Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika - Untuk memudahkan kita dalam menjawab dalam angka pecahan dalam matematika kita harus tahu bagai mana cara menyelesaikannya dan harus sering latihan. Kita dapat memulai dengan hal yang dasar terlebih dahulu kemudian kita bisa belajar ke penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Nah, apabila teman-teman sudah tahu dasar-dasarnya dan tahu cara mengolah angka pecahan maka soal-soal yang ada akan menjadi lebih mudah dalam penyelesaiannya.

1. Dasar Pecahan

Mengetahui angka pembilang dan angka penyebut pecahan. 

Pecahan merupakan bagian dari suatu kesatuan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Angka yang berada di bagian atas pecahan disebut pembilang yang mana pembilang merupakan jumlah bagian dari kesatuan. Sedangkan angka yang berada di bagian bawah pecahan disebut penyebut yang merupakan banyaknya bagian yang membentuk suatu kesatuan. Sebagai contohnya adalah pada pecahan 2/5. Angka 2 (bagian atas) disebut pembilang sedangkan angka 5 (bawah) adalah penyebutnya.

Cara Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Apakah bilangan bulat dapat dirubah menjadi pecahan, misalnya angka 9? jawabnya adalah bisa. Caranya yaitu untuk pembilangnya adalah angka bulat tersebut, dalam hal ini adalah angka 9, sedangkan penyebutnya adalah angka 1. Mengapa penyebutnya angka 1, karena setiap angka yang dibagi dengan angka 1 hasilnya adalah angka itu sendiri. Sehingga kita dapat menulis pecahannnya menjadi 9/1.

Cara Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Dasar pecahan yang selanjutnya adalah dapat disederhanakan. Sebagai contohnya adalah untuk pecahan 3/15, maka pecahan tersebut dapat kita sederhanakan menjadi 1/5.

Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Selanjutnya apabila ada pecahan campuran maka kita rubah dahulu menjadi pecahan tidak biasa. Pecahan campuran maksudnya apabila terdapat pecahan namun juga terdapat angka bulatnya. Maksud dari pecahan tidak biasa adalah pecahan yang angka pembilangnya lebih besar dari angka penyebutnya. Contoh pecahan campuran adalah 2 4/5. Maka dapat kita cari pecahan tidak normalnya yaitu 14/5. Untuk mendapatkan pecahan 14/5 langkahnya yaitu dengan mencari pembilangnya terlebih dahulu. Caranya yaitu mengalikan penyebut (angka 5) dengan bilangan bulatnya (angka 2) ditambah dengan pembilangnya (angka 4). Langkah selanjutnya yaitu menentukan penyebutnya, untuk penyebutnya adalah tetap penyebut yang ada (angka 5).

Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Kemudian bagai mana cara merubah pecahan tidak biasa menjadi pecahan campuran dan penyelesaiannya? Untuk bisa merubahnya kita harus mengetahui berapa kali pembilangnya bisa dibagi oleh penyebutnya, namun harus dalam bentuk bilangan bulat. Kemudian kita lanjutkan hasilnya dengan penyebutnya. Selanjutnya kurangkan pembilangnya dengan hasil perkalian bilangan bulat dan penyebutnya tersebut. Misalnya kita membunyai pecahan tidak biasa 15/4. Langkahnya adalah membagi 15 dengan 4 atau dengan kata lain 4 dikali berapa hasilnya yang mendekati angka 15, namun harus dibawah 15, caranya sebagai berikut:

4 x 1 = 4 ( dikali 1 belum mendekati 15)
4 x 2 = 8 (dikali 2 belum mendekati 15)
4 x 3 = 12 ( dikali 3 merupakan bilangan bulat yang dipakai karena paling mendekati 15 tetapi masih dibawahnya)
4 x 4 = 16 ( dikali 4 sudah di atas 15 sehingga tidak dipakai)
sehingga bilangan bulat yang dipakai adalah angka 3. Selanjutnya angka 15 kita kurangkan dengan 12 dengan hasil adalah 3, angka 3 merupakan angka pembilang pada pecahan campuran. Sedangkan untuk penyebutnya pada pecahan campuran adalah tetap, dalam hal ini adalah angka 4. Dengan demikian pecahan campurannya adalah 3 3/4

Untuk lebih jelasnya berikut ilustrasinya:

Cara Menjawab Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

2. Cara Menghitung Pecahan

Jika penjumlahan pecahan dan memiliki penyebut yang sama maka kita tinggal menambahkan pembilangnya saja dan untuk penyebutnya tetap, tidak perlu ditambahkan. Contohnya 2/9 di tambah 5/9 maka  hasilnya (2+5)/9 = 7/9.

Cara Menjawab Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Untuk pengurangan pecahan yang mempunyai penyebut yang sama caranya adalah sama dengan penjumlahan pecahan dengan penyebut yang sama yaitu kita tinggal mengurankan pembilangnya dan untuk penyebutnya tetap. Misalnya ada soal 5/7 - 2/7 maka hasilnya adalah 3/7. Caranya (5-2)/7=3/7. Berikut ilustrasinya:

Cara Menjawab Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Bagaimana apabila penjumlahan pecahan namun penyebutnya berbeda. Langkah yang pertama adalah dengan menyamakan terlebih dahulu penyebutnya. Selaanjutnya apabila sudah sama penyebutnya maka pembilangnya tinggal kita tambahkan saja. Misalnya ada soal 3/4 ditambah 1/3 maka hasilnya 1 1/12. Cara menyelesaikannya sebagai berikut:

Cara Menyelesaikan Pecahan Matematika

Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika apabila perintahnya adalah perkalian maka kita tinggal mengalikan pembilangnya dengan pembilangnya dan mengalikan penyebut dengan penyebutnya. Misalnya ada pecahan 1/2 dikalai 3/4 maka hasilnya (1x3)/(2x4) dan hasilnya 3/8.

Cara Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika

Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika apabila perintahnya adalah pembagian maka caranya kita balik terlebih dahulu pecahannya dari pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang, setelah itu kita kalikan kedua pecahan tersebut. Misalnya ada soal 1/4 dibagi 2/3 maka hasilnya adalah 3/8. Caranya adalah 1/4 dikali 3/2 sama dengan 3/8. Berikut ilustrasinya:

Cara Menjawab Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika


Demikianlah artikel yang berjudul Cara Menjawab/ Menyelesaikan Soal Pecahan Matematika yang semoga bermanfaat. Terimakasih telah mampr di blog https://Www.Aanwijzing.Com ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.