Cara Mencari Mean, Median, dan Modus


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Mencari Mean, Median, dan Modus

Cara Mencari Mean, Median, dan Modus √ Nilai mean, median, dan modus merupakan nilai-nilai yang sering dipakai dalam ilmu statistika dasar dan ilmu matematika sehari-hari. Namun kita dapat mencarinya dengan terlebih dahulu tahu tentang pengertian masing - masing. Pengertian mean adalah teknik penjelasan kelompok yang berdasarkan pada nilai rata-rata dari kelompok tersebut. Nilai rata-rata (mean) tersebut diperoleh dengan menjumlahkan data semua individu dalam kelompok tersebut, Selanjutnya dilakukan pembagian dengan jumlah individu yang ada di dalam kelompok itu. Selanjutnya pengertian median adalah teknik penjelasan kelompok yang didasarkan pada nilai tengah dari kelompok data yang sudah dilakukan pengurutan dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar, atau dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil. Sedangkan pengertian modus adalah suatu teknik penjelasan terhadap kelompok yang berdasarkan pada nilai yang sedang populer (yang sedang menjadi mode) atau bisa dikatakan sebagai nilai yang sering muncul pada kelompok tersebut. Ayo kita belajar bersama mengenai hal tersebut.

Daftar Isi:

1. Cara Mencari Mean
2. Cara Mencari Median
3. Cara Mencari Modus

Cara Mencari Mean, Median, dan Modus

Cara Mencari Mean, Median, dan Modus

1. Cara Mencari Mean

Rumus mencari mean adalah sebagai berikut:

mean
X = data
n = banyaknya data
Contoh mencari mean, misalnya dalam suatu kelas terdapat nilai ujian matematika seperti berikut ini:
7, 8, 8, 6, 7, 9, 10, 8, 9
mean

= (X1 + X2 + X3 + X4 + X5 + X6 + X7+X8+X9)/banyaknya data
= (7+8+8+6+7+9+10+8+9)/9
= 72/9
= 8
Sehingga mean dari ujian matematika tersebut yaitu 8.

Teman - teman juga bisa mengembangkannya, misalnya dari data di atas siswa yang bernama Budi belum masuk di dalamnya, sehingga apabila nilai budi di masukkan maka meannya menjadi 8,1. Berapa nilai Budi. Kita dapat menyelesaikannya seperti berikut:

Urutan ke Budi adalah yang ke 10 sehingga menjadi X10
Kita masukkan rumusnya
(X1 + X2...+ X10)/10 = 8,1
(X1 + X2...+ X10)      = 8,1 x 10
(X1 + X2...+ X10)      = 81
Sehingga nilai matematika Budi adalah 81 - 72 dan hasilnya adalah 9

2. Cara Mencari Median

Dari data di atas (7, 8, 8, 6, 7, 9, 10, 8, 9) untuk mencari median, teman - teman harus mengurutkan terlebih dahulu data tersebut. Apabila diurutkan akan menjadi : 6, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 10.
median
Seperti yang telah dijelaskan bahwa median merupakan nilai tengah, maka median dari nilai ujian matematika tersebut adalah 8.

Apabila jumlah datanya ganjil, maka angka yang paling tengah yang merupakan mediannya. Namun bagai mana  jika datanya genap. Teman - teman dapat mencari median apabila datanya genap yaitu dengan menjumlahkan 2 angka yang di tengah kemudian membagi dengan 2 hasil penjumlahan tersebut. Maka akan di dapatkan mediannya. Contohnya teman - teman mempunyai data 2, 2, 3, 5, 9, dan 9, maka dua angka tengah yaitu 5 dan 3. Untuk mendapatkan median maka kita  jumlahkan angka 5 dan 3 menjadi 8, selanjutnya angka 8 tersebut dibagi dengan 2 sehingga mediannya adalah 4.

3. Cara Mencari Modus

Tips untuk mencari modus yaitu dengan mengurutkan terlebih dahulu datanya, hal ini akan lebih memudahkan teman teman dalam menentukan modusnya. Seperti yang telah dijelaskan bahwa modus merupakan nilai yang paling banyak muncul.

Contoh soal modus adalah dengan data berikut ini : 7, 8, 8, 6, 7, 9, 10, 8, 9
Untuk memudahkan maka kita sebaiknya mengurutkan data tersebut, sehingga menjadi: 6, 7, 7, 8, 8, 8, 9, 9, 10
Dari penjelasan di atas teman - teman langsung tahu nilai modusnya, yaitu 8, karena angka yang sering muncul adalah angka 8.

Baca juga : Cara Menghitung Pecahan dan Cara Menyelesaikan Soal Pecahan

Demikian artikel yang berjudul Cara Mencari Mean, Median, dan Modus di blog aanwijzing.com ini yang semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.