CARA MEMBUAT PISANG SALE


Artikel yang terkait dengan judul :CARA MEMBUAT PISANG SALE

CARA MEMBUAT PISANG SALE - Olahan pisang sale merupakan pengeringan pisang yang sudah matang dan siap untuk dikonsumsi. Dengan adanya proses pengeringan tersebut menyebabkan kadar air yang ada menjadi turn, dengan demikian akan menjadikan kadar gula yang ada menjadi naik. Untuk warna dari pisang sale yaitu antara coklat muda hingga coklat kehitaman. Biasanya dalam pembuatan pisang selai dilakukan penjemuran untuk mengurangi kadar airnya, akan tetapi akan lebih baik lagi mutunya apabila dalam proses pengeringannya menggunakan alat pengering.

CARA MEMBUAT PISANG SALE

CARA MEMBUAT PISANG SALE


BAHAN PISANG SALE

  • Buah pisang yang sudah matang siap untuk dikonsumsi, dan rasanya manis.
  • Gula pasir halus yang putih dan bersih. Penggunaan gula yaitu pada saat untuk mengolah pisang yang tidak manis saja.

3. PERALATAN PEMBUATAN PISANG SALE

  • Pisau dan talenan. Kedua lat tersebut dipakai untuk mengupas dan membelah buah pisang, serta untuk mengerok permukaan daging buah.
  • Tampah. Alat tersebut dipakai sebagai wadah dalam proses penjemuran pisang.
  • Alat pengering. Alat ini dipakai untuk mengeringkan pisang apabila kondisi cuaca mendung/ hujan atau menginginkan proses pengeringan yang lebih cepat.

4. CARA PEMBUATAN PISANG SALE

1) Pengupasan Pisang

Pisang dikupas, selanjutnya permukaan daging buah pisang dikerok. Apabila buah pisang

berukuran besar, maka pisang bisa dibelah menjadi dua memanjang.

2) Pengasapan dengan belerang.

Supaya pisang sale warnanya lebih cerah dan muda, maka pisang perlu dilakukan pengasapan memkai gas SO2. Pengasapan memakai lemari pengasap. Pisang di susun di atas rak-rak yang dibuat dari anyaman lidi atau bambu, dan di dasar lemari pengasap dibakar belerang. Selanjutnya lemari pengasap ditutup rapat kecuali untuk saluran udara pembakaran. Untuk setiap kg pisang membutuhkan belerang kira-kira sekitar 2-4 gram. Sesudah pembakaran belerang habis terbakar, posisi pisang dibiarkan tetap berada di dalam lemari pembakaran, dengan waktu sekitar 10 menitan.

3) Proses Penggulaan.

Untuk buah pisang yang mempunyai rasa kurang manis, sesudah pengasapan, ditaburi dengan memakai gula pasir sehingga seluruh permukaan pisang bebar-benar tertutup oleh lapisan tipis gula.

4) Penjemuran Pisang

Pisang diletakkan di atas tampah, selanjutnya dilakukan penjemuran. Selanjutnya pada hari kedua, pisang yang terlihat masih basah, bisa ditekan dengan memakai papan dengan tujuan supaya pisang menjadi sedikit pipih. Apabila dalam menekan terlalu kuat, pisang akan menjadi retak atau pecah. Proses penekanan tersebut diulangi setiap hari hingga bahan menjadi agak kering. Bahan yang agak kering akan menjadi agak alot, lentur, dan tidak mudah patah. Produk yang didapatkan dari proses ini dinamakan sebagai pisang sale segar.

5) Pengeringan dengan memakai alat pengering.

Apabila kita menginginkan proses pengeringan dalam membuat pisang sale lebih cepat dapat menggunakan banyuan alat pengering. Alat tersebut juga bermanfaat pada saat cuaca mendung ataupun hujan. Proses pengeringan buah pisang akan berlangsung anatara 18 hingga 24 jam tergantung pada suhu pengeringan. Suhu pengeringan yang dianjurkan tidak kurang dari 50°C namun tidak boleh lebih dari 70°C. Apabila suhu terlalu rendah, maka akan memakan waktu yang terlalu lama. Akan tetapi apabila terlalu panas, tekstur pisang sale akan kurang baik hal tersebut akan menurunkan kwalitas dari produk yang dihasilkan. Selama proses pengeringan, setiap 3 jam, pisang bisa juga ditekan supaya menjadi semakin pipih. Proses pengeringan dilakukan hingga kadar air pisang sale berada di bawah 18%.

6) Penggorengan.

Pisang sale segar yang dihasilkan bisa digoreng. Namun pisang sale segar terlebih dahulu dicelupkan ke dalam adonan tepung beras. Adonan yang dimaksud ini terdiri dari campuran tepung beras (1 bagian), air (4 bagian), dan garam (secukupnya) serta tepung kayu manis (secukupnya). Kemudian pisang sale segar digoreng dengan menggunakan minyak panas (170°C) sampai pisang menjadi garing. Produk yang dihasilkan tersebut disebut pisang sale goreng.

7) Pengemasan Pisang Sale.

Pisang sale segar ataupun pisang sale goreng dilakukan pengemasan dengan menggunakan kantong plastik.

Artikel lainnya: Cara Membuat Tepung Tapioka dan Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Demikianlah artikel seputar resep makanan yang berjudul CARA MEMBUAT PISANG SALE yang semoga dapat memberi manfaat. terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.