Uji Diri/Senam Dasar (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Uji Diri/Senam Dasar (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Uji Diri/Senam Dasar (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Asal kata senam yaitu berasal dari bahasa Yunani, Gymnos yang artinya tlanjang. Pada zaman dahulu, gerakan senam sangat sederhana karena variasinya masih sedikit. Namun seiring dengan perkembangan zaman karena pola hidup dan gaya hidup, senam pada zaman sekarang ini sudah banyak variasinya.

John Basedow merupakan orang yang mempopulerkan senam melalui sekolah senam tahun 1776, ia berkebagsaaan Jerman, kemudian dimodifikasi lebih modern oleh John CF. Gutsmut, kemudian ia dinobatkan sebagai bapak olahraga senam. Pada bab ini teman - teman akan belajar mengenai senam dasar dan senam lantai. Senam dasar meliputi gerak keseimbangan yang bertumpu pada kaki (Gerakan berdiri dengan satu kaki, Gerakan bagai kapal terbang, Jongkok dengan salah satu kaki diluruskan ke depan) dan selain kaki (Sikap lilin, Berdiri dengan kedua tangan, Berdiri dengan kepala). Senam lantai meliputi gerakan guling depan dan guling belakang dan neck keep.
Senam Dasar
Daftar Isi

A. Senam Dasar

1. Bentuk Keseimbangan Bertumpu pada Kaki
2. Bentuk Keseimbangan Bertumpu Pada Selain Kaki

B. Senam Lantai

1. Gerakan Guling ke Depan (Forward Roll)
2. Gerakan Guling ke Belakang (Back Roll)
3. Guling Lenting (Neck Keep)

Sesudah belajar mengenai Uji Diri/Senam Dasar ini, teman - teman diharapkan dapat:
  • Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, & juga tanggung jawab.
  • Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian, & juga tanggung jawab.
  • Mempraktikkan senam lantai guling depan.
  • Mempraktikkan senam lantai guling belakang.
  • Memiliki pengetahuan yang cukup tentang senam.
Demikian artikel penjas orkes yang berjudul Uji Diri/Senam Dasar (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.