Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker


Artikel yang terkait dengan judul :Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker - Alat untuk menanak nasi (rice cooker) merupakan pilihan yang sangat mudah dan efektif untuk digunakan dalam menanak nasi. Pada waktu sekarang ini banyak sekali alat untuk menanak nasi yang dilengkapi dengan penghangatnya. Dengan demikian nasi akan tetap hangat setelah nasi matang. Untuk sampai menjadi masak, kita tidak perlu menungguinya setiap saat, selain itu rice cooker sekarang juga sudah dilengkapi dengan sensor atau pengatur waktu otomatis. Kalau kita menggunakan rice cooker, nasi yang di masak tidak akan mengalami gosong, karena memang sudah dirancang apabila nasi matang maka secara otomatis akan berubah menjadi mode penghangat.

Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Cara menanak nasi dengan memakai rice cooker sebagai berikut:

1. Pakailah cangkir takar untuk mengukur beras kemudian masukkan ke dalam panci penanak nasi. Untuk beberapa merek penanak nasi mempunyai panci yang ddapat dilepas, sementara ada juga yang tidak dapat dilepas, sehingga beras harus langsung dimasukkan ke dalam penanak nasi. Biasanya, rice cooker sudah dilengkapi dengan cangkir atau sendok takar, selain itu kita juga bisa menggunakan gelas atau cangkir takar biasa.

Satu cangkir beras (240 ml) akan menjadi nasi antara 1,5 cangkir (360 ml) sampai dengan 3 cangkir (720 ml) nasi, hal ini tergantung pada varietas beras yang akan dimasak. Supaya nasi atau air tidak tumpah pada saat memasaknya, maka kita perlu menyisakan cukup ruang untuk menampung nasi yang mengembang.

2. Mencuci beras apabila perlu untuk dicuci. Pada sebagian orang mencuci beras yang akan dimasak dirasa perlu karena untuk menghilangkan pestisida, kotoran, herbisida atau kontaminan yang mungkin ada. Cara yang dilakukan untuk mencuci beras yaitu dengan menuangkan air bersih ke dalam wadah berisi beras, atau bisa juga dengan cara mencuci beras pada aliran air keran. Jangan lupa air merendam seluruh beras dan sambil diaduk-aduk, kemudian kita tiriskan air dengan memakai ujung mangkuk rice cooker secara perlahan supaya berasnya tidak ikut larut terbuang atau bisa juga dengan memakai saringan. Apabila air cucian kelihatan keruh atau terdapat kotoran yang mengapung di permukaan air terlihat banyak, maka kita perlu membilas sampai air bilasan terlihat jernih.

3. Mengukur jumlah air yang dibutuhkan. Biasanya pada petunjuk pemakaian menanak nasi air yang digunakan adalah dengan menggunakan air dingin. Untuk mengukur jumlah air yang akan digunkaan maka sangat tergantung pada tekstur nasi yang seperti apa yang akan kita inginkan setelah nasi masak nantinya misalnya mau nasi yang keras atau lunak, selain itu juga tergantung pada jenis beras yang akan kita masak.

Berikut ini contoh ukurannya:

Beras putih, bulir panjang per 1 cangkir beras (420 ml air per 240 ml beras) kira - kira membutuhkan 1 3/4 cangkir air.

Beras putih, bulir sedang per 1 cangkir beras (360 ml air per 240 ml beras) kira - kira membutuhkan 1 1/2 cangkir air

Beras putih, bulir pendek per 1 cangkir beras (300 ml air per 240 ml beras) kira - kira 1 1/4 cangkir air

Beras merah, bulir panjang per 1 cangkir beras (520 ml air per 240 ml beras) butuh 2 1/4 cangkir air 

Untuk menanak nasi ala India seperti hanya Basmati/ Jasmine, kebutuhan airnya lebih sedikit sebab nasi yang diinginkan adalah bertekstur lebih keras, kita bisa menggunakan tidak lebih dari 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras. Kita bisa memakai perbandingan 1:1 apabila kita mencuci beras sebelumnya. Kita bisa memasukkan daun salam atau kapulaga secara langsung untuk menambah rasa nasi.

4. Menambahkan perasa (sesuai selera). Kita dapat menambahkan perasa apabila memang menginginkannya, namun apabila tidak suka juga tidak apa-apa, opsional saja. Apabila inin menambahkan perasa maka harus ditambahkan ke dalam air sebelum mulai menanak nasi, dengan demikian beras akan menyerap perasa tersebut selama dimasak. Perasa yang ditambahkan misalnya dengan menambahkan sedikit garam, mentega ataupun minyak. Apabila kita mau membuat nasi ala India maka kita perlu menambahan kapulaga atau daun salam.

5. Apabila terdapat beras yang masih menempel di dinding panci maka kita perlu memasukkan beras tersebut sehingga beras akan tersendam semuanya. usahakan jangan samapai ada yang tercecer menempel di dinding panci masak. Apabilaada air atau beras yang tumpah ke tepi panci, maka kita bersihkan bagian luar panci dengan memakai kain atau lap sampai kering.

Kita tidak perlu mengaduk beras, sebab pati/ tepung beras akan terlepas dan akan menjadikan nasi yang dihasilkan nantinya akan menggumpal atau lengket.

6. Pastikan untuk memasak nasi, rice cooker dalam posisi on. Jika posisi off maka nasi tidak akan matang. Usahakan jangan membuka tutup penanak nasi pada waktu memasak, supaya nasinya dapat matang dengan sempurna.

Penanak nasi akan berhenti memasak dengan otomatis pada saat suhu di dalam panci melebihi titik didih air (100 derajat C).

Masak Nasi

10. Kita bisa mengaduk nasi supaya nasi tidak menjadi padat dan menggumpal. Selain itu dengan mengaduk akan melepaskan uapnya sehingga tidak menjadi terlalu matang nasinya. Tapi mengaduk atau tidak mengaduk opsional saja.

Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Memasak Nasi

Baca lainnya: Cara Membuat Tepung Tapioka dan Cara Membuat Tepung Ubi Jalar

Cara Mengatasi Masalah Menanak Nasi

1. Apabila nasi terlalu lembek maka kita dapat megurangi jumlah airnya untuk memasak nasi yang berikutnya.

2. Apabila kurang matang nasi yang dihasilkan maka kita bisa menambahkan air, dan tutup panci berisi nasi selama beberapa menit sampai nasi menjadi matang sempurna.

3. Manfaatkan nasi yang terlalu lembek maka kita dapat mengatasinya menjadi jenis makanan yang lainnya misalnya menjadi bubur atau yang lainnya.

4. Apabila masih terdapat air yang tersisa dalam panci penanak nasi sesudah nasi selesai dimasak, kemungkinan besar penanak nasi rusak dan harus diganti dengan penanank nasi yang baru. Untuk nasi yang sudah terlanjur menjadi matang, kita bisa membuang airnya kemudian menyajikan apabila masih bisa kita nikmati. Tetapi hal tersebut tidak bisa maka kita coba dengan menyalakan kembali penanak nasi sampai dengan airnya menjadi habis.

Demikian artikel yang berjudul Menanak Nasi : Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker yang semoga saja dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog www. Aanwijzing.com ini


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.