Pengertian Zakat Mal, Syarat dan Jenis Harta untuk Zakat Mal


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Zakat Mal, Syarat dan Jenis Harta untuk Zakat Mal

Zakat termasuk dalam rukun Islam, maka wajib bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat bila mencukupi syarat. Selain bisa membersihkan harta dari hak orang lain, zakat juga membuat kita terhindar dari sifat rakus, kikir, dan menumpuk harta. Pada kesempatan ini kita akan berbagi pengertian zakat mal.

Pengertian Zakat Mal atau Harta

Pengertian zakat mal menurut bahasa lughat adalah suatu hal yang dibutuhkan manusia untuk dimanfaatkan, dimiliki, dan disimpan. Sementara menurut syar’iat adalah segala yang bisa dikuasai atau dapat digunakan secara lazim.

Jadi pengertian zakat mal bisa diartikan semua harta kita yang memenuhi syarat syari’at Islam berupa perak, binatang, emas, tumbuhan, dan uang. Secara global mal berarti harta – benda, maka selain zakat fitrah dapat dikatakan sebagai zakat mal.

Syarat Harta untuk Zakat Mal

1. Almilkuttam (milik sendiri)
Harta dimiliki secara penuh serta manfaatnya bisa digunakan secara penuh juga. Dimana harta tersebut merupakan harta halal menurut syariat agama islam. Bila harta tersebut di dapat dengan cara haram, maka tidak wajib mengeluarkan zakat mal.

2. Potensi berkembang atau bertambah
Harta bisa didapatkan kembali sehingga bisa bertambah saat diusahakan atau harta tersebut memiliki potensi untuk terus berkembang.

3. Memenuhi jumlah nisab
Harta memiliki nilai yang mencapai jumlah tertentu, dimana jumlah tersebut telah memenuhi ketentuan syarat. Bila harta tidak sampai, maka tidak diwajibkan mengeluarkan zakat mal.

4. Alhajatul Ashliyah (lebih dari kebutuhan)
Kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup dirinya dan semua tanggung jawabnya sudah terpenuhi seperti kebutuhan premier, makan sehari-hari, rumah, pakaian, pendidikan, dan kesehatan. Jika kebutuhan ini terpenuhi, maka wajib mengeluarkan zakat.

5. Tidak memiliki hutang
Saat orang memiliki hutang besar, sehingga hartanya kurang dari satu nisab karena harus di bayar saat waktu yang sama mengeluarkan zakat,, maka orang tersebut tidak wajib mengeluarkan zakat.

Baca juga : Pengertian Zakat Dalam Agama Islam

Jenis Harta untuk Zakat Mal

Pengertian Zakat Mal
1. Hewan ternak
Hewan ternak besar ataupun kecil seperti unta, sapi, kerbau, domba, kambing, itik, burung, mentok, bebek, dan ayam.

2. Perak dan emas
Perak dan emas merupakan logam mulia. Selain menjadi tambang perhiasan elok, perak dan emas memiliki nilai yang tinggi. Tambang ini terus menjadi mata uang berlaku setiap saat, bahkan nilainya terus bertambah. Jadi Islam menganggap perak dan emas merupakan harta potensial berkembang.

3. Harta untuk perniagaan
Harta untuk perniagaan atau jual beli dalam bentuk apapun, baik berupa pakaian, perhiasan, makanan ataupun property. Baik dikelola secara perorangan atau serikat seperti PT, CV atau koperasi.

4. Harta hasil pertanian
Harta yang dihasilkan dari jual beli tanaman atau tumbuhan dengan nilai ekonomis seperti sayuran, buah, tanaman hias, rumput, daun, umbi, dan biji-bijian.

Baca juga : Macam-macam Zakat dalam Islam

Demikian pengertian zakat mal dan contoh untuk menghitung nisab zakat profesi, sehingga harta anda bisa suci dan terbebas dari hak orang lain dengan aturan yang sudah ada menurut syariat agama islam. Semoga artikel pengertian zakat mal ini bisa bermanfaat dan membuat kita lebih bersyukur.


Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.