Pengertian, Manfaat dan Bahaya Sinar-X


Artikel yang terkait dengan judul :Pengertian, Manfaat dan Bahaya Sinar-X

Alat-alat medis tidak kalah canggih dan bervariasi