Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) ✓ Olahraga lari merupakan salah satu cabang yang ada dalam atletik. Pengertian lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi. Sedangkan nomor-nomor/ macam macam lari terdiri dari:
1. Lari jarak pendek: a). putra berjarak 100 m, 200 m, dan 400 m b). putri berjarak 100 m, 200 m, dan juga 400 m
2. Lari jarak menengah: a). putra berjarak 800 m, 1.500 m, 3.000 m (special chosse) b). putri berjarak  800 m, 1.500m, 3.000 m
3. Lari jarak jauh, putra berjarak  5.000 m, 10.000 m
4. Jalan cepat: a). putra berjarak  10 km, 20 km b). putri berjarak  5 km, 10 km
5. Lari estafet: a). putra berjarak 4 × 100 m, 4 × 400 m b). putri berjarak  4 × 100 m, 4 × 400 m
6. Lari gawang: a). putra berjarak  110 m, 400 m b). putri berjarak  100 m, 400 m
7. Lari maraton putra/ putri berjarak  42,195 k
lapangan olahraga lari

Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Olahraga Lari
Pembahasan lari di kelas 7 ini yaitu tentang lari jarak pendek. Hal-hal yang wajib untuk dipelajari dalam lari jarak pendek (sprint) yaitu teknik start, gerakan lari, dan gerakan masuk finis. Untuk seorang pelari jarak pendek (sprinter) kunci pertama adalah penguasaan terhadap teknik start. Keterlambatan pada saat start atau ketidakcermatan dalam melakukan start dapat merugikan pelari itu sendiri.

1. Teknik Dasar Lari Jarak Pendek
Aba-aba bersedia, posisi badan dibungkukkan, kemudian posisi kedua tangan diletakkan di belakang garis start. Pada aba-aba siap, lutut diangkat, kedua kaki sedikit bergerak, pandangan mata ke depan, namun pendek. Pada aba-aba yaa atau adanya bunyi pistol, secara pelari secara refleks bertolak ke depan.
a. Sikap melangkah. Kaki diangkat kemudian ditekuk dengan cara bergantian, kemudian kaki digerakkan ke depan, jari-jari kaki sempit.
b. Sikap badan. Yaitu sikap badan bergerak ke depan, kaki menumpu dan mendorong pinggul ke depan.
c. Sikap tangan. Kedua tangan mengayun mengimbangi gerakan kedua kaki.
d. Pandangan. Pandangan mata mengarah ke depan ± 10 m.

2. Start
Macam-macam start dalam nomor lari terbagi menjadi 3 macam, antara lain: a. Start berdiri (standing start). Untuk start berdiri dipakai dalam lari jarak menengah dan jarak jauh. b. Start melayang (flying start). Pada start melayang dipakai oleh pelari II, III, dan IV lari dalam lari estafet 4 × 100 m. c. Start jongkok (cruched start). Sedangkan start jongkok dipakai dalam lari jarak pendek. Start jongkok terbagi menjadi 3 macam start, antara lain: 1. Start pendek (bunch start) 2. Start menengah (medium start) 3. Start panjang (long start)

Baca juga: Atletik (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)

Cara melakukan start jongkok yaitu
a. Lutut kaki belakang diposisikan atau diletakkan pada ujung kaki yang di depan dengan jarak satu kepal tangan.
b. Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu. Telapak tangan (jari-jari) letakkan di belakang garis start. c. Pandangan mata lurus ke depan lintasan. 
d. Berat badan berada di kedua tangan. Pada waktu ada aba-aba, ya memindahkan gerak ke depan. Aba-aba start: bersedia, siap, ya! (bunyi pistol/peluit), maka seorang pelari akan refleks melesat bertolak ke depan.

3. Teknik Lari
Teknik lari dilakukan dengan cara: a). Langkah atau gerakan kaki adalah selebar dan dilakukan secepat mungkin. b). Pendaratan kaki pada ujung telapak kaki. c. Sikap badan condong ke depan.

4. Akhir Lari/Finis
Pengertian finis adalah penyelesaian akhir lari. Terdapat 3 macam cara untuk masuk finis, yaitu: a. Lari terus tanpa berhenti tanpa mengurangi kecepatan. b. Pada waktu menyentuh pita, posisi dada dicondongkan ke arah depan dan kedua tangan diayun ke belakang. c. Pada waktu menyentuh bola, posisi dada diputar dengan ayunan tangan ke depan.

Demikianlah artikel tentang pendidikan dan olahraga yag berjudul Olahraga Lari : Macam-macam Lari, Teknik Lari Jarak Pendek (Materi Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7) yang semoga saja dapat memberi manfaat. Dengan mempelajari tentang lari kita akan lebih tahu tentang seputar olah raga atletik yang satu ini. Terimakasih telah mampir di blog aanwijzing.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.