Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Jenis Dan Jenis Kalimatnya

Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Jenis Dan Jenis Kalimatnya

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kamu pernah mendengar kata prosedur. Ya, kata prosedur pastinya sudah tidak asing lagi dan sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Biasanya prosedur disajikan secara tertulis dalam sebuah teks. Nah teks itu selanjutnya akan dinamakan dengan sebutan teks prosedur. Pastinya di keseharian kita sering sekali menemukan teks prosedur. Mungkin kamu juga sudah hafal teks prosedur itu bentuknya yang seperti apa. Namun tahukah kamu apa sebenarnya pengertian teks prosedur?

Daftar Isi

1. Pengertian Teks Prosedur
2. Ciri-Ciri Teks Prosedur
3. Jenis-Jenis Kalimat Pada Teks Prosedur
Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur

Sebenarnya untuk merumuskan apa itu pengertian teks prosedur dapat terbilang sangatlah mudah. Jika kamu tahu apa itu arti dari kata prosedur, kamu pasti tahu apa itu pengertian teks prosedur sendiri.

Pengertian prosedur sendiri adalah cara atau langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus dilakukan ketika membuat atau melakukan sesuatu hal. Nah dari pengertian prosedur tersebut kita dapat menyimpulkan apa itu pengertian dari teks prosedur. Ya, teks prosedur adalah sebuah teks yang memuat langkah, cara, ataupun tahapan pada saat kita melakukan atau membuat sesuatu. Biasanya teks prosedur disajikan secara berurutan. Biasanya pula urutan yang disajikan itu bersifat mutlak. Artinya kamu harus mengikuti langkah demi langkah sesuai urutan itu tanpa melewati ataupun mengurangi satu poin saja. Meski demikian ada juga teks prosedur yang bersifat fleksibel. Artinya kamu bisa modifikasi langkah-langkah tersebut dan melakukannya tidak berdasarkan urutan langkah dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Tentunya teks prosedur memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan jenis teks yang lain. Lantas apa sajakah ciri-ciri teks prosedur? Adapun ciri-ciri teks prosedur adalah sebagai berikut.
1. Pola kalimat yang dipakai adalah pola kalimat perintah atau imperatif
2. Kata kerja yang digunakan bersifat aktif
3. Terdapat kata keterangan yang menerangkan hal-hal seperti cara, tempat ataupun rincian waktu
4. Untuk mengurutkan hal mesti dilakukan digunakan kata penghubung atau konjungsi

Jenis-Jenis Kalimat Pada Teks Prosedur

1. Kalimat Imperatif

Jenis kalimat pada teks prosedur yang pertama adalah kalimat imperatif. Seperti yang sudah disebutkan di poin ciri-ciri teks prosedur di atas bahwa kalimat imperatif adalah kalimat yang bermakna sebagai perintah. Kalimat perintah atau imperatif ini bisa bersifat larangan ataupun permintaan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu.

2. Kalimat Deklaratif

Jenis kalimat deklaratif juga dapat digunakan pada teks prosedur. Sementara pengertian kalimat deklaratif adalah sebuah susunan kalimat yang berupa pernyataan. Kalimat deklaratif memiliki fungsi untuk menyampaikan berita atau informasi tertentu kepada pembacanya.

3. Kalimat Intereogratif

Dan jenis kalimat pada teks prosedur yang terakhir adalah kalimat intereogratif. Kalimat intereogratif adalah kalimat yang bermakna pertanyaan atau kalimat yang isinya pertanyaan. Dengan kata lain kalimat intereogratif mungkin bisa dibilang juga sebagai kalimat tanya. Kegunaan kalimat intereogratif adalah untuk meminta suatu informasi tentang suatu hal.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur sendiri dibagi menjadi 3 macam yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol. Lantas apa saja perbedaan dari ke 3 macam teks prosedur tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang hanya terdiri atas dua atau tiga langkah saja. Tentunya teks prosedur jenis ini digunakan untuk hal-hal yang sederhana. Contoh teks prosedur sederhana misalnya prosedur pengoperasian setrika. Prosedur pemakaian setrika mungkin hanya mencolokkan kabel saja dan menunggu sebentar agar panas saja. Nah karena hanya terdiri dari langkah atau cara yang sederhana maka digunakanlah teks prosedur sederhana.

2. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur kompleks mungkin dapat dikatakan sebagai kebalikan dari teks prosedur sederhana. Ya, jika pada teks prosedur sederhana hanya terdiri dari dua atau tiga langkah saja, teks prosedur kompleks terdiri dari banyak langkah. Setiap langkah-langkah tersebut berjenjang dan bisa saja ada sublangkahnya. Contoh teks prosedur kompleks sendiri misalnya adalah prosedur membayar pajak online di SAMSAT online.

3. Teks Prosedur Protokol

Dan jenis teks prosedur yang terakhir adalah teks prosedur protokol. Dalam teks prosedur protokol memuat langkah-langkah yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dalam pemahamannya.

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:
1. Pengertian Liberalisme
2. Pengertian HAM
Demikian artikel Pengertian Teks Prosedur, Ciri-Ciri, Jenis Dan Jenis Kalimatnya yang semoga bermanfaat.



Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.