✓ Tumbuhan Hijau (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)


Artikel yang terkait dengan judul :✓ Tumbuhan Hijau (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Tumbuhan Hijau (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5) ✓ Tujuan dari pembelajaran tentang tumbuhan hijau yaitu supaya teman-teman bisa mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan. Selain itu supaya teman-teman bisa menjelaskan dan dapat menggambarkan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. Tumbuhan adalah merupakan makhluk hidup yang bisa melakukan pengolahan makanan sendiri. Oleh sebab itu tumbuhan hijau disebut produsen. Pada tumbuhan hijau dalam membuat makanannya ada di daun. Zat yang membuat tumbuhan hijau dapat mengolah makanan sendiri disebut zat hijau daun atau dikenal dengan sebutan klorofil. Kemudian makanan dari daun akan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh tumbuhan. Sebagian nya disimpan yang dipakai sebagai cadangan makanan.

Daftar Isi:

1. PROSES TUMBUHAN HIJAU MENGOLAH MAKANAN
2. MANUSIA DAN HEWAN BERGANTUNG PADA TUMBUHAN HIJAU

Tumbuhan Hijau (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5)

Tumbuhan Hijau

A. PROSES TUMBUHAN HIJAU MENGOLAH MAKANAN

1. Fotosintesis
Pengertian fotosintesis adalah proses pengolahan makanan pada tumbuhan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan yaitu air (H2O) dan karbondioksida (CO2). Bahan - bahan didapatkan dari dalam tanah. Untuk proses pengambilannya diserap tumbuhan lewat akar, khususnya melalui rambut akar. Sedangkan untuk gas karbondioksida didapatkan lewat mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).

Sesudah seluruh bahan dikirim ke daun, maka proses peasakan makan siap dilakukan. Pembuatan makanan tersebut terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil yang mana klorofil akan mengikat sinar matahari. Kemudian energi dari sinar matahari tersebut dimanfaatkan atau digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida. Pengubahan air dan gas karbondioksida menjadi karbohidrat dan as oksigen (O2).
Reaksi fotosintesis bisa kita ditulis sebagai mana yang berikut ini:


Tumbuhan Hijau

Karbohidrat sebagai hasil dari proses fotosintesis kemudian akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Untuk tumbuhan, karbohidrat tersebut bermanfaat untuk proses pertumbuhan, perkembangan, berkembang biak, dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua karbohidrat tersebut akan dipakai. Sebagian karbohidrat akan dilakukan penyimpanan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Seperti proses di atas bahwa hasil fotosintesis selain karbohidrat adalah gas oksigen. Gas ini merupakan gas yang sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia yaitu dimanfaatkan untuk pernafasan manusia dan hewan. Gas oksigen akan dilepaskan tumbuhan ke udara bebas dan akan dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang lainnya.

2. Hasil Fotosintesis Disimpan sebagai Cadangan Makanan
Sebagian hasil dari proses fotosintesis tumbuhan hijau akan disimpan sebagai cadangan makanan. Penggunaan cadangan makanan tersebut yaitu pada saat bahan-bahan di tanah mulai menipis. Misalnya saja pada saat musim kemarau. Tempat tumbuhan menyimpan makanan, misalnya terletak pada umbi, buah, biji dan batang. Berikut ini merupakan contoh tumbuhan yang memiliki cadangan makanan di tubuhnya.
  • Pada umbi, contohnya pada tanaaman kentang, singkong, ketela, talas, bawang merah, dan juga bawang putih.
  • Pada buah, contohnya pada tanaaman mangga, apel, jeruk, pepaya, dan pisang.
  • Pada biji, contohnya pada tanaaman kacang tanah, kacang kedelai, jagung dan kacang hijau.
  • Pada batang, contohnya pada tanaaman sagu dan tebu.

B. MANUSIA DAN HEWAN BERGANTUNG PADA TUMBUHAN HIJAU

1. Tumbuhan sebagai Sumber Makanan
Hampir semua bagian dari tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia dan hewan. Baik itu bagian daunn, bunga, buah, batang, umbi, tunas, maupun bijinya.

Berikut adalah merupakan makanan yang didapat manusia dari tumbuhan.
a. Daun, misalnya daun pepaya, kubis, selada, bayam
b. Bunga, misalnya bunga turi, bunga kol, bunga pisang
c. Buah, misalnya mangga, jambu, sawo, anggur, nanas
d. Umbi, misalnya kentang, wortel, singkong, lobak
e. Tunas, misalnya taoge, rebung
f. Biji, misalnya kacang hijau, jagung, beras

Hewan juga memperoleh sumber energi dari tumbuhan hijau.

Pada hewan-hewan herbivor sangat tergantung pada tumbuhan secara langsung. Jika tidak ada tumbuhan, maka hewan tersebut akan mati sehingga juga mengakibatkan hewan karnivor juga akan mati. Hal ini karena mereka saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Ini juga berlaku pada hewan omnivor.

Baca juga : Keseimbangan Ekosistem

Berikut skema tumbuhan hijau, herbivor, karnivor dan omnivor.
Tumbuhan Hijau

2. Tumbuhan sebagai Obat Tradisional
Di Negara kita Indonesia, banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Sebagai contoh tanaman obat yaitu pil kina sebagai obat untuk penyakit malaria. Ada pula umbi - umbian yang dimanfaatkan sebagai jamu. Contohnya yaitu kunyit, kencur, jahe, temulawak, dan masih banyak lagi.

3. Tumbuhan sebagai Bumbu Masakan
Keanekaragaman makhluk hidup berupa tumbuhan di negara kita menghasilkan banyak sekali rempah-rempah. Biji, buah ataupun umbi tanaman bermanfaat sebagai penyedap atau bumbu masakan. Tanaman tebu misalnya, menghasilkan gula, yaitu pemanis alami. Hasil rempah-rempah, contohnya bawang merah, bawang putih, lada, cengkeh, pala dan sebagainya.

Demikian artikel yang berjudul Tumbuhan Hijau (Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 5) yang semoga bermanfaat.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.