Permainan dan Olahraga Bola Besar (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)


Artikel yang terkait dengan judul :Permainan dan Olahraga Bola Besar (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan dan Olahraga Bola Besar (Materi Pelajaran Penjas Orkes SMP/MTs Kelas 7)  ✓ Pada bab ini, teman-teman akan belajar mengenai bermacam permainan dan olahraga beregu bola besar. Permainan bola besar, seperti halnya sepak bola, bola voli, dan juga bola basket telah dikenal luas oleh masyarakat. Pada permainan sepak bola, bola voli, dan bola basket cara permainannya adalah secara beregu dan membutuhkan kerja sama tim yang bagus. Langkah awal yang harus dijalankan yaitu harus menguasai dulu teknik-teknik dasar dari permainan bola besar tersebut.

Sesudah teman-teman mempelajari tentang Permainan dan Olahraga Bola Besar ini mPilihan
aka diharapkan dapat: 1. Dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar sepak bola, bola voli, dan juga bola basket. 2. Selanjutnya adalah dapat mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar bola basket. 3. Melakukan koordinasi yang baik, kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, dan menjunjung sportif. 4. Memiliki pengetahuan mengenai sepak bola, bola voli, beserta basket.

Permainan dan Olahraga Bola Besar (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7)

Permainan dan Olahraga Bola Besar
Permainan sepak bola asanya adalah dari negara Inggris. F.A. (Football Association) didirikan di Inggris yaitu pada tanggal 26 Oktober 1863. Sedangkan FIFA (Federation International de Football Association) didirikan di Paris, Prancis, tepatnya pada tanggal 21 Mei 1904. Di Indonesia mengenal permainan sepak bola, sejak tahun 1930, dengan dibentuknya PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) di Yogyakarta. Teknik dasar permainan sepak bola yaitu menendang bola, menghentikan bola, menggiring bola, menyundul bola, dan melempar bola. Posisi pemain sepak bola terdiri dari 4 bagian, yaitu a). penjaga gawang, b). pemain belakang, c). pemain tengah, dan d). pemain depan.

Masalah (konflik) yang sering muncul dalam permainan sepak bola yaitu lebih banyak dikarenakan adanya pelanggaran ringan, sedang, dan pelanggaran berat. Masalah tersebut akan selesai ditangan wasit. Sebagai seorang wasit, berkuasa penuh di lapangan. Wasit harus bertindak adil dan disiplin dalam menjalankan ketentuan permainan yang dipimpinnya. Waktu permainan sepakbola yaitu 2 × 45 menit dengan waktu istirahat 15 menit.

Sedangkan untuk bola voli diciptakan oleh William G. Morgan tepatnya pada tahun 1895. Tahun 1948 kemudian didirikan IVBF (International Volley Ball Federation). Pada tahun 1928, bangsa Indonesia mengenal permainan bola voli dan pada tanggal 22 Januari 1955, di Jakarta didirikan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Teknik dasar bola voli yaitu servis, passing, smash, dan block. Untuk komposisi pemain terdiri dari 6 pemain, yaitu 4 sebagai smasher, 1 sebagai tosser, dan 1 all around player.

Permainan bola basket diciptakan oleh seorang yang bernama James A. Naismith, kemudian pada tahun 1891 di YMCA (Young Man Christian Association), Massachussett, Amerika Serikat. Teknik dasar bola basket antara lain meliputi dribel, passing, shooting, pivot, lay up, dan juga rebound. Koordinasi gerakan antar pemain, yaitu defensive (bertahan) dan offensive (menyerang).

Berikut link yang membahas PERMAINAN dan OLAHRAGA BOLA BESAR yang meliputi Permainan Sepak Bola, Bola Voli dan Bola Basket.

