Utang : Pengertian, Penggolongan dan Contohnya


Artikel yang terkait dengan judul :Utang : Pengertian, Penggolongan dan Contohnya

Utang : Pengertian, Penggolongan dan Contohnya   Dalam laporan keuangan khususnya pada neraca terdapat akun hutang. Posisi akun hutang yaitu terdapat di bagian pasiva. Untuk mengetahui apa definisi dari hutang, pengelompokan-pengelompokannya serta contoh - contohnya, ayo kita belajar bersama.

Daftar isi

1. Utang lancar
2. Pendapatan yang diterima di muka
3. Utang jangka panjang
4. Hutang lain-lain

Utang : Pengertian, Penggolongan dan Contohnya

Pengertian, Penggolongan dan Contohnya

Utang lancar

Pengertian utang lancar atau utang jangka pendek adalah utang perusahaan yang dalam perlunasannya akan membutuhkan pemakaian sumber - sumber yang dikelompokkan dalam aktiva lancar atau dengan menimbulkan suatu utang baru.

Penggolongan utang lancar antara lain:
a). Hutang dagang. Adalah utang - utang yang timbul sebagai akibat dari pembelian barang dagangan atau jasa.
b). Hutang wesel. Adalah utang - utang yang menggunakan bukti tertulis berupa kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu.
c). Taksiran hutang pajak. Adalah jumlah pajak penghasilan yang diestimasi untuk laba periode yang bersangkutan.
d). Hutang biaya. Adalah biaya yang telah menjadi beban, namun belum dilakukan pembayaran. Contoh utang biaya adalah utang gaji, utang bunga, dsb.
e). Hutang - hutang lain yang akan dibayar dalam jangka 12 bulan. Utang yang perlunasannya tidak dilunasi dengan aktiva lancar tidak termasuk dalam penggolongan dalam kelompok ini.

Pendapatan yang diterima di muka

Adalah penerimaan - penerimaan dari perusahaan yang bukan merupakan pendapatan untuk periode berjalan (bersangkutan). Penerimaan semacam ini akan dilaporkan sebagai pendapatan yang diterima di muka sampai adanya pengakuan sebagai pendapatan. Contoh pendapatan diterima dimuka yaitu sewa diterima di muka.

Utang jangka panjang

Yaitu utang yang dalam melunsinya tidak memakai sumber - sumber yang diklompokkan dalam aktiva lancar

Hutang lain-lain

Pada kelompok utang lain - lain, merupakan semua hutang yang tidak bisa masuk ke di dalam hutang jangka pendek. pendapatan diterima di muka, dan hutang jangka panjang maka akan dimasukkan dalam kelompok hutang-lain-lain.  Sebagai contoh utang lain - lain adalah hutang obligasi yang perlunasannya dari dana perlunasan obligasi.

Itulah artikel dari aanwijzing tentang akuntansi yang berjudul Utang : Pengertian, Penggolongan dan Contohnya, semoga berkenan dan bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.