Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung


Artikel yang terkait dengan judul :Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi merupakan sebuah bangunan yang bersejarah dan terdapat di kota Bandung. jadi dengan adanya museum ini akan sangat menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara.  Museum ini dirawat dan dilindungi oleh pemerintah dan sudah pernah direnovasi beberapa kali dengan menggunakan dana bantuan dari Jepang. Jadi sampai sekarang museum ini masih terlihat bagus. Selain itu Museum Geologi ini juga salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat menarik.

Untuk teman-teman yang ingin berlibur di kota Bandung, maka jangan lupa untuk mengunjungi Museum Geologi Bandung ini. Karena disini teman-teman akan disuguhkan dengan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan dalam bidang geologi. Di museum ini terdapat banyak fosil dari makhluk hidup di jaman purba dulu. Selain itu di museum ini teman-teman juga akan menemukan bebatuan dan mineral yang pastinya jarang teman-teman temui dalam kehidupan sehari-hari. Jadi dengan berlibur ke Museum Geologi ini, maka teman-teman bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Sejarah Museum Geologi Bandung dari awal berdiri hingga sekarang

Museum Geologi Bandung dibangun oleh bangsa Belanda pada jaman dulu, dari abad ke-17. Dulunya ada banyak ahli geologi berasal dari Eropa yang melakukan penelitian di museum ini. Pada masa pertengahan abad ke 18 di negara Eropa terjadi renovasi industri besar-besaran, dimana para ahli geologi dituntut untuk menumbuhkan barang tambang dalam kepentingan industri mereka. Sejak itulah pemerintah Hindia Belanda menganggap bahwa akan pentingnya penelitian geologi di Indonesia dalam menunjang perindustrian mereka.

Pada masa penjajahan Jepang, Indonesia merupakan negara yang dijajah. Jadi dari masa itu terjadi pergantian kekuasaan. Dengan begitu kepemilikan Museum Geologi menjadi berpindah tangan.

Museum Geologi

Museum Geologi
Pada saat penjajahan Jepang panglima tentara sekutu yang ada di Hindia Belanda mewakili atas nama pemerintah kolonial Belanda telah memberikan sepenuhnya kekuasaan di tangan Jepang pada tahun 1942. Dengan kekuasaan yang berpindah tangan, maka Museum Geologi ini berganti nama menjadi Kogyo Zimusho. Dan setahun setelahnya berganti nama lagi menjadi Chishitsu Chosacho.

Baca juga : Pengertian Oseanografi

Pada masa kemerdekaan, dimana bangsa Belanda akan mencoba untuk merebut kembali kekuasaanya dan bergabung dengan Amerika dan Inggris dalam perkumpulan yang bernama NICA. Akan tetapi pada masa itu Indonesia tidak akan membiarkan semua dokumen penting tentang penelitian geologi direbut oleh para penjajah. Pada akhirnya museum ini harus berpindah-pindah tempat di beberapa kota.

Alamat, tiket masuk dan jam operasional Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, dengan tujuan untuk membuat para pengunjung menjadi lebih nyaman. Didalam museum ada banyak sekali koleksi yang didapat dari penelitian geologi, misalnya fosil, mineral dan batu-batuan.

Untuk alamat Museum Geologi Bandung beralamatkan di jl. Diponegoro No. 57 Bandung. Lokasi museum ini sangat dekat dengan gedung sate Bandung. Dengan begitu teman-teman bisa mengunjungi 2 wisata sekaligus.

Baca juga : Pengertian Meteorologi

Untuk harga tiket masuk Museum Geologi Bandung sangatlah murah meriah di kota Bandung. Akan tetapi setelah teman-teman masuk ke museum, maka teman-temanakan mendapatkan banyak ilmu dan juga wawasan yang sangat berharga. Harga tiket masuknya yaitu untuk anak atau pelajar hanya 2.000 rupiah saja. Sedangkan untuk wisatawan lokal 3000 rupiah dan untuk wisatawan asing dikenakan biaya 10.000 rupiah.

Untuk jam operasionalnya untuk hari Senin sampai Kamis dibuka pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka mulai pukul 09.00 sampai 13.30 siang. Pada hari Jumat dan libur nasional museum akan tutup.

Nah, itulah informasi tentang Museum Geologi Bandung yang dapat teman-teman ketahui. Museum yang ada di Bandung ini merupakan tempat wisata yang benyak ilmu dan pengetahuan serta wawasan mengenai kondisi geologi yang ada di Indonesia. Jadi pastinya akan sangat sayang jika harus teman-temanlewatkan begitu saja. Tempat wisata di Bandung ini sangat pas untuk berlibur bersama keluarga teman-teman.

Jika teman-teman memiliki rencana berlibur ke Bandung, sebaiknya persiapkan diri mulai sekarang. Karena jika datang waktu liburan, maka teman-teman akan sulit untuk mendapatkan tiket dan penginapan.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.