Pengertian Teknik Informatika


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Teknik Informatika

Teknik informatika adalah disiplin ilmu yang berkaitan pada ilmu komputer.  Secara keseluruhan adalah sebuah disiplin ilmu yang menggunakan teknik khusus untuk menangani berbagai macam masalah pengolahan atau transformasi dari beberapa fakta simbolik atau data dengan cara memanfaatkan dengan seoptimal mungkin pada teknologi komputer.

Transformasi tersebut bisa berupa tentang beberapa proses sistematika dan logika dalam mendapatkan suatu solusi untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Jadi jika memilih program study teknik informatika maka teman-teman akan menjadi terlatih untuk berfikir dengan sistematis dan logis dalam menyesuaikan diri untuk semua pekerjaan.

Perkembangan Studi Teknologi Informatika

Dengan adanya perkembangan dari teknologi yang semakin lama menjadi semakin cepat, maka program pendidikan dalam program studi teknik informatika akan mengarah pada sebuah penguasaan ilmu serta keterampilan rekayasa informatika. Hal ini berlandasan pada sebuah kemampuan dalam menganalisis, menilai, memahami, menerapkan dan menciptakan sebuah program perangkat lunak atau software untuk mengolahnya dengan komputer.

Selain itu, bagi lulusan dari bidang studi ini diharapkan supaya mempunyai kemampuan dalam merencanakan suatu jaringan dengan sistem komputer. Selain itu juga dapat menguasai dasar-dasar dari ilmu teknologi informasi dalam mengembangkan studi yang selanjutnya.

Dari hal tersebut, maka program studi teknik informatika memiliki tujuan untuk memenuhi dengan jumlah SDM yang memiliki tingkat profesionalitas yang tinggi dibidang teknologi informasi. Tidak hanya itu saja, hal ini juga akan bertujuan sebagai jembatan antara kepentingan masyarakat dan industri profesi serta dengan kepentingan akademik. Dengan begitu maka dibuatlah sebuah kurikulum yang berbasis kompetensi, dimana dalam kurikulum ini berisi selain beberapa muatan ini, namun diberikan juga sebuah muatan lokal yang akan mendukung basis dalam pengetahuan rekayasa perangkat lunak dan terapan.

Dengan melalui program studi teknik informatika ini maka diharapkan bisa mendapatkan lulusan yang mempunyai daya saing, mempunyai wawasan teknologi informasi dan jiwa kewirausahaan. Dengan begitu tidak akan bingung jika sudah tiba waktunya dalam menerapkan semua ilmunya dalam masyarakat.

Teknik Informatika

Teknik Informatika
Lulusan teknik informatika sekarang ini sudah tersebar luas diselurauh Indonesia dengan berbagai macam profesinya. Misalnya menjadi staf IT, dosen, guru, dan bahkan ada yang sudah bekerja di Luar negeri. Pekerjaan mereka juga sangat beragam misalnya bekerja di perbankan, industri, pengolahan kayu dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Psikologi Sosial

Hal-hal yang dipelajari dalam teknik informatika

Ilmu dasar dalam teknik informatika adalah algoritma. Dalam bidang studi ini mahasiswa akan diarahkan pada penguasaan  ilmu dan juga keterampilan dari rekayasa informatika. Dimana ini berlandaskan pada kemampuan dalam memahami, menganalisis, menilai, menerapkan dan juga untuk menciptakan sebuah perangkat lunak dan diolah kedalam komputer.

Pada umumnya dalam bidang studi ini bisa dikelompokan menjadi beberapa bidang ilmu yang dipelajari, diantaranya sebagai berikut:

1. Sistem informasi
Dalam pelajaran ini akan memberikan pengertian serta pengetahuan dasar tentang beberapa  konsep dan juga kerangka dari sistem informasi, teknik perancangan, metodologi, percobaan, pengembangan dan juga bagaimana cara pemeliharaan  sistem perangkat lunak tersebut.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
Ilmu ini mempelajari tentang analisis dengan cara mendesain objek, menyempurnakan proses rekayasa, Rekayasa perangkat Lunak, inspeksi perangkat lunak, dan pemprograman basis data client server.

3. Komputasi dan pemprograman
Dalam ilmu ini akan memberikan sebuah pengetahuan serta kemampuan dalam menganalisis beberapa permasalahan yang ada dalam lingkup komputasi, teknologi antar jaringan, komputasi paralel, dan sistem terdistribusi.

4. Jaringan komputer dan arsitektur
Dalam materi ini akan mempelajari sebuah arsitektur komputer, elektronika, organisasi komputer, sistem mikroprosesor, jaringan komputer, sistem digital dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Psikologi Pendidikan

Prospek untuk lulusan dari teknik informatika

Prospek dalam bidang aplikasi komputer sungguh luas, hingga tidak ada sedikit ruang yang tidak tersentuh dengan sebuah teknologi komputer. Dengan sangat luasnya bidang aplikasi tersebut, maka akan menimbulkan terbatasnya jumlah sistem analis, sangat pesatnya perkembangan teknologi informasi serta meningkatnya kebutuhan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk memberikan prospek yang sangat bagus bagi para lulusan dari teknik informatika tersebut.

Pekerjaan yang sangat cocok untuk para lulusan teknik informatika ini diantaranya yakni menjadi seorang programmer, web desainer, sistem analis, komputer network, software engineer, di instansi pemerintah, sebagai dosen teknik, di lembaga pemerintah dan lain sebagainya.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.