Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Artikel yang terkait dengan judul :Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL dan EKONOMI (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII) ✓ Teman-teman siswa dan siswi semua, tetap semangat belajar! Dengan membahas bab ini kita dapat lebih memahami dan dapat menggambarkan manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk ekonomi yang bermoral dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dapat membedakan antara keinginan dengan kebutuhan dan dapat mengelompokkan bermacam-macam kebutuhan.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi
Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Daftar Isi

Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)

Manusia sebagai makhluk sosial

Manusia sebagai makhluk sosial
Manusia pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri melainkan memerlukan orang lain, sebagai contoh adalah diri kita samapai sekarang ini memerlukan orang tua, guru, dokter, saudara, tetangga, dan lain sebagainya. Kebutuhan dari manusia hanya bisa terpenuhi dengan cara kebersamaan atau bantuan dari orang lain. Karena manusia memiliki keinginannya untuk selalu hidup secara bersama dengan orang lain dan juga hidup berkelompok, maka inilah yang dinamakan manusia sebagai makhluk sosial (homosocious). Adapun contoh manusia sebagai sosial adalah bekerja sama, belanja di pasar, belajar kelompok, datang ke ulang tahun teman dan lain sebagainya.

Manusia Sebagai Makhluk ekonomi


Makhluk ekonomis adalah mahkluk rasional yang berusaha dengan seefisien mungkin dan sebaik-baiknya memakai dari sumber daya yang ada dan tidak pernah memiliki rasa puas. Atau dapat juga dikatakan bahwa makhluk yang berusaha untuk mendapatkan kepuasan dan juga kesejahteraan hidupnya dengan cara  mempertimbangkan pengorbanan yang harus dilakukan. Manusia bertindak sebagai  makhluk ekonomi sebaiknya mempunyai aspek-aspek berikut ini :
  • Moral
  • Informasi
  • Rasional
  • Kepentingan pribadi
Dalam kehidupan sehari-hari kita setiap hari melihat banyaknya orang yang melakuan kegiatan.Misalnya saja pedang yang sibuk menawarkan sayur mayur, ada pula penjahit yang sedang mengerjakan pesanan. Di rumah sakit, dokter sibuk membantu persalinan ibu yang akan melahirkan dan perawat mengukur tekanan darah pasien rumah sakit. Bagi petani akan menjaga sawahnya dari gangguan hama, misalnya dari burung atau tikus. Guru di sekolah sibuk mengajari siswanya belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Semua kegiatan tersebut ditujukan untuk mendapatkan penghasilan dengan cara memakai segala kemampuannya. Dengan penghasilan yang didapatkan tersebut maka manusia dapat membeli pakaian, makanan, perumahan, dan lain lain serta untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Untuk itu manusia perlu membuat barang atau jasa. Kebutuhan manusia untuk sebagian besar dipenuhi oleh pihak yang lainnya. Sehingga kita aan saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memiliki persoalan yang mana persoalannya adalah kebutuhan manusia yang banyak sekali namun kemampuan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhannya terbatas dan kemampuan masyarakat di dalam menyediakan/ memenuhi segala macam kebutuhan orang yang sangat bervariasi juga terbatas. Kemampuan fisik dan juga pikiran manusia untuk bekerja juga sangat terbatas. Setiap individu memiliki harapan untuk mendapatkan kesejahteraan hidupnya dalam arti secara materi dan imateri yang ditandai dengan terpenuhinya segala keperluan hidupnya. Pada manusia sebagai makhluk ekonomi dapat dibedakan menjadi yang rasional dan yang tidak rasional. Sebagai contoh manusia sebagai makhluk ekonomi yang rasional adalah ibu yang berbelanja ke pasar namun telah mempersiapkan catatan belanjaan mengenaia apa saja yang akan dibelinya, sehingga dapat terhindar dari membeli yang tidak dibutuhkan. Sedangkan contoh manusia sebagai makhluk ekonomi yang tidak rasional adalah membeli barang namun ongkos kirim/ ongkos angkutnya sangat besar. Dalam rangka untuk menanggapi persoalan tersebut maka muncul kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan juga kegiatan konsumsi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terhadap kebutuhan manusia antara lain:
  • Pendidikan
  • Pendapatan
  • Tempat tinggal
  • Mode
  • Selera
  • Lingkungan alam
  • Teknologi
  • Usia
  • Adat
  • dll.

Manusia sebagai makhluk bermoral

Merupakan mahkluk yang patuh terhadap aturan dalam berperilaku mengenai yang boleh dilakukan maupun yang tidak boleh untuk dilakukan. Aturan tersebut bisa tertulis dan bisa juga tidak tertulis misalnya tentang bagai mana harus berpakaian, bergaul dan lain sebagainya. Dalam melaksanakan kegiatan sosial dan ekonominya manusia harus tetap taat terhadap moral agar kegiatan tersebut tidak merugikan terhadap pihak yang lainnya. Sebagai contoh kegiatan manusia sebagai makhluk bermoral antara lain berhemat, jujur, menghormati sesama pemakai jalan, dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Pengertian manusia sebagai makhluk bermoral adalah bahwa manusia selalu akan usaha untuk bertindak sesuai dengan norma atau aturan-aturan yang berlaku yang bersumber dari masyarakat, agama, etika, adat istiadat dan lain-lain.

Dari uraian semuan uaraian tersebut dapat kita lihat bahwa manusia merupakan makhluk yang multi dimensi (mempunyai aspek jamak) antara lain manusia sebagai mahkluk sosial, manusia sebagai mahkluk ekonomi dan manusia sebagai mahkluk bermoral. Dari ke-3 sebutan di atas dapat di satukan menjadi manusia adalah mahkluk sosial ekonomi yang bermoral. Ini berarti bahwa dalam melakukan hubungan dengan manusia yang lainnya dan dalam upaya dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus melaksanakannya ang didasarkan pada aturan-aturan yang ada atau aturan yang berlaku.
Baca juga : Pengertian Interaksi Sosial dan Sosialisasi dan Bentuk-Bentuk Muka Bumi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII)
*) Semua Materi IPS SMP dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII

Demikian artikel IPS mengenai Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi (Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VII) di Aanwijzing.Com yang semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.