Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang


Artikel yang terkait dengan judul :Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang

Rumus - Cara Mencari Keliling Persegi Panjang √ Keliling sebuah persegi panjang yaitu total penjumlahan dari seluruh sisinya. Definisi dari persegi panjang yaitu sebagai segi empat atau bangun geometri dengan empat sisi yang mana dalam sebuah persegi panjang, kedua sisi yang berlawanan mempunyai sifat kongruen. Apa artinya? yaitu mempunyai ukuran yang sama.Walaupun tidak semua persegi panjang merupakan persegi, semua persegi merupakan persegi panjang, dan bangun gabungan dapat terdiri atas beberapa persegi panjang.

Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang

Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang

Daftar Isi :

A. Mencari Keliling Menggunakan Panjang dan Lebar

B. Menghitung Keliling Menggunakan Luas dan Satu Sisi

C. Mencari Keliling Persegi Panjang Gabungan

***

A. Mencari Keliling Menggunakan Panjang dan Lebar

1. Menulis rumus dasar untuk mencari keliling persegi panjang. Dengan rumus tersebut akan membantu kita dalam menghitung keliling persegi panjang. Rumus Dasar Keliling Persegi Panjang adalah:

K = 2 x (p + l)

Keterangan : K adalah keliling, p adalah panjang dan l adalah lebar persegi panjang. Nilai panjang akan selalu lebih besar dari pada nilai lebarnya. Keliling selalu menunjukkan jarak total di sekeliling batas luar bangun apa pun itu, baik bangun yang sederhana maupun gabungan dari beberapa bangun.

Sebab sisi-sisi persegi panjang yang berada dihadapannya mempunyai ukuran yang sama, maka kedua panjangnya mempunyai ukuran yang sama dan untuk kedua lebarnya juga mempunyai ukuran yang sama. Dengan begitu maka pada rumus keliling persegi panjang akan senilai 2 kali panjangnya ditambah dengan 2 kali lebarnya, atau dapat ditulis dengan persamaan (p + p + l + l) atau (2xp) + (2xl) atau 2(p+l). Inilah alasan mengapa rumus persegi panjang tersebut begitu.

2. Carilah panjang dan lebar dari persegi panjang.

Panjang dan lebar persegi panjang untuk soal matematika dasar di sekolah biasanya akan dituliskan dalam soal, dan penulisannya biasanya dituliskan di sebelah persegi panjangnya.

Berbeda halnya dengan menghitung keliling persegi panjang di kehidupan nyata, pakailah penggaris, kayu pengukur, atau pita pengukur dalam mencari panjang dan lebarnya. Apabila melakukan pengukuran di tempat terbuka atau luar ruangan, ukurlah semua sisinya untuk melihat apabila sisi-sisi yang berlawanan benar-benar kongruen. Sebagai contonya p = 20 cm, l = 10 cm.

3. Menjumlahkan panjang dan lebar persegi panjang.Sesudah kita tahu berapa panjang dan lebarnya, kita harus memasukkan nilainya ke dalam persamaan keliling persegi panjang pada bagian p dan l.

Sebagai contoh kita akan menghitung keliling persegi panjang dengan panjang (p) 20 cm dan lebar (l) 10 cm maka penyelesainnya sebagai berikut:

K = 2 x (p + l)

K= 2 x (20 + 10)

K= 2 x 30

K= 60 cm

Jadi keliling persegi panjang tersebut adalah 60 cm persegi.

4. Mengalikan hasil penjumlahan panjang dan lebar persegi panjang dengan angka dua. Sesudah kita menyelesaikan perkalian ini,maka kita akan mempunyai keliling persegi panjangnya. Perkalian tersebut dilakukan sebab masih terdapat dua sisi persegi panjang yang lainnya. Pada waktu kita menjumlahkan panjang dan lebarnya, kita hanya menjumlahkan dua sisi bangunnya.

