Pengertian Arsitektur Secara Umum dan Menurut Ahli


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Arsitektur Secara Umum dan Menurut Ahli

Ada banyak hal menarik untuk kita bicarakan soal arsitektur. Terlebih untuk sejumlah orang yang tertarik, mendalami, atau bergerak di bidang ini. Hal ini akan memberi gambaran tersendiri di dalam pikiran menreka. Begitu pula jika yang membicarakan hal serupa adalah orang awam, maka bentuk bangunan tertentu pun akan menjadi satu hal yang terpikirkan.

Bila kita sudah membahas tentang arsitektur, maka pengertian dari hal ini sendiri pun menjadi satu bahasan yang tak bisa lepas begitu saja. Oleh karena itu, kita pun bisa mengetahui pengertian arsitektur yang ada, dengan begitu, pemahaman tentang hal ini akan semakin baik dan dalam, sehingga kita tak perlu bingung jika ditanya tentang apa pengertian dari arsitektur.

Mengenal Pengertian Arsitektur Secara Umum

Salah satu hal yang menarik untuk dibicarakan tentang arsitektur adalah pengertiannya. Hal ini terlebih akan terdengar menarik untuk sejumlah orang yang masih merasa asing dengan istilah tersebut. Oleh karena itu, pengertian arsitektur ini bisa kita berikan untuk memberi kemudahan bagi mereka untuk memahami makna dan mendapat gambaran yang tepat.

Secara umum, pengertian arsitektur adalah ilmu dan seni dalam merancang bangunan. Ada pun deskripsi arsitektur yang lebih luas mencakup merancang serta membangun lingkungan binaan secara menyeluruh, mulai dari tingkat makro seperti perencanaan kota, arsitektur lanskap, perancangan perkotaan, sampai ke level mikro.

Level mikro ini sendiri mencakup desain perabot, desain bangunan, dan desain produk. Selain itu, arsitektur pun merujuk pada sejumlah hasil dari proses perancangan beberapa hal tersebut. Kedua pengertian arsitektur secara umum tersebut sekiranya sudah memberi info pada kita bahwa arsitektur mencakup banyak hal, mulai dari yang kecil hingga besar.

Mengenal Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Pengertian Arsitektur
Selain mengetahui pengertian arsitektur secara umum seperti di atas, kita pun dapat mengetahui definisi hal yang sama jika ditinjau dari sudut pandang para ahli. Hal ini akan memberi kemudahan bagi kita untuk bisa lebih memahami apa yang sebenarnya disebut dengan arsitektur. Beberapa pendapat ahli tentang arsitektur antara lain seperti berikut ini.

1. Marcus Pollio Virtuvius
Pengertian arsitektur adalah kesatuan dari kekokohan (firmutas) atau kekuatan, keindahan (venustas), serta fungsi (utilitas) atau kegunaan.

2. Banhart C.L. dan Jess Stein
Menurut Banhart C.L. dan Jess Stein, arsitektur ialah seni di dalam mendirikan sebuah bangunan, termasuk di dalamnya juga seperti segi konstruksi, perencanaan, dan juga penyelesaian dekorasinya; bentuk atau sifat bangunan; proses pembangunan; bangunan, serta kumpulan bangunan.

3. Van Romondt
Van Romondt berpendapat bahwa arsitektur merupakan ruang yang menjadi tempat hidup manusia secara bahagia. Ruang artinya merujuk pada segala ruang yang terjadi akibat dibuat oleh manusia atau proses alam seperti naungan pohon, gua, dan masih banyak lagi.

4. Robert Gutman
Pengertian arsitektur menurut Robert Gutman yaitu kulit ketiga manusia. Arsitektur adalah lingkungan buatan yang tak hanya menjembatani antara manusia dan lingkungan, melainkan juga wahana ekspresi kultural demi mengatur kehidupan jasmani, psikologis, dan juga sosial manusia.

5. Claudil
Pendapat Claudil menyatakan bahwa arsitektur merupakan sesuatu yang sifatnya personal, menyenangkan, serta memerlukan pengalaman. Arsitektur ialah hasil persepsi serta penghargaan manusia pada bentuk dan ruang. Ada 3 pengalaman arsitektur yaitu aspek emosional, fisikal, dan kebutuhan intelektual.

6. Francis D.K. Ching
Menurut Francis D.K. Ching, arsitektur membentuk sebuah tautan yang mempersatukan bentuk, ruang, teknik, serta fungsi.

7. Amos Rappoport
Amos Rappoport berpendapat bahwa arsitekturlah ruang yang menjadi tempat hidup manusia yang lebih dari sebatas fisik, namun juga melibatkan beberapa pranata budaya dasar. Beberapa pranata tersebut mencakup tata atur kehidupan budaya dan sosial masyarakat yang memengaruhi dan diwadahi arsitektur.

8. J.B. Mangunwijaya
Pengertian arsitektur berdasarkan sudut pandang J.B. Mangunwijaya adalah wastuwadaya atau vastuvidya yang memiliki arti ilmu bangunan. di dalam definisi wastu terhitung juga tata gedung, tata bumi, dan tata lalu lintas (harsya, dhara, dan yana).

Baca juga : Metodologi Penelitian dan Jenis - Jenisnya

Berbagai pengertian arsitektur secara umum dan menurut para ahli di atas bisa membuka mata kita bahwa hal ini bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Hal ini pun bisa memberi wawasan tambahan untuk kita dalam memahami topik ini. Terimakasih atas kinjungannya di Aanwijzing.Com

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.