Pengertian Sistem Informasi : Ciri-ciri, Komponen dan Fungsi Sistem Informasi


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian Sistem Informasi : Ciri-ciri, Komponen dan Fungsi Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang dilakukan untuk menyediakan berbagai macam informasi saat akan mengambil sebuah keputusan dalam menajemen serta untuk menjalankan operasional dengan prosedur yang sudah terbentuk. Tujuannya adalah untuk tercapainya sebuah informasi atau pesan dari orang satu ke pihak yang lainnya.

Secara bahasa sistem memiliki arti yaitu kumpulan dari beberapa orang yang sama-sama melakukan pekerjaan yang sama dan melakukan beberapa ketentuan dari aturan yang memiliki sifat yang sistematis dan juga terstruktur. Hal ini untuk terbentuknya sebuah tujuan dalam melakukan fungsi agar bisa tercapai tujuan bersama.

Menurut bahasa, pengertian sistem informasi adalah data yang bisa diolah menjadi lebih berguna serta memiliki arti untuk orang yang memakai data tersebut, serta dapat mengurangi ketidakpastian pada setiap proses dalam mengambil sebuah keputusan.

Ciri-ciri, komponen dan fungsi sistem informasi

Sistem informasi memiliki beberapa ciri yang bisa teman-teman ketahui. Berikut ini ada beberapa ciri-cirinya:

1. Baru
Dimana informasi yang disampaikan dengan cepat setalah terjadinya kejadian atau fakta. Jadi informasi yang didapatkannya bisa sejalan dengan fakta yang ada. Dengan begitu informasi yang akan diberikan merupakan informasi yang terbaru dan tidak mungkin memberikan informasi yang sudah lama. Karena informasi tersebut sudah sangat ketinggalan jaman.

2. Kolektif
Informasi ini memiliki sifat untuk mengupdate informasi yang sebelumnya telah disampaikan. Hal ini bertujuan untuk agar bisa sesuai dengan perubahan jaman.

3. Penegas
Informasi ini dapat untuk menegaskan sebuah info yang telah ada. Pada umumnya penegas ini memiliki bentuk riil.

4. Tambahan
Tambahan ini maksudnya informasi yang ada dapat diperbaharui sesuai dengan data yang telah didapatkan. Dengan begitu data tersebut bisa lebih memperjelas informasi  yang telah disampaikan  sebelumnya.

Itulah ciri-ciri dari sistem informasi yang harus teman-teman ketahui. Terdiri dari 4 poin yaitu memiliki sifat yang baru, penegas, kolektif dan tambahan. Selain ciri-ciri, sistem informasi juga terdiri dari beberapa komponen. Komponen ini memiliki fungsi untuk pembentukan sebuah informasi.  Berikut ini adalah beberapa komponennya, diantaranya:

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Baca juga : Pengertian Psikologi Sosial

1. Input
Komponen ini merupakan sebuah data yang masuk dan selanjutnya dapat diolah kedalam sistem.

2. Model
Komponen model ini merupakan sebuah kombinasi logika, prosedur dan model matematika yang memiliki tugas untuk memproses data yang sudah ada pada pusat  data dengan menggunakan beberapa cara yang telah ditentukan. Hal ini berguna untuk menghasilkan output informasi yang sama dengan yang diinginkan.

3. Output
Kompone output adalah hasil dari sebuah informasi yang berkualitas dan didokumentasikan. Ini berguna untuk semua pengguna data dari manajeman sampai dengan pemakaian sistem.

4. Teknologi
Yakni sebuah alat pada sistem yang berupa teknologi untuk digunakan sebagai penerima input. Setelah itu dijalankan dengan model lalu disimpan dan mengakses data. Dari komponen ini akan menghasilkan serta mengirimkan output, selain itu juga akan memantau dalam pengendalian sistem.

5. Basis data
Komponen basis data ini adalah sebuah kumpulan data satu dengan yang lain yang saling berhubungan. Kemudian data tersebut disimpan pada software database yang ada di komputer.

6. Kontrol
Komponen kontrol adalah komponen yang memiliki tujuan untuk mengendalikan jika terjadi gangguan pada sistem informasi.

Keenam komponen sistem informasi tersebut memiliki tugas dan tujuan yang berbeda. Semua itu sesuai dengan fungsi dan tingkatannya. Jika teman-teman telah mengetahui pengertian, ciri-ciri dan komponen dari sistem informasi. Maka teman-teman juga harus mengetahui apa saja fungsi dari sistem informasi tersebut.

Baca juga : Pengertian Psikologi Pendidikan

Berikut ada beberapa fungsinya yang harus teman-teman ketahui. Untuk meningkatkan aksesibilitas data yang sudah ada. Supaya bisa lebih efisien untuk menyampaikan kepada penggunanya. Selain itu berfungsi untuk mengembangkan berbagai macam proses dalam perencanaan yang memiliki sifat efektif, memperbaiki produk dalam sebuah aplikasi dalam melakukan pengembangan sistem, memberikan sebuah jaminan yang tersedianya ketrampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi, dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

Fungsi ini sangat penting untuk dijadikan sebagai manfaat bagi para pengguna. Karena dapat memberikan data yang sesuai dari kebutuhan para penggunanya. Dengan teman-teman mengetahui pengertian, ciri-ciri, komponen dan fungsi dari sistem informasi, maka teman-teman akan lebih mudah dalam meningkatkan penggunaan sistem informasi tersebut.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.