Sejarah Tenis Meja


Artikel yang terkait dengan judul :Sejarah Tenis Meja

Bukan hanya negara saja yang memiliki sejarah atau tempat wisata saja yang memiliki sejarah, olahraga juga ada sejarahnya. Sejarah ini berarti sebuah asal muasal atau awal mula terbentuknya sesuatu, terciptanya sesuatu, atau munculnya sesuatu. Seperti munculnya olahraga yang bernama tenis meja ini. Sejarah tenis meja yang penting juga untuk kita ketahui. Jangan hanya memainkannya saja tanpa tahu secara detail tentang sejarah tenis meja tersebut.

Bukan hal yang sulit untuk mempelajari sejarah, karena sejarah bisa diabadikan dengan cara didokumentasikan melalui tulisan, suara, gambar video atau foto, serta dari informasi lisan dari mulut ke mulut. Akan sangat asyik jika kita benar-benar ingin mempelajari sejarah, karena kita menjadi tahu apa yang terjadi pada zaman dulu.

Kita bisa mengambil sisi positifnya dan bisa dijadikan pegangan untuk masa kini dan masa yang akan datang. Dengan mengetahui sejarah tentang kemunculan tenis meja yang sering kita mainkan sebagai olahraga favorit yang sangat mengasyikkan. Bahkan olahraga tenis meja ini pun akan eksis dalam jangka panjang.

Mengenal Bagaimana Sejarah Tenis Meja Terjadi

Peminat olahraga tenis meja ini sangatlah banyak. Alasan terbanyak yang diungkapkan adalah karena tenis meja ini adalah olahraga yang sangat mudah. Bisa dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Lebih fleksibel daripada olahraga lainnya yang kebanyakan dilakukan di luar ruangan. Walaupun olahraga tenis meja ini adalah olahraga indoor yang sederhana, namun tidak mengurangi aktivitas fisik layaknya berolahraga.

Olahraga ini juga memeras keringat, karena sinkronisasi antara kaki, tangan, dan pikiran pun harus berjalan dengan seimbang. Pikiran akan terus mencari siasat atau strategi penyerangan terbaik kepada lawan agar memperoleh kemenangan, lalu tangan dan kaki akan berkoordinasi sesuai dengan perintah atau rangsangan dari pikiran atau otak.

Tenis meja ini merupakan jenis olahraga bola kecil, karena bolanya berbentuk kecil dan medianya juga terbatas di atas meja tenis saja. Bisa juga dijadikan permainan yang mengasyikkan. Selain itu, alasan tenis meja disebut dengan olahraga bola kecil, karena jumlah pemainnya juga kecil.

Nama lain dari olahraga tenis meja ini adalah pingpong. Anak-anak sangat menyukai permainan ini. Kebanyakan orang juga menggunakannya sebagai olahraga santai yang dimainkan kapan saja, terutama saat waktu luang.

Baca juga : Sejarah Permainan Bulu Tangkis

Sejarah Tenis Meja
Dengan mengenal sejarah tenis meja kita dapat lebih menyukai terhadap olah raga ini. Ternyata olahraga tenis meja ini adalah jenis olahraga yang berasal dari Benua Eropa, yakni dari negara Inggris. Memiliki nama lain selain Pingpong, yakni Whiff-Whaff dan Gossima.

Sejarah tenis meja di Inggis untuk pertama kali dibuat atau dicetuskan pada abad ke 19 dengan image awal bahwa permainan ini adalah permainan berkelas. Ini dikarenakan permainan ini adalah permainan yang mahal. Hanya orang-orang kaya saja yang memainkannya. Orang-orang kaya sering memainkannya saat bersantai atau setelah makan malam. Sehingga tidak semua orang bisa memainkan olahraga ini.

Perkembangan sejarah tenis meja tidak hanya berkembang di Inggris saja, melainkan terus berkembang ke negara lain, yakni dimulai di negara Afrika Selatan dan India. Orang-orang kaya Inggris lah yang langsung membawanya sendiri ke India dan Afrika Selatan dengan memperkenalkannya sendiri. Namun uniknya, saat itu perlengkapan olahraga tenis meja tidak seperti sekarang, karena memang belum diciptakan secara lengkap.

Sejarah tenis meja menyatakan bahwa saat itu, buku menjadi media peralatan tenis meja utama yang digunakan. Menggunakan meja panjang berbentuk persegi panjang, lalu buku dijadikan net yang diletakkan di tengah-tengah meja serta sebagai betnya. Bahkan bolanya pun bukan bilah Shuttle cocok tenis meja yang kita pakai biasanya, melainkan menggunakan bola dari kertas. Kertas digulung-gulung kemudian diremas-remas menjadi gulungan bulat sehingga bisa menjadi bola tenis meja untuk sementara. Dengan peralatan sederhana itu, kita sudah bisa memainkan tenis meja.
Walaupun tenis meja sudah bisa dimainkan dengan menggunakan alat-alat sederhana tersebut, perkembangannya pun terus dilakukan. Bukan berhenti seperti itu saja, yakni dengan  mulai berdirinya pabrik J. Jaques & Son Ltd. yang memproduksi peralatan tenis meja di tahun 1901. Konsumen utamanya adalah Amerika Serikat, yakni pabrik Perkerasan Brothers. Di Amerika inilah, asal mula nama tenis meja atau Table Tennis dikenal sampai kini.

Baca juga : Sejarah Olahraga Sepak Bola

Sejarah tenis meja tidak berhenti sampai di situ. Penggemar tenis meja Ini semakin banyak dan kemudian tersebutlah seorang penggila tenis meja yang bernama James W. Gibb. Dia bukan hanya mencintai olahraga ini, namun juga ikut mengembangkan olahraga ini dengan menciptakan bila khusus tenis meja yang berbahan Celluloid pada tahun 1901. Selain Gibb, ada juga pencinta Tenis meja yang ikut berpartisipasi dalam mengembangkan tenis meja menjadi olahraga yang lebih baik dan modern. Dialah yang menciptakan karet bet sebagai alat untuk memukul bola tenis meja.

Demikianlah artikel tentang sejarah tenis meja yang kiranya dapat bermanfaat. Dengan kita tahu sejarah dari olahraga ini, kita dapat lebih mencintainya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.