hewan dan tumbuhan? Apakah pada hewan dan tumbuhan juga melakukan proses pernafasan seperti halnya pada manusia? Apakah zat yang diperlukan sama dengan pada manusia?

Untuk melihat masing-masing artikel dapat melalui link berikut ini:

Pernafasan manusia melalui link : Sistem Pernafasan pada Manusia

Sedangkan pernafasan pada hewan dapat lewat link : Sistem Pernafasan pada Hewan

Demikianlah artikel mengenai ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN BEBERAPA HEWAN yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.