Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya


Artikel yang terkait dengan judul :Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya

Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya ✓ Salah satu kegiatan di alam terbuka yaitu berkemah. Tujuan berkemah adalah dalam rangka untuk meningkatkan dan lebih mendekatkan kepedulian pada alam. Selain itu kegiatan di alam terbuka seperti halnya berkemah mempunyai manfaat sebagai sarana rekreasi, pendidikan, pengetahuan, dan mengenal alam secara lebih dekat. Dengan berkemah juga bisa melatih kemandirian, kerja sama, tanggung jawab, dan juga tenggang rasa. Terdapat dua hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan perkemahan, antara lain memilih lokasi dan memasang tenda. Berikut ini teman-teman akan akan belajar bareng tentang cara memilih lokasi perkemahan yang baik dan memasang tenda yang nyaman.
berkemah

Pemilihan Tempat Mendirikan Tenda Perkemahan & Teknik Dasar Pemasangan Tenda

Dafar Isi

1. Memilih Lokasi
2. Teknis Dasar Memasang Tenda
3. Nilai Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa

Ayo kita belajar dan membaca bersama.

Memilih Lokasi

Untuk sesusia kelas 7 SMP/MTs biasanya penrekamahan yang dilakukaan adalah disekitaran sekolah. Pemilihan tempat berkemah sebaiknya di tempat yang aman, nyaman, dan jauh dari bahaya baik itu yang berasal dari makhluk hidup (yang aman, nyaman, dan jauh dari bahaya) dan bahaya yang berasal dari lingkungan alam(banjir, tanah longsor, badai/angin kencang, dan pohon tumbang).
Pada umumnya berkemah dilakukan dalam jangka yang lama dan menginap, oleh karenanya memperhatikan tempat yang berikut ini:
  • Tidak jauh dari sumber air. Misalnya dekat dengan sungai.
  • Tidak terlalu jauh dari permukiman penduduk. Hal ini dikarenakan bahwa dalam alam terbuka, resiko atau bahaya selalu ada sehingga akan lebih mudah dalam mencari pertolongan dan perlindungan dari penduduk sekitar.
  • Tidak terlalu jauh dari lokasi yang menyediakan kebutuhan bahan pokok. Bagi peserta kemah, minimalnya membawa bekal yang secukupnya. Apabila bekal yang dibawa mengalami kekurangan atau habis, maka dengan mudah mencari tambahan kebutuhan pokok tersebut di pasar/warung yang menyediakan.
  • Tidak terlalu jauh dari lokasi pusat pelayanan kesehatan. Setiap peserta kemah pasti mempunyai ketahanan fisik yang berbeda-beda anatara peserta yang satu dengan peserta yang lainnya. Oleh sebab itu, dalam memudahkan perawatan kesehatan, lokasi perkemahan yang dipilih sebaiknya tidak jauh dengan pusat pelayanan kesehatan.
  • Tidak terlalu jauh dari jalan umum. Ini ditujukan supaya segala bentuk transportasi tidak mengalami kesulitan. Sebagai contohnya tidak mungkin memanggul barang bawaan yang berat untuk jangka yang lama

Teknis Dasar Memasang Tenda

Biasanya untuk kelas 7 berkemah (camping) dilakukan dengan cara beregu dan memilih lokasi tidak jauh dari sekolahnya. Lalu, bagaimana teman-temamn dalam menyiapkan segala peralatan dan memasang tendanya? Ayo kita belajar bersama.
  • Perlengkapan yang harus disediakan dalam melaksanakan perkemahan anatara lain: a). tenda/terpal dengan ukuran 2 x 3 m. b). pasak/paku dari kayu sebanyak 10 buah. c). tali temali panjangnya lebih kurang 20 meter. d). cangkul. e). dua batang bambu masing-masing berukuran 2 meter.
  • Teknis pemasangan tenda secara sederhana bisa dilakukan seperti yang berikut ini a). letakkan dua batang bambu kira-kira berjarak 3 meter, b). ikatkan tali di ujung kedua bambu tersebut,c). pasangkan tenda/terpal tepat di tengah-tengah tali, d). dirikan kedua bambu tersebut, e). tarik dua tali ke belakang dan depan, lalu tancapkan dengan pasak/paku dari kayu, f). ikatkan pinggiran tenda dengan pasak yang ada dengan jarak 0,5 meter g). buatkan parit di sekitaran tenda dengan memakai cangkul yang sudah disediakan.
Dengan demikian, maka sudah berdiri tenda untuk perkemahan yang sederhana. Supaya lebih terasa hangat pada saat tidur, beri alas plastik sebelum teman-teman menggelar tikar. Sebaiknya memilih tikar yang agak tebal, karena pada saat terjadi hujan teman-teman tidak terlalu terpengaruh oleh hawa yang dingin. Selain itu, supaya terhindar dari binatang melata, teman-teman dapat menaburkan garam di sekeliling tenda.

Nilai Kerja Sama, Tanggung Jawab, dan Tenggang Rasa

Pada kegiatan pramuka, setiap peserta dibagi dalam beberapa kelompok/regu. Setiap kelompok/regu memiliki suatu nama misalnya mengambil nama hewan, dan sebagainya. Berlkemah merupakan salah satu program pramuka. Setiap kelompok atau regu dipimpin oleh seorang ketua. Di setiap kelompok atau regu, para anggota akan saling bekerja sama dalam melaksanakan kewajibannya, baik ketua ataupun anggota regu, masing-masing mempunyai tugas dan tanggung jawab masing - masing. Sebagai contoh bentuk kerjasama dalam regu adalah pada saat membuat tenda perkemahan bersama-sama. Sebelum berangkat berkemah, masing-masing anggota akan mendapat tugas untuk membawa segala perlengkapankebutuhan kemahnya. Selanjutnya setelah sampai di lokasi, setiap anggota akan saling bekerja sama untuk mendirikan tenda. Masing-masing anggota akan menyiapkan perlengkapan bawaannya, yang selanjutnya dilakukan perakitan sebagaimana diuraikan dalam teknis dasar pemasangan tenda di atas. Itulah contoh bentuk kerja sama dan tanggung jawab dalam pemasangan tenda. Contoh kerja sama pada perkemahan yang lainnya adalah menyiapkan masakan untuk makan bersama. Setiap anggota kelompok diberikan tugas dan tanggung jawab supaya dilaksanakan memasak bersama. Ada anggota yang memasak nasi, ada juga yang menyiapkan bumbu masak, dan ada juga yang mencuci piring sehabis makan. Mereka harus melakukan tugasnya sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Baca juga : Renang dan Kebugaran Jasmani

Jika di dalam melaksanakan tugasnya dirasa tidak merata, maka anggota yang merasa lebih ringan harus mau membantu yang lainnya yang lebih berat. Antara satu sama yang lain dalam kelompok harus tertanam tenggang rasa yang mendalam. Adapun untuk nilai-nilai yang ada dalam kerja sama, tanggung jawab, dan juga tenggang rasa yaitu : a). kebersamaan menjadi terjalin lebih erat, b). solidaritas atau tenggang rasa, c). berpikir matang/dewasa.

Demikian artikel yang berjudul Pemilihan Tempat Untuk Mendirikan Tenda Perkemahan dan Teknik Dasar Pemasangannya yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.