Permainan Tenis Meja (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Permainan Tenis Meja (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan Tenis Meja (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) ✓ Tenis meja merupakan permainan bola tangkis di atas meja yang dimainkan oleh dua orang atau bisa juga empat orang dengan menggunakan bet dan bola kecil yang terbuat dari plastik. Pada tengah-tengah meja dipasang net yang tegak lurus yang berguna untuk memisahkan bidang permainan. Olahraga tenis meja telah terkenal di Inggris pada abad ke-19 dengan nama pingpong, gossima, dan whiff-whoff. Kemudian pada tanggal 15 Januari 1926, tenis meja resmi bernama table tennis atas prakarsa George Lehman dari Jerman.

Permainan Tenis Meja (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Tenis Meja
Pada tahun 1948, di Indonesia dibentuk Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia (PPSI) di Surabaya. Dan pada PON I Solo tahun 1948, permainan tenis meja dimainkan. Selanjutnya pada tahun 1951, PPSI diubah namanya menjadi PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).
Langkah awal dalam menguasai tenis meja yaitu dengan mempelajari teknik-teknik dasarnya terlebih dulu. Adapun untuk teknik dasar tenis meja, antara lain:

1. Teknik Memegang Bet

Teknik Memegang Bet

Terdapat 2 teknik memegang bet (grip), yaitu:

a. Pegangan berjabat tangan (shakehand grip)
Cara melakukannya adalah seperti yang berikut ini. - Bagian depan gagang bet dipegang melingkar oleh ibu jari dan juga oleh ketiga jari lainnya, jari telunjuk terpisah menahan di belakang bet. - Posisi bet adalah berdiri yang mengarah ke depan dan ke belakang pemain.

b. Pegangan seperti memegang pena (penholder grip)
Cara melakukannya adalah seperti yang berikut ini. - Bagian depan gagang bet dipegang melingkar oleh ibu jari dan juga jari telunjuk. Untuk ketiga jari lainnya menahan di belakang gagang bet. - Pegangan ini dipakai oleh pemain yang mempunyai tipe menyerang dengan pukulan forehand drive yang merupakan satu-satunya andalan dalam pertandingan tenis meja.

2. Menerima Bola (Stance) dalam Tenis Meja

cara menerima bola dalam tenis meja
Ada dua macam cara menerima bola dalam tenis meja, yaitu: a). Square stance, artinya posisi dari kaki sejajar, badan menghadap penuh ke meja. b). Side stance, artinya posisi badan menyamping, salah satu dari kaki ditempatkan di depan dan di belakang (zig-zag).

3. Gerakan Kaki (Footwork) dalam Tenis Meja

Arah gerakan kaki ke samping kiri dan ke kanan atau diagonal.

Baca juga : Bola Basket

4. Pukulan (Stroke) dalam Tenis Meja

Teknik pukulan yang ada antara lain: forehand, backhand, push, drive, blok, chop, servis, dan spin.

a. Forehand

Forehand
Teknik pukulan forehand bisa dilakukan dengan cara yang berikut ini: 1). Sikap badan menyamping. 2). Kemudian ayunkan lengan, punggung tangan membelakangi net. 3). Atur tenaga pada waktu perkenaan bola. 4). Gerakan lanjutan dilakukan sesudah melakukan pukulan bola hingga tangan menyilang.

b. Backhand

Backhand
Teknik pukulan backhand bisa dilakukan dengan cara berikut: 1). Badan menyamping, condong ke depan, lutut sedikit ditekuk. 2). Tangan memegang bet. 3). Kemudian ayunkan tangan dari dalam ke luar badan. 4). Selanjutnya ayunkan tangan hingga ke samping badan.

c. Servis

Teknik pukulan servis bisa dilakukan dengan cara: 1). Posisi bola diletakan di telapak tangan dan tangan yang lainnya memegang bet. 2). Bet dan tangan yang bebas di atas meja. 3). Bet dan tangan yang bebas di belakang garis. 4). Lambungkan bola ke atas. 5). Kemudian pukul bola pada waktu turun. 6). Selanjutnya ayunkan tangan ke depan atau samping badan. 7). Bola memantul sekali di kedua sisi meja.

d. Spin

Teknik pukulan spin dilakukan dengan cara yaitu bola dipukul (sedikit digesek) supaya bola menjadi berputar.

e. Push

Teknik pukulan yang dilakukan dengan cara melakukan dorongan terhadap bola.

f. Chop

Teknik pukulan dengan cara yaitu memotong arah gerakan bola.

g. Drive

Teknik memukul dengan memakai bet dari bawah serong ke atas bet tertutup.

h. Lob

Teknik memukul bola lambung.

i. Smash

Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan juga tajam.

Perlengkapan Tenis Meja

a. Meja
Mempunyai bentuk persegi panjang yang mana panjangnya 2,74 m, dan lebar 1,525 m, serta tinggi 76 cm. Semua dari tepi permukaan meja diberi garis putih serta garis tengah.

b. Net
Untuk tinggi net yaitu 15,25 cm dengan panjang net 1,5 m dan batas perpanjangan 15,25 cm.

c. Bola Berat bola yaitu 2,7 gram dengan diameter 40 mm yang terbuat dari celulose (celluloid), plastik berwarna putih atau orange, dan tidak pudar.

d. Raket/bet
Raket 85% terbuat dari kayu, kedua sisi bet yang dipakai untuk memukul bola harus dilapisi karet.

Artikel lainnya: Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Demikian artikel yang berjudul Permainan Tenis Meja (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) yang semoga bermanfaat.

Selengkapnya materi penjas orkes kelas 7 ada di Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjas Orkes) SMP/MTs Kelas 7

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.