Pecahan : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda


Artikel yang terkait dengan judul :Pecahan : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

Pecahan : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda - Sekilas apabila kita lihat penjumlahan pecahan yang mempunyai penyebut berbeda terlihat rumit, akan tetapi setelah disamakan penyebutnya akan menjadi mudah. Kita dapat menjumlahkan berbagai macam bentuk pecahan misalnya penjumlahan pecahan campuran, penjumlahan pecahan biasa dan lainnya. tetapi intinya tetap sama yaitu kita samakan terlebih dahulu penyebutnya. Ayo kita belajar bersama.

Pecahan : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda pada Pecahan Biasa

Misalnya kita mau menjumlahkan pecahan 2/3 + 4/7 =26/21= 1 5/21. Untuk ilustrasinya sebagai berikut:

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda pada Pecahan Biasa

Kelipatan persekutuan terkecil dari penyebut pecahan 2/3 dan 4/7 adalah 21, ini berarti bahwa angka 21 dipakai sebagai penyebut yang sama untuk penjumlahan pecahan tersebut.
Setelah ketemu penyebutnya angka 21 maka kita harus menyesuaikan pembilangnya juga, caranya adalah dengan membagi 21 dibagi penyebut masing-masing terus dikalikan pembilangnya masing-masing. Misalnya untuk pecahan 2/3 maka pembilang yang sudah disesuaikan adalah 21 dibagi 3 dikali 2 didapat angka 14, dan angka 14 inilah yang mejadi pembilangnya. Maka kita dapat menuliskan bahwa pecahan 2/3 sama dengan pecahan 14/21. Sama halnya dengan pecahan 4/7, maka untuk pembilangnya yang sudah disesuaikan adalah 21 dibagi 7 dikali 4 sama dengan 12. maka kita dapat menuliskan bahwa pecahan 4/7 sama dengan pecahan 12/21


Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Langkahnya adalah dengan merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Tujuan kira merubah menjadi pecahan biasa adalah supaya kita enak dalam penjumlahan, hasilnya pembilangnya akan lebih besar dari pada penyebutnya. Misalnya kita mempunyai pecahan campuran 2 4/5 + 3 3/4 maka kita dapat menulisnya untuk pecahan campuran 2 4/5 dalam pecahan biasa menjadi (5x2)+3/5 atau kita dapat menulisnya 14/5 sedangkan untuk pecahan campuran 2 3/4 menjadi (4x2)+3/4 dan di dapat pecahan 11/4. Selanjutnya kita dapat menjumlahkan seperti Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda pada Pecahan Biasa di atas.


Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Sedangkan untuk 2 3/4 adalah sebagai berikut:

Penjumlahan Pecahan Campuran

Sehingga kita dapat menulisnya 2 4/5 + 3 3/4 = 14/5 + 11/4

Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda


Demikian artikel yang berjudul Pecahan : Cara Menjumlahkan Pecahan Yang Penyebutnya Berbeda semoga dapat memberi manfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.