√ Dinamika dan Pewarisan Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)


Artikel yang terkait dengan judul :√ Dinamika dan Pewarisan Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)

Dinamika dan Pewarisan Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI) √  Kebudayaan yang ada di dalam masyarakat mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan dinamika perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Dengan demikian kebudayaan setiap saat dapat mengalami perubahan. Suatu kebudayaan diwariskan oleh generasi terdahulu ke generasi yang sekarang, dan begitu juga selanjutnya. Proses pewarisan budaya selalu dipengaruhi oleh adanya perkembangan zaman. Tujuan pembelajaran pada ini yaitu : bisa menjelaskan mengenai unsur-unsur budaya; menjelaskan hubungan dan fungsi bahasa, seni, dan agama/religi/kepercayaan; bisa mengidentifikasi karakteristik dinamika budaya; bisa mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat integrasi nasional; bisa membandingkan pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern. Untuk selanjutnya ayo kita belajar bersama.

Dinamika dan Pewarisan Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)


Dinamika dan Pewarisan Budaya

A. Unsur-Unsur Budaya

Dalam menganalisis suatu kebudayaan, misalnya saja kebudayaan yang ada di Minangkabau, Bali, atau tempat yang lainnya, seorang ahli antropologi membagi seluruh kebudayaan yang terintegrasi tersebut ke dalam unsur-unsur besar yang disebut sebagai “Unsur-unsur Kebudayaan Universal”. Tedapat beraneka ragam pandangan serta alasan dari beberapa ahli mengenai unsur-unsur kebudayaan yang disebut sebagai culture universals, salah satunya yaitu dari Koentjaraningrat. Untuk melihat artikel mengenai unsur budaya dapat dilihat di >> Unsur-Unsur Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)

B. Hubungan dan Fungsi Bahasa, Seni, dan Agama/Religi/Kepercayaan

Penyebab munculnya keberagaman kebudayaan suku bangsa karena penyebab yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri (faktor internal) & faktor yang lainnya yang tidak lain adalah faktor yang berasal dari luar masyarakat (faktor eksternal).

Daftar Isi

1. Bahasa
2. Kesenian
3. Agama

Selanjutnya untuk melihat mengenai sub bab ini dapat dilihat di >> Hubungan dan Fungsi Bahasa, Seni, dan Agama/Religi/Kepercayaan (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)

C. Karakteristik Dinamika Kebudayaan

Hal yang akan dipelajari dalam sub bab ini antara lain:


Selanjutnya teman - teman dapat melihat selengkapnya mengeai sub bab ini di >> Karakteristik Dinamika Kebudayaan (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)

D. Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Tujuan pembelajaran pada sub bab ini yaitu kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dari integrasi nasional.


E. Pewarisan Budaya pada Masyarakat Tradisional dan Modern

Tujuan pembelajaran pada sub ini adalah supaya bisa membandingkan proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan masyarakat modern.

Hal yang akan dipelajari pada sub bab ini anatara lain:


Selanjutnya untuk selengkapnya mengenai artikel ini dapat dilihat di >> Pewarisan Budaya pada Masyarakat Tradisional dan Modern (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI)

Demikian artikel antropologi mengenai Dinamika dan Pewarisan Budaya (Pelajaran Antropologi SMA/ MA Kelas XI) yang  harapannya semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.