Oleh karena kedua sisi persegi panjang yang lain mempunyai ukuran yang sama dengan kedua sisi yang sudah dijumlahkan, kita bisa mengalikan hasil penjumlahannya dengan dua untuk mencari total penjumlahan dari keempat sisinya tersebut.

Sebagai contohnya adalah sebagai berikut, K = 2 * (p + l) = 2 * (20 + 10) = 2 * (30) = 60 cm.

5. Lakukan penjumlahan p + p + l + l. Daripada kita menjumlahkan kedua sisi persegi panjang tersebut dan mengalikannya dengan dua, kita bisa menjumlahkan secara langsung keempat sisinya untuk mendapatkan keliling persegi panjang tersebut.

Apabila kita kurang dapat mengerti atas konsep keliling persegi panjang, cara ini dapat menjadi alternatif untuk memperoleh besaran keliling persegi panjang.

Sebagai contohnya, K = p + p + l + l = 20 + 20 + 10 + 10 = 60 cm.

Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang

B. Menghitung Keliling Menggunakan Luas dan Satu Sisi

1. Tuliskan rumus untuk luas dan rumus untuk keliling persegi panjang. Walaupun kita telah mengerti luas persegi panjang akan tetapi masih perlu memakai rumus luas tersebut untuk mencari informasi yang belum diketahui. Luas persegi panjang yaitu pengukuran ruang dua dimensi dalam persegi panjang atau jumlah satuan persegi dalam persegi panjang.

Rumus luas persegi panjang adalah 

L = p * l

Keterangan rumus bahwa L adalah “luas”, p adalah panjang persegi panjang, dan l adalah lebar persegi panjang.

Dari rumus luas persegi panjang tersebut maka kita dapat memakainya untuk mencari keliling persegi panjang adalah K = 2 * (p + l) .

2. Membagi total luasnya dengan pengukuran sisi yang kita ketahui. Dari hal yang kita ketahui akan memungkinkan kita untuk mencari pengukuran dari sisi persegi panjang lain yang belum diketahui, baik itu pada sisi panjang ataupun lebarnya. Dengan demikian kita akan bisa menghitung berapa keliling dari persegi panjang tersebut.

Misalnya saja kita mengetahui luas suatu persegi panjangnya 200 cm persegi dan panjangnya adalah 20 cm maka untuk menghitung kelilingnya kita memerlukan nilai dari lebarnya. Untuk itu kita harus mencarinya terlebih dahulu, caranya adalah sebagai berikut:

L = p x l

200 = 20 x l

l = 200/20

l = 10

Setelah kita mengetahui lebarnya maka kita dapat mencari keliling dari persegi panjang tersebut yaitu :

K = 2 * (p + l)

K = 2 * (20+10)

K = 2 * (30)

K = 60 cm

Keliling Persegi Panjang

C. Mencari Keliling Persegi Panjang Gabungan

Menuliskan rumus dasar untuk keliling persegi panjang. Keliling merupakan penjumlahan atas semua sisi luar bangun apa saja, termasuk untuk bangun yang tidak beraturan dan bangun gabungan. 

Pada bangun persegi panjang paling tidak mempunyai enam sisi. Bayangkan bangun yang mempunyai bentuk huruf kapital “L” atau huruf “T”. Bangun tersebut bisa dibagi menjadi satu persegi panjang di bagian atasnya dan satu lagi persegi panjang yang ada di bagian bawahnya. Namun, keliling dari bangun ini tidak selalu bisa dihitung dengan membagi persegi panjang gabungannya menjadi dua persegi panjang. Sebetulnya, keliling yaitu: K = s1 + s2 + s3 + s4 + s5 + s6.

Keterangan : “s” menunjukkan sisi yang berbeda pada persegi panjang gabungan.

Baca juga : Sejarah Tenis Meja dan Ukuran Lapangan Bola Voli dan Gambarnya

Demikian artikel mengenai Rumus Cara Mencari Keliling Persegi Panjang yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog Aanwijzing.Com ini.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.