Pengertian Akun Modal Sendiri


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Akun Modal Sendiri

Pengertian Akun Modal Sendiri ✓ Kita sering mendengar istilah modal, namun tahukah apa definisi dari modal itu? Untuk teman-teman yang mengambil jurusan akuntansi pastilah sudah sangat-sangat familier karena dalam materi akuntansi, akun modal merupakan salah satu elemen yang ada dalam laporan keuangan neraca pada sisi pasiva.

MODAL SENDIRI adalah perbedaan atau selisih antara aktiva dan hutang dan merupakan suatu kewajiban kepada pemilik usaha. Pada perusahaan perseorangan, akun modal ditunjukkan dengan nama modal. Untuk perusahaan yang dalam bentuk firma, modal ditunjukkan dengan rekening modal masing-masing anggota. Sedangkan untuk perusahaan yang dalam bentuk persero, modal ditunjukkan dengan nama rekening : 1). Modal disetor, 2). Laba tidak dibagi 3). Modal penilaian kembali, 4). Modal sumbangan 5)Modal lain-lain

Daftar isi

1. Modal disetor
2. Laba tidak dibagi
3. Modal penilaian kembali
4. Modal sumbangan
5. Modal lain-lain

Pengertian Akun Modal Sendiri

Modal Sendiri

Modal disetor

Pengertian modal sendiri adalah jumlah uang yang disetorkan oleh pemegang saham dan umumnya terbagi dalam 2 kelompok, antara lain:

a). Modal saham, adalah jumlah nominal saham yang beredar. Pada laporan keuangan neraca, cara penyajian modal saham yang beredar adalah sebagai berikut:

Modal statuter .............................. Rp. xx
(-) Saham dalam portepel ............ Rp. xx
Modal saham beredar .................. Rp. xx

b). Agio/ disagio saham, adalah selisih antara setoran pemegang saham dengan nilai nominal saham. Pengertian agio saham adalah selisih di atas nominal, sedangkan untuk disagio adalah selisih di bawah nominal

Laba tidak dibagi

Pengertian laba tidak dibagi yaitu akumulasi dari laba dari tahun sebelum-sebelumnya yang tidak dibagi sebagai deviden. Laba tidak dibagi ini merupakan elemen dari modal yang berasal dari dalam entitas usaha (perusahaan). Jika saldo laba tidak dibagi saldonya debit, disebut sebagai defisit. Saldo laba tidak dibagi tersebut dapat diminta sewaktu-waktu oleh pemilik (pemegang saham) sebagai deviden. Jika laba tidak dibagi tersebut tidak dijadikan deviden seluruhnya maka dapat dibuat cadangan-cadangan. Adapun cadangan yang bisa dibentuk antara lain : cadangan untuk ekspansi, cadangan perlunasan obligasi, cadangan penurunan harga persediaan dan lain sebagainya. Nilai laba tidak dibagi yang dicadangakan tidak dapat diminta lagi sebagai deviden. Penyajian laba tidak dibagi pada laporan keuangan neraca adalah sebagai berikut:

Laba tidak dibagi :
Untuk ekspansi ................................... Rp. xx
Untuk perlunasan obligasi .................. Rp. xx
Bebas .................................................. Rp. xx
                                                              Rp. xx

Modal penilaian kembali

Jika dilakuakan penilain kembali terhadap aktiva - aktiva yang dimiliki perusahaan, maka selisih antara nilai buku lama dengan nilai buku yang baru dicatat sebagai modal penilaian kembali. Penyajian modal penilaain kembali dalam neraca dilaporkan dalam golongan akun modal dan akan diakumulasikan dengan elemen modal yang lainnya.

Modal sumbangan

Munculnya modal sumbangan yaitu pada waktu perusahaan memperoleh aktiva yang asalnya dari sumbangan. Teknisnya aktiva akan dicatat dalam rekening aktiva dan diimbangi dengan modal sumbangan.Pada laporan keuangan neraca maka akun modal sumbangan akan disajikan dalam kelompok modal yang akan diakumulasikan dengan elemen modal yang lainnya.

Modal lain-lain

Pengertian modal lain-lain yaitu modal yang tidak dapat dimasukkan dalam kelompok modal disetor, laba tidak dibagi, modal penilaian kembali, odal sumbangan.

Itulah artikel Pengertian Akun Modal Sendiri yang semoga bermanfaat. Ayo belajar dan terus membaca.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.