Permainan Softball (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Permainan Softball (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan Softball (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) ✓ Permainan ini untuk pertamakalinya diciptakan oleh George Hansock (Amerika Serikat) dan untuk pertama kali dimainkan di Chicago. Peraturan permainan softball dibuat oleh Lewis Robert pada tahun 1906. Kemudian pada tahun 1916 diperbaiki oleh Matthew. Pada tahun 1930, adanya perubahan permainan dari indoor ke outdoor oleh H. Fischer dan M.J. Ponley. Selanjutnya pada tahun 1968, permainan ini diperkenalkan di kawasan Asia, pada waktu dilakukan kejuaraan di Manila. Softball untuk pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada PON VII yang berlangsung di Surabaya pada tahun 1969.

Daftar isi:

1. Peraturan Permainan Softball
2. Cara-cara Bermain Softball
3. Beberapa Hal Penting dalam Permainan Softball
4. Faktor Keselamatan

Permainan Softball (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan Softball

Peraturan Permainan Softball

a. Lapangan Softball
Bentuk lapangan softball adalah berbentuk segi empat, untuk panjang setiap sisinya yaitu 16,76 m. Berikut ni merupakan ukuran lapangan softball.
1. Panjang setiap sisinya : 16,76 m.
2. Jarak dari home base ke tempat pelempar yaitu : 13,07 m.
3. Tempat pelempar berdiri (pitcher plate), mempunyai ukuran : ± 60 × 15 m.
4. Permainan softball mempunyai 3 tempat hinggap bagi pelari yang disebut base.
Tempat hinggap ini (Base) terdiri atas base I, II, dan III, sedang base IV langsung dilewati. Base IV adalah merupakan tempat untuk memukul (home base). Untuk setiap base terbuat dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, yang ukuran basenya yaitu 38 × 38 cm dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 × 21,5/22 cm sisi puncaknya berukuran 30 cm. 5. Perpanjangan garis dari home base ke base I dan II disebut garis batas/ sektor, fungsinya yaitu untuk menentukan bola itu jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.

b. Perlengkapan pemain Softball
Perlengkapan Softball
Setiap tim Softball diwajibkan untuk memakai seragam softball dan topi yang bernomor, serta alat lain untuk penjaga.

Perlengkapan untuk para penjaga dalam permainan softball, antara lain terdiri dari:
1. Pemain penjaga memakai glove (semacam sarung tangan) yang terbuat dari kulit agak tebal, dengan ukuran 38 × 38 cm dan untuk beratnya yaitu 283 gram. Untuk penjaga belakang atau Catcher, selain memakai glove juga memakai pelindung muka atau kepala yang disebut masker/face mark dan pelindung badan yang dinamakan body protector.
2. Bola terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri dari campuran gabus dan karet. Lingkaran bola adalah 30 cm dan berat bola yaitu 190 gram.
3. Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB PERBASASI yaitu yang panjangnya tidak lebih dari 40 cm.

Cara-cara Bermain Softball

a. Peraturan permainan
Peraturan permainan softball, meliputi:
1. Jumlah pemain untuk setiap regunya terdiri atas 9 orang.
2. Pertandingan sofball dipimpin oleh wasit, di setiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire.
3. Lamanya permainan softball ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning. Adapun yang dimaksud dengan satu inning yaitu setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga.

b. Permainan
1. Untuk menentukan siapa yang akan menjadi regu penjaga (home team/HT) dan siapa regu (visiting team/VT) harus dilakukan undian (toss) dengan uang logam.
2. Permainan dilakukan sebanyak tujuh inning. Untuk pertandingan antarsekolah bisa dibatasi dengan waktu 1½ jam, namun dengan catatan telah mencapai 5 inning penuh (perjanjian setempat).
3. Jika suatu regu tidak datang di lapangan pada waktu bertanding, maka regu tersebut dinyatakan kalah, dan regu yang menang memperoleh nilai 7- 0.
4. Nilai tidak dihitung apabiila terjadinya bersamaan dengan terjadinya out yang ke-3 di first base atau di katuk di tempat lain (sebelum mencapai base).

