Cara Menghitung Perkalian Dasar


Artikel yang terkait dengan judul :Cara Menghitung Perkalian Dasar

Cara Menghitung Perkalian Dasar √ Terdapat 4 aktivitas dasar di dalam matematika antara lain perkalian, pembagian,pengurangan dan penambahan. Namun pada halaman ini kita akan belajar bersama mengenai perkalian saja. Perkalian dapat kita katakan sebagai penambahan yang berulang. Berikut adalah cara menghitung perkalian dengan model penambahan dan dengan cara panjang yaitu dengan susun ke bawah.

Cara Menghitung Perkalian Dasar

Daftar Isi

1. Cara menghitung perkalian dengan pengulangan penambahan
2. Cara menghitung perkalian dengan susun ke bawah

Tabel perkalian 1 sampai 10

Cara Menghitung Perkalian Dasar

1. Cara menghitung perkalian dengan pengulangan penambahan

Misalnya saja teman - teman akan mengerjkan soal 2 x 3. Dari soal 2 x 3 kita juga dapat mengatakan bahwa 2 adalah kelompok dari angka 3. Sehingga kita dapat menambahkan angka 2 secara belulang sebanyak 3 kali.
Perkalian 2 kali 3 dapat kita tulis sebagai berikut
2 x 3 adalah
         = 2 + 2 + 2
         = 6

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyatakan bahwa 3 adalah kelompok dari 2. Untuk hasil jawabannya adalah sama yaitu didapatkan angka 6. Teman - teman dapat menambahkan angka 3 sebanyak 2 kali.

2 x 3 adalah
         = 3 + 3
         = 6

2. Cara menghitung perkalian dengan susun ke bawah

Untuk lebih memudahkan dalam perhitungan sebaiknya tempatkan angka yang lebih besar pada posisi di atas dari angka yang yang lebih kecil, tapi kalau yang kecil posisinya di atas juga tidak apa-apa. Selanjutnya susunlah dalam ratusan, puluhan dan satuan dalam satu garis lurus vertikal. Misalnya pada soal perkalian 123 x 45, teman-teman dapat menusunnya dengan cara angka 3 di atas 5, angka 2 di atas 4, dan untuk angka 1 tidak di atas angka apa pun, hal ini disebabkan bilangan 45 tidak mempunyai ratusan. Tulislah tanda perkalian di sebelah angka 45 dan buatlah garis di bawah angka 45. Selanjutnya teman - teman akan mulai melakukan perkalian angka-angka di bawah dari garis yang telah dibuat.
Cara menghitung perkalian dengan susun ke bawah
Selanjutnya teman - teman mengalikan satuan dengan satuan terlebih dahulu (5 x 3=15) namun yang ditulis adalah angka 5 saja, terus yang angka 1 kita akan tambahkan ke hasil perkalian satuan dan puluhan (5x2)+1=11. Yang kita tulis adalah satuannya, yang belakang yaitu 1 sedangkan yang angka 1 depan kita akan tambahkan ke hasil perkalian satuan kali ratusan (5x1)+1=6
Berikut ilustrasinya:

Begitu juga perlakuan pada angka 4 di angka 45. Perlakuannya sama dengan yang angka 5. Angka 4 di kalikan 3 hasinya 12 namun yang ditulis adalah angka 2 saja dengan posisi di bawah angka 1 pada angka 615. Selanjutnya angka 4 dikalikan angka 2 ditambah dengan 1 (puluhan angka 12) dan hasilnya 9. Kemudian mengalikan angka 4 dengan angka 1 dan hasilnya 4. Apabila kita gambar menjadi seperti berikut ini.
Cara menghitung perkalian dengan susun ke bawah

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penjumlahan ke bawah. Cara penjumlahannya adalah dari belakang. Angka 5 tetap, 1 ditambah 2 = 3, 6 ditambah 9 = 15 namun yang ditulis angka 5 saja dan untuk yang angka 1 akan ditambahkan ke angka 4 sehingga hasilnya 5. Ilustrasinya adalah sebagai berikut:
Cara Menghitung Perkalian Dasar

Kita akan mendapatkan perkalian angka 123 dengan 45 yaitu sebesar 5.535.

Baca juga : Cara Menghitung Diameter Lingkaran dan Cara Menghitung Luas Segitiga

Demikianlah artikel di aanwijzing.com yang berjudul Cara Menghitung Perkalian Dasar yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.