Cara Membaca Jam Analog dan Digital


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Membaca Jam Analog dan Digital

Cara Membaca Jam Analog dan Digital √ Cara membaca jam untuk orang dewasa dapat dikatakan mudah, namun untuk anak - anak yang baru belajar mungkin akan membutuhkan waktu dan pendampingan. Pada jam analog terbagi atas lingkaran dan cara membacanya cukup mengetahui posisi jarum panjang dan pendeknya saja. Sedangkan untuk jam digital, kita cukup membaca jam dan menitnya saja. Pembacaan jam dengan angka 1 sampai dengan angka 12 dan jam dengan angka 1 sampai angka 24, terkadang membuat bingung. Akan tetapi, kita bisa memahaminya dengan melakukan sedikit usaha dengan berlatih. Ayo kita bersama-sama belajar mengenal jam analog dan digital berikut ini

1. Cara Membaca Jam Analog

2. Cara Membaca Jam Digital

3. Cara Membaca Berbagai Variasi Jam

Ayo kita belajar besama.

Cara Membaca Jam Analog

Cara Membaca Jam Analog

Kita bisa memperhatikan mengenai bagian - bagian pada angka jam analog. Disitu kita bisa melihat pada bagian atas jam terdapat angka 12 dilanjutkan pada sebelah kirinya angka 1 dan seterusnya sampai angka 11. Cara membaca arah jarum jam yaitu jarum akan bergerak dari kiri ke kanan yang akan bergerak dari angka "1" ke arah angka "12". Pada setiap bagian di antara angka-angka tersebut terdapat adanya segmen per 5 menit. Pada setiap segmen ada yang dikasih garis kecil ada pula yang tidak diberi garis kecil. Tetapi ATURAN MEMBACA JAM untuk stiap segmen yaitu 5 menit meskipun tidak terdapat garis kecil.

Pakailah jarum pendek untuk membaca jam analog. Pada jam mempunyai 2 macam jarum yaitu jarum pendek dan jarum panjang. Jarum pendek menunjukkan jam. Angka yang ditunjuk oleh jarum pendek yaitu menunjukkan jam pada saat ini. Sebagai contohnya jarum pendek menunjukkan angka 10, ini berarti bahwa jam pada saat tersebut jam 10.

Bagaimana cara membaca jarum panjang pada jam analog? Pakailah jarum panjang untuk membaca menit. Kita bisa membaca angka yang ditunjukkan jarum panjang tersebut, kemudian dikalikan dengan 5 untuk bisa mengetahui menitnya. Pada waktu jarum panjang menunjuk pada angka "12", dapat diartikan  bahwa saat itu persis pada jam tersebut. Sebagai contoh cara membaca jarum panjang pada jam analog :

Jika jarum panjang menunjuk pada angka "2", berarti lebih 10 menit, angka 10 menit didapatkan dari perkalian 2 x 5 menit = 10 menit. Contoh lainnya misalnya jarum panjang menunjukkan angka 7. Ini dapat kita artikan lebih 35 menit, angka 35 menit didapatkan dari hasil perkalian 5 x 7 menit = 35 menit.

Apabila jarum panjang menunjukkan angka 12, berarti lebih 0 menit, angka 0 menit didapatkan dari 0 x 5 menit = 0 menit atau dapat kita katakan persis pada jam tersebut.

Contoh yang lainnya misalnya jarum panjang berada diantara angka 3 dan 4 digaris kecil ke 2, maka kita dapat artikan lebih 17 menit. Angka 17 menit didapatkan dari (3 x 5 menit) + 2 = 17 menit.

Dari keterangan tersebut maka kita bisa tahu jam berapa sekarang ini. Misalnya jarum pendek di angka 2 dan jarum panjang di angka 12, maka kita dapat membaca jam pada saat itu adalah tepat jam 2. Contoh CARA MEMBACA JAM ANALOG yang lainnya yaitu jarum pendek menunjuk angka 2 dan jarum panjang menunjuk angka 3, ini dapat kita baca jam 2 lebih 15 menit, dengan keterangan bahwa jam 2 di dapat dari angka yang ditunjukkan jarum pendeknya dan 15 di dapat dari 3 x 5 menit = 15 menit yang ditunjukkan jarum panjangnya.

Cara membaca jam dalam bahasa inggris yaitu bedakan antara AM dan PM. Untuk mengetahui AM atau PM kita harus bisa membaca ajam dan waktunya kapan. Dari tengah malam hingga pukul 12 siang keesokan harinya adalah AM. Sedangkan dari pukul 12 siang hingga tengah malam yaitu PM.

Cara Membaca Jam Digital

Kita juga dapat membaca jam jenis yang lainnya yaitu jam digital. 

Cara Membaca Jam Digital

Pada jam digital terbagi menjadi 2 angka yang dipisahkan dengan tanda titik dua. Untuk angka yang pertama pada jam digital menunjukkan jam. Sebagai contoh jika angka pertama menunjukkan angka "8", berarti saat itu jam 8.

Kemudian baca angka yang keduanya yang mana angka keduanya menunjukkan lebih menitnya. Sebagai contohnya angka yang kedianya tertulis 20, maka dapat kita baca lebih 20 menit. 

Dengan kita mengetahui angka yang pertama dan keduanya pada jam digital maka kita dapat membaca jam digital tersebut. Sebagai contohnya angka pertama tertulis angka 08 dan angka setelah titik dua tertulis angka 20 maka kita dapat membaca waktu saat itu yaitu jam 8 lebih 20 menit. Sedangkan untuk cara membaca jam dalam bahasa inggris sama dengan pada jam analog.

Cara Membaca Berbagai Variasi Jam

Sebagai contoh variasi jam jam analog tapi menggunakan angka romawi, ada juga yang tidak memakai angka sama sekali dan ada pula yang angkanya antara 1 sampai 24 terutama untuk jam digital. Cara membacanya pada prinsipnya sama dengan jam analog seperti yang telah kita pelajari bersama. Jam yang memakai huruf romawi untuk dapat membacanya kita harus tahu huruf - huruf romawi misalnya I, II, III, IV, V, sampai XII. Sedangkan untuk yang tidak ada sama sekali angkanya maka kita bisa mengambil patokan angka tertentu. Misalnya angka 12 berada di tengah atas, kemudian bergerak ke kanan lalu hitung 1, 2, 3, 4 dst. Hal tersebut akan membantu kita dalam menentukan jam berapa yang ditunjukkan setiap simbol tersebut. Untuk jam digital yang angkanya sampai 24 maka kita tidak perlu bingung, prinsipnya tetap sama. Sesudah pukul 12 siang, jam akan menunjukkan angka 13 dan seterusnya untuk menunjukkan jam. Angka 13 dapat diartikan bahwa saat itu jam 1 siang, untuk angka 14 berarti jam 2, dan seterusnya sampai dengan angka 24 yang artinya jam 12 tengah malam. Sesudah jam menunjukkan angka 24, jam maka jam digital akan kembali menunjukkan angka 1 dan seterusnya sampai dengan angka 12. Angka 1 berarti jam 1 dini hari, angka 2 artinya jam 2 dini hari, dan seterusnya sampai jam 12 siang.

Dengan kita belajar mengenai cara membaca jam analog dan jam digital kita mengetahui jam berapa sekarang ini.

Baca juga : Cara mengajar anak membaca


Bagaimana teman-teman artikel mengenai cara membaca jam, asik kan? Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Cara Membaca Jam Analog dan Digital ini.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.