Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Atletik adalah olahraga yang paling tua. Mulai zaman dahulu manusia telah mengenal olahraga, yaitu berlari, berburu, lempar lembing, dan lain sebagainya. Olahraga atletik mengalami perkembangan menjadi cabang olahraga lainnya, oleh karenanya atletik disebut sebagai mother of sport, yaitu ibu dari segala cabang olahraga lainnya. Di zaman Yunani Kuno, juga diadakan atletik dengan tujuan yaitu untuk mencari orang yang terkuat, tercepat, dan tertinggi (portius, atletis, sitius). Atletik diperlombakan di Olimpiade modern pada tahun 1896 di kota Athena Yunani. Di negara kita (Indonesia), atletik dipertandingkan untuk pertama kalinya pada PON ke-1 di kota Solo di tahun 1948. Cabang Atletik meliputi jalan, lari, lompat, dan lempar. Dari cabang olahraga lari, lompat, dan lempat tersebut masih dibagi lagi dalam beberapa kategori nomor. Contohnya, dalam cabang olahraga lari dibagai menjadi 3 nomor, antara lain nomor lari jarang pendek, lari jarak menengah, dan lari jarak jauh dan sebagainya. Umuumnya, cabang atletik ini dilakukan di sebuah lapangan yang disebut track and fields atau lintasan dan lapangan.

Langkah awal untuk bisa menguasai olahraga atletik yaitu dengan latihan teknik-teknik dasar atletik. Apa saja yang menjadi teknik-teknik dasar atletik nomor lari, lompat, dan lempar? Bagaimana cara melakukan gerakan dari teknik-teknik dasar tersebut? Jawaban dari kedua pertanyaan tersebut di atas ada dalam materi berikut ini. Tujuan dari pembelajaran atletik ini yaitu : 1. Teman-teman dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar lari, lompat tinggi, tolak peluru, lempar  lembing, dan lempar cakram. 2. Mempunyai sikap sportif, percaya diri, toleransi, dan menjaga keselamatan diri dan orang lain. 3. Memiliki pengetahuan tentang atletik.

Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Atletik

1. Nomor Lempar/Tolak

Nomor lempar/ tolak adalah termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga atletik yang dipertandingkan. Macam - macam nomor lempar/tolak, terdiri atas : 1). Tolak peluru 2). Lempar cakram 3). Lempar lembing 4). Lempar martil.

Selengkapnya tentang Nomor lempar/ Tolah ada di Atletik : Nomor Lempar/ Tolak

2. Olahraga Lompat

Lompat adalah merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga atletik. Definisi olahraga lompat adalah bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah atau ke atas) dan secara cepat menurunkannya kembali. Nomor lompat yang dipertandingkan terdiri dari: 1. Lompat jauh; 2. Lompat tinggi; 3. Lompat galah; 4. Lompat jangkit.

Selengkapnya ada di : Olahraga Lompat

3. Olahraga Lari

Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Olahraga lari merupakan salah satu dari cabang yang ada dalam atletik. Pengertian lari yaitu gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi.

Selengkapnya ada di : Olahraga Lari

Terimakasih atas kunjungannya di aanwijzing.com ini.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.