Olahraga Lompat (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Olahraga Lompat (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Olahraga Lompat (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Lompat merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga atletik. Pengertian olahraga lompat adalah bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah atau ke atas) dan secara cepat menurunkannya kembali. Jenis-jenis atau nomor lompat terdiri atas: 1. Lompat jauh; 2. Lompat tinggi; 3. Lompat galah; 4. Lompat jangkit.
Olahraga Lompat (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)
lompat

Baca juga: Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Akan tetapi pada pembahasan kali ini, kita hanya akan belajar tentang lompat jauh dan lompat tinggi.

1. Lompat Jauh (Long Jump)
Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dengan cara bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau. Teknik dasar lompat jauh dipelajari lewat gerakan awalan, tumpuan, saat melayang di udara, dan mendarat. Fungsinya yaitu untuk mencapai lompatan sejauh mungkin dengan benar dan juga selamat.

a. Teknik awalan
Teknik awalan lompat jauh adalah. 1). Berdiri, kaki terbuka, salah satu kaki ke depan. 2). Melakukan gerakan ancang-ancang 30 sampai 40 m, mulai pergerakan lari lambat, lari dipercepat, hingga di papan tumpuan.

b. Teknik tumpuan
Teknik tumpuan lompat jauh adalah. 1). Tolakan dilakukan dengan menggunakan kaki yang kuat, aktif, dan cepat di papan tumpuan. 2). Pinggang bergerak lurus ke depan. 3. Kedua tangan ayun ke depan. 4. Kedua kaki lurus ke depan.

c. Teknik saat melayang di udara
Teknik saat melayang di udara lompat jauh, yaitu. 1). Kedua kaki diluruskan dan cepat dibengkokkan. 2). Badan melayang condong ke depan. 3). Kedua tangan membantu ayunan tubuh.

d. Mendarat
Pada waktu mendarat, hindari gerakan tubuh berat ke belakang, sebab akan mengurangi daya dorong ke depan. Teknik mendarat lompat jauh adalah: 1). Kedua kaki lurus sebelum mendarat lalu dibengkokkan. 2). Badan condong ke depan. 3). Kedua lengan diayun ke belakang. 4). Punggung didorong maksimal ke depan.

Berikut merupakan perihal yang harus dihindari dalam melakukan olahraga lompat jauh, di antaranya: a). Jangan mengubah kecepatan lari. b). Latihan secara berulang-ulang pada saat kaki tumpuan. c). Badan miring jauh ke depan. d). Melayang tak seimbang. e). Hindari mendarat dengan memakai satu kaki.
Lapangan Lompat Jauh

Lapangam Lompat Jauh
2. Lompat Tinggi (High Jump)
lompat tinggi

Tahap latihan lompat tinggi dimulai dari tahap pengenalan, lompat tinggi sederhana dengan mistar rendah, atau tahap lompat tinggi tanpa mistar.

Teknik dasar dipelajari dalam rangka untuk mencapai lompatan setinggi mungkin dengan benar dan juga selamat.

a. Teknik awalan lompat tinggi
Tahap awalan maksudnya yaitu untuk bersiap-siap melakukan tolakan. Tiga hingga tujuh langkah dan langkah terakhir panjang, dan berat badan ada di belakang. Arah lari ± 40° dari mistar. Dalam hal melakukan awalan dibutuhkan kecepatan untuk memberikan momentum terhadap badan saat melewati mistar. Oleh sebab itu, dalam awalan dibutuhkan kecepatan tinggi.

b. Teknik tolakan (tumpuan) lompat tinggi
Tahap tolakan merupakan hal yang penting untuk dipelajari supaya menciptakan tolakan yang maksimum dan cepat secara vertikal, tahap gerakannya: 1). Pilih salah satu kaki yang kuat, untuk menolak ke depan pada tumit. 2). Kaki yang lainnya berfungsi membantu tolakan ke atas untuk mengangkat badan melewati mistar. 3. Badan diangkat berguling di atas mistar.

c. Melayang pada lompat tinggi
Pada waktu melayang, anggota badan tidak diperkenankan menjatuhkan mistar, apabila mistar terjatuh, maka lompatan dinyatakan tidak sah. Diulang sampai 3 kali lompatan. Teknik melayang tersebut adalah: 1). Posisi dari badan dipertahankan di atas mistar & berguling. 2). Kedua tangan diayunkan mengikuti gerakan badan berguling.

d. Pendaratan olahraga lompat tinggi
pendaratan lompat tinggi

Dalam hal pendaratan harus hati-hati dalam rangka untuk menghindari kecelakaan atau cedera olahraga, olehkarenanya pada waktu mendarat adalah dengan menjatuhkan badan pada bagian belakang bahu atau punggung atau bagian belakang kepala.

Itulah artikel penjas orkes di aanwijzing.com yang berjudul Olahraga Lompat (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.