c. Pitching
1. Pitcher harus dalam posisi berdiri di pitcher's plate atau kedua kaki cukup menyentuh plate dengan tumit ujung kaki.
2. Pitcher harus menghadap ke batter.
3. Pitcher harus memegang bola apabila akan melakukan pitching dan harus di depan badan.
4. Pada waktu melakukan pitching, pitcher hanya boleh melangkah satu langkah ke depan/ke arah batter dan gerakan harus simultan.
5. Putaran lengan hanya satu kali (ke belakang).
6. Pitcher hanya boleh melakukan penahanan bola selama 30 detik.
7. Antarkotak bola dengan glove paling cepat 2 (dua) glove.
8. Pelanggaran atas ketentuan-ketentuan tersebut di atas oleh pitcher, dinyatakan ilegal pitch (tidak sah),
9. Apabila terjadi ilegal pitch, maka bola dinyatakan mati, pelari dari base maju satu base, pemukul (batter) memperoleh tambahan bola.
Permainan Softball
d. Batting
1. Pemukul harus berdiri di dalam batter's box, karena apabila salah satu kaki keluar dari batter's box pada saat pemukul bola dan kena, baik fair ball maupun foul ball, maka dinyatakan mati (out).
2. Pemukul harus sesuai dengan urutan pemukul atau harus sesuai dengan daftar pemain yang ada di panitia.
3. Jika terjadi out ke-3 (mati ke-3) pada saat seorang batter belum menyelesaikan gilirannya maka dia akan menjadi pemukul pertama pada inning berikutnya.
Permainan Softball

e. Strike
Strike dinyatakan kepada batter, jika:
1). Pemukul berhasil atau tidak berhasil memukul bola dari pitcher yang masuk strike zone maupun yang tidak termasuk strike zone; jika hal itu terjadi pada strike III dan ditangkap catcher, batter, dinyatakan out. Atau apabila kurang dari 2 out, bola dilepaskan oleh catcher dan first base ada pelari, batter dinyatakan out.
2). Foul tape yang ditangkap catcher.
3). Foul ball yang terjadi sebelum pukulan ke tiga & tidak tertangkap oleh fielder (penjaga).
4). Bola dari pitcher yang dipukul oleh batter akan tetapi tidak kena.

f. Sliding
Sliding, adalah berhenti pada suatu base sambil mengerem dengan cara menjatuhkan badan ke muka atau ke belakang agar sukar di-tick.

g. Mematikan lawan (men-tick)
Pelaksanaannya:
1. Tick sebelum pelari mencapai di base (bola tidak diijinkan dilepas oleh penjaga).
2. Apabila seorang berlari menuju suatu base maka cukup menginjak base yang akan dituju pelari.
3. Regu pemukul dinyatakan 3 kali mati, maka diadakan pertukaran posisi jaga.
Permainan Softball

h. Cara mendapatkan angka
Pelaksanaannya: 1). Setiap pelari dengan pukulan yang baik dan bisa kembali melampaui home base mendapatkan nilai 1 (satu), pemain tetap ada di base (tidak keluar). 2). Bola dipukul melambung, langsung dinyatakan mati serta pelari lain harus kembali ke base yang semula ditempati supaya tidak dibakar basenya, pelari yang kembali bisa di-tick. 3). Home run, terjadi jika bola yang dipukul tidak bisa dilakukan penangkapan, dengan nilai 2.

Beberapa Hal Penting dalam Permainan Softball

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan pada permainan softball, antara lain:
a. Terjadi masalah di lapangan, apabila terdapat pemain yang melakukan gerakan yang salah pada waktu melambungkan bola atau ada pemain yang mengganggu.
b. Jika terjadi angka seri sampai dengan inning 7, maka pertandingan softball dilanjutkan dengan inning, dan apabila kondisinya masih seri serta kondisi tidak memungkinkan maka pertandingan diulang.
c. Tim yang menolak untuk bermain pada waktu yang sudah ditentukan atau play ball maka dinyatakan kalah 7–0.
d. Time out 1 (satu) kali setiap inning selama 1 menit.

Faktor Keselamatan

Untuk faktor keselamatan softball, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
a. Setiap tim berpakaian softball dan cap. Di depan pakaian dituliskan nama daerah atau klub, sedangkan untuk pada bagian belakang adalah nomor punggung.
b. Pemain penjaga memakai sarung tangan (glove) yang terbuat dari kulit agak tebal dengan ukuran ± 283,33 gram. Untuk pemain belakang atau catcher dilengkapi juga dengan pelindung muka (face masker), pelindung kepala (head masker), dan pelindung badan (body protector).
c. Pemukul (stick) yaitu yang sesuai dengan ketentuan seperti yang dikeluarkan oleh PB Perbasasi, panjang kayu ± 40 cm.
d. Bola dibikin dari kulit berwarna putih yang ukuran beratnya ± 190 gram dengan keliling bola 30 cm.

Artikel lainnya: Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Dalam usaha lebih memperkenalkan olahraga sofbol ke kalangan masyarakat, maka PB Perbasasi membentuk Liga Sofbol Indonesia. Terimakasih banyak telah berkunjung di blog aanwijzing dengan judul Permainan Softball (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7). Semoga olahraga softball Indonesia bisa menjadi olahraga yang lebih maju lagi.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.