Cara Membuat Tepung Ubi Jalar


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Membuat Tepung Ubi Jalar

Cara Membuat Tepung Ubi Jalar - Apa sih tepung ubi jalar itu? yaitu jenis tepung pati yang mendapatkannya yaitu dari proses ekstra pati secara basah dari umbi ubi jalar. Prinsipnya proses pembuatan tepung ubi jalar sama dengan proses pembuatan tapioka. Langkahnya yaitu umbi diparut, selanjutnya ditambah air untuk ekstraksi pati., selanjutnya dilakukan penyaringan untuk memisahkan serat, diendapkan untuk memperoleh pasta pati, dikeringkan dan kemudian terakhir, digiling dengan tjuan untuk menghaluskan pati menjadi tepung ubi jalar.

Cara Membuat Tepung Ubi Jalar

Cara Membuat Tepung Ubi Jalar

Bahan Pembuatan Tepung Ubi Jalar:

a) Ubi jalar.

b) Air.

Peralatan Pembuatan Tepung Ubi Jalar:

a) Pisau & talenan.

b) Alat Pemarut.

c) Penyaring.

d) Wadah untuk Pengendapan.

e) Pengering.

f) Penggiling.

CARA MEMBUAT TEPUNG UBI JALAR

1) Pengupasan.

Umbi dilakukan pengelupasan kulitnya kemudian dicuci hingga benar-benar menjadi bersih.

2) Pemarutan.

Selanjutnya umbi diparut halus hingga menyerupai bubur. Jika jumlah umbi yang parut cukup banyak, maka umbi dapat digiling dengan menggunakan mesin penggiling. Langkah selanjutnya adalah bubur umbi jalar tersebut ditambahkan air (untuk perbandingannya yaitu 1 bagian bubur ditambahkan dengan 2 bagian air), selanjutnya campuran tersebut diaduk-aduk, tujuannya agar pati lebih banyak yang terlepas dari sel umbi. Jika bubur umbi jumlahnya cukup banyak, maka proses pengadukan dapat dilakukan dengan memakai alat pengaduk mekanis.

3) Penyaringan suspensi pati.

Proses selanjutnyya yaitu penyaringan, bubur umbi jalar kemudian disaring dengan memakai kain saring sehingga pati lolos dari saringan sebagai suspensi pati, dan serat tertinggal pada kain saring. Suspensi pati tersebut kemudian ditampung pada wadah pengendapan..

4) Pengeringan.

Suspensi pati selanjutnys didiamkan menjadi mengendap di dalam wadah pengendapan kira-kira selama 12 jam. Pati akan mengendap sebagai pasta. Akan terdapat cairan yang berada di atas endapan, selanjutnya cairan tersebut dibuang saja, kemudian pasta yang di diperoleh dijemur di atas tampah, atau dikeringkan dengan menggunakan alat pengering sampai dengan  kadar air di bawah 14%. Produk yang telah kering apabila dipegang akan terasa gemersik. Hasil pengeringan tersebut dinamakan tepung kasar.

5) Penggilingan.

Selanjutnya tepung kasar dari proses pengeringan tersebut bisa kita tumbuk atau giling hingga  menjadi halus (sekurang-kurangnya 80 mesh) sehingga menjadi tepung ubi jalar.

6) Pengemasan.

Tepung ubi jalar bisa dilakukan pengemasan dengan memakai karung plastik atau kotak kaleng dalam kondisi yang benar-benar tertutup rapat.

Artikel tentang pengolahan panhan yang lainnya : Resep Membuat Abon Keluwih dan Resep Abon Ikan

Demikian artikel yang berjudul Cara Membuat Tepung Ubi Jalar yang semoga bermanfaat.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.