A. PERMAINAN SEPAK BOLA

Permainan Sepak Bola (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) - Sepak bola adalah suatupermainan yang dilakukan dengan cara beregu dan masing-masing regu berjumlah 11 orang pemain. Permainannya yaitu berupa menendang bola yang diperebutkan lalu memasukkan bola di gawang lawan. Bersamaan dengan hal itu, bagi para pemain sepak bola harus mempertahankan supaya tidak kemasukan.

Pada permainan sepak bola yang sebenarnya, para pemain akan bermain di lapangan yang mempunyai bentuk empat persegi panjang. Adapun bola yang digunakan yaitu menggunakan ukuran tertentu, tidak asal bola.

Daftar Isi:

1.  Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola
Selengkapnya tentang sepak bola ada di PERMAINAN SEPAK BOLA

B. PERMAINAN BOLA VOLI

Permainan Bola Voli (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) ✓ Penemu atau pencipta atas permainan bola voli adalah William G. Morgan pada tahun 1895. William G. Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani di YMCA (Young Man Christian Association) Holyoke, Massachusetts, Amerika. Sebutan untuk permainan bola voli pada saat itu yaitu bernama minonette. Untuk tujuan permaina tersebut yaitu untuk kesegaran jasmani secara massal. Pada waktu Perang Dunia I, permainan bola voli disebarluaskan oleh para tentara sekutu ke negara-negara Eropa dan Asia, terutama negara Jepang, Cina, India, Filipina, Prancis, Portugis, Rusia, Estonia, Latvia, Cheska, Rumania, dan juga Yugoslavia, serta negara Jerman.

Lalu di tahun 1948 dibentuk federasi yang bernama IVBF (International Volley Ball Federation) yang anggotanya terdiri atas15 negara. Untuk negara Indonesia mulai mengenal permainan voli sejak tahun 1928 melalui para serdadu Belanda. Tidak lama kemudian dari pada itu, berbagai klub bola voli di tanah air bermunculan. Berdirinya PBVSI yaitu pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. PBVSI merupakan kependaekan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Bola voli merupakan permainan secara beregu bola besar yang dimainkan oleh dua regu, dan untuk setiap regu terdiri atas 6 orang pemain. Permainan bola voli memerlukan suatu koordinasi dan kerja sama yang baik dalam sebuah tim. Selain hal itu, teknik - teknik dasar permainan bola voli harus matang dan wajib juga untuk dikuasai. Teknik dasar yang wajib untuk dikuasai dalam permainan bola voli, antara lain servis, passing, smes, dan juga blok.

Daftar Isi

1. Teknik Dasar Servis
2. Passing
3. Penerimaan Bola Langsung dari Pihak Lawan (Receive)
4. Smash
5. Blok (Bendungan)

Link untuk selengkapnya tentang bola voli dapat dilihat di : permainan bola voli

C. PERMAINAN BOLA BASKET

Permainan Bola Basket (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) ✓ Pencipta permainan bola basket bernama James A. Naismith pada tahun 1891 di YMCA (Young Man Christian Association), Massachusett, Amerika Serikat.

Permainan bola basket mulai masuk ke negara Indonesia oleh karena dibawa oleh bangsa Belanda dan yang memperkenalkan adalah Tonny When Dai Wimlatumenten. Lalu permainan bola basket dipertandingkan dalam PON I yang diselenggarakan di Solo pada tahun 1948.
Dalam setiap pertandingan, permainan bola basket dibagi menjadi 2 regu dan untuk setiap regunya terdiri dari 5 pemain. Permainan basket memerlukan kerja sama dan koordinasi yang baik. Selain cara bermain bola basket hal yang harus dikuasai adalah teknik-teknik dasar permainan basket.
Teknik-teknik dasar permainan bola basket, meliputi: a). Dribbling (menggiring bola), b). passing (mengoper), c). shooting (menembak), dan lain-lain.

Untuk link bola basket dapat di lihat di : SINI

Terimakasih telah mampir di Permainan dan Olahraga Bola Besar (Materi Pelajaran SMP/MTs Kelas 7) yang semoga dapat memberi manfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.