Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek

Artikel yang terkait dengan judul :Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek

Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek ✓ Pengertian stek adalah merupakan salah cara di dalam perkembangbiakan secara vegetatif yaitu dilakukan dengan cara menanam bagian tertentu dari tumbuhan tanpa harus menunggu munculnya atau tumbuhnya akar terlebih dahulu. Adanya daun sangat berperan di  dalam perakaran stek, tapi kehilangan air di dalam daun bisa menghambat terhadap perakaran stek. Kita tahu bersama bahwa suplai air  ke daun  telah terputus dari akar,  sementara itu daun masih melakukan transpirasi. Di dalam menekan transpirasi/ hilangnya air pada daun tersebut, maka tekanan uap air yang berada di luar daun harus dibuat seimbang dengan tekanan seluler yang berada di dalam tanaman. Hal yang dilakukan biasanya dalah dengan penyemprotan air supaya terjaga kelembaban udaranya.

Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek

Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek

Daftar Isi

1. Pengabutan
2. Suhu
3. Media Perakaran

Berikut ini adalah merupakan faktor yang membuat keberhasilan dalam melakukan stek pada tanaman antara lain:

Pengabutan

Teknik ini dikenal sejak tahun 1940 yaitu dengan melakukan penyemburan air - mist blowing. Dengan melakukan pengabutan akan membuat kondisi luar tanaman senantiasa menjadi berkabut, daun akan menjadi terlapisi oleh selaput tipis air. Dengan kondisi tersebut akan meningkatkan kelembaban udara,  sekaligus juga dapat menurunkan suhu ruangan dan temperatur daun. Suhu ruangan dapat di tekan antara  5,5 sampai 8,5 derajat Celcius. Proses pengabutan bisa dilakukan di tempat yang terbuka, hal tersebut malah  bisa untuk  mendorong fotosintesis yang lebih cepat dan juga akan mempercepat perakaran. Kita harus bedakan antara perlakuan kelembaban dengan pengabutan. Pada proses pelembaban, kadar air dari udara yang ada di sekitarnya akan menjadi meningkat dan suhunya akan menjadi menurun, sedangkan pada proses pengabutan terjadi lapisan air yang tipis pada permukaan daun yang menyerupai embun.

Suhu

Suhu udara harian antara 21 derajat celcius sampai dengan 27 derajat Celcius dan suhu malam sekitar 15 derajat Celcius adalah kondis yang cukup baik untuk perakaran stek. Tetapi terdaat beberapa jenis tanaman yang membutuhkan suhu yang lebih rendah daripada itu. Suhu yang berada di dalam media perlu dikondisikan supaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan suhu yang berada di udara luar. Tujuannya adalah untuk menjaga supaya transpirasi bisa ditekan sedangkan pertumbuhan stek lebih cepat.

Dalam proses pembentukan akar,  produk dari proses fotosintesis yang  berupa karbon sangat diperlukan sebagai makanan cadangan. Sehingga dengan demikian, intensitas dari sinar dan juga lamanya dari penyinaran haruslah cukup. Apabila tanaman kekurangan sinar akan menyebabkan etiolasi sehingga sumbangan asimilat (hasil dari proses fotosintesis) menjadi berkurang dan juga berpengaruh kurang baiknya terhadap permukaan akar. Di dalam kondisi yang tertutup lampu fluoresen bisa dipakai sebagai sumber cahaya. Lampu ini memiliki intensitas sinar 150-200 ft-c (foot-candles) dan cukup baik untuk mendorong perakaran untuk beberapa jenis tanaman.

Media Perakaran

Fungsi dari media perakaran yang dipakai dalam stek adalah supaya stek tidak mudah goyah, memberikan kelembaban yang cukup untuk mengatur aerasi (peredaran udara). Media perakaran dikatakan ideal adalah apabila media tersebut bisa memberi peredaran udara yang cukup, memiliki daya pegang air dan drainase yang baik serta terbebas dari jamur dan juga bakteri patogen. Media perakaran juga sangat berpengaruh terhadap kualitas akar yang akan tumbuh. Misalnya daja pada media pasir,  akar adventif akan tumbuh lurus, kaku dan juga tidak bercabang. Tetapi  jika ditanam pada media campuran pasir,  perlite dan humus akan menghasilkan akar banyak, memiliki cabang dan lembut.
Selain itu nilai ph (tingkat keasaman) dari media juga memiliki pengaruh terhadap perakaran stek. Secara umum tanaman dengan media perakaran yang memiliki ph sekitar Netral yaitu 7 adalah cukup baik untuk mempercepat perakaran stek. Apabila terjadi peningkatan derajat keasaman akan menghambat proses perakaran.

*) SEMUA ARTIKEL TENTANG BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN ADA DI : Macam-Macam Contoh Budidaya Tanaman Sayuran

Itulah artikel Budidaya di Www.Aanwijzing.Com yang berjudul Faktor-faktor Keberhasilan Perakaran Stek, semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.