Olahraga Bela Diri (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Olahraga Bela Diri (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Olahraga Bela Diri (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Pada bab bela diri ini, teman - teman akan belajar mengenai berbagai macam olahraga bela diri, dan yang dipelajari antara lain pencak silat, judo dan taekwondo.

Olahraga bela diri itu tak jauh berbeda dengan seni tari. Seluruh gerakan yang ada, apabila kita mau perhatikan, sama dengan halnya orang menari. Perbedaannya adalah, apabila olahraga bela diri gerakannya diperagakan secara cepat dengan dipandu aba-aba. Adapun untuk seni tari, gerakannya diperagakan secara perlahan atau agak cepat sesuai dengan nada atau irama yang mengiringi tariannya. Apakah di antara teman - teman yang pernah mengikuti olahraga seni bela diri? Apabila pernah mengikuti bela diri, maka cabang olahraga bela diri apakah yang dikuasai? Ayo kita belajar bersama memperdalam keilmuannya. Untuk yang belum pernah belajar olahraga bela diri, mari kita pelajari bersama tahap demi tahap.

Olahraga Bela Diri (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

bela diri
Dengan kita berlatih olahraga bela diri, bukan berarti kita berlatih untuk berkelahi. Olahraga bela diri mengajak kita supaya dapat bertindak secara disiplin, dapat menghormati sesama, dan bisa menghargai keberadaan teman. Coba teman - teman perhatikan pergaulan kakak - kakak kita yang telah menguasai salah satu cabang olahraga bela diri! Apabila bertemu, mereka akan saling memberi hormat antara yang satu dengan yang lainnya. Bagaimana dengan kalian teman?

Sesudah mempelajari bab tentang bela diri, kita diharapkan dapat:
1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat, judo, dan taekwondo.
2. Mempunyai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri.
3. Mempunyai pengetahuan tentang bela diri khususnya pencak silat, judo, dan taekwondo.

Teman – teman akan belajar mengenai 3 olah raga bela diri yang meliputi pencak silat, judo, dan taekwondo. Namun pembahasannya secara detail melalui link yang ada untuk masing – masing olah raga bela diri.

1. Pencak Silat

Sejak abad ke-7 bangsa Indonesia telah mengenal pencak silat dan merupakan hasil budaya Indonesia sendiri (rumpun melayu).

Daftar Isi

1. Prinsip-prinsip Bela Diri Pencak Silat
2. Fungsi Pencak Silat
4. Aturan pencak silat
Selengkapnya tentang olahraga pencak silat ada di : PENCAK SILAT

2. Judo
Pada awal abad ke 12 merupakan olahraga bela diri yang terkenal di negara jepang dengan nama jujitsu sebagai seni bela diri khusus kaum militer dalam rangka untuk menghadapi pasukan samurai.

Daftar Isi

1. Perlengkapan Judo
2. Teknik Dasar Judo
3. Teknik Judo


Selengkapnya tentang olahraga judo ada di : JUDO

3. Taekwondo

Olahraga bela diri taekwondo merupakan olahraga bela diri modern asalnya adalah dari negara Korea. Asal kata Taekwondo adalah dari kata tae, yang artinya (menghancurkan dengan tendangan); kwon, mempunyai arti tangan (menghantam dan mempertahankan diri dengan tangan), dan kata do, yang artinya seni (cara mendisiplinkan diri).

Daftar Isi

1. Kategori Pertandingan Taekwondo
2. Lapangan Taekwondo
3. Teknik Dasar Taekwondo

Selengkapnya tentang olahraga taekwondo ada di : TAEKWONDO

Demikian artikel tentang penjas orkes yang berjudul Olahraga Bela Diri (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) yang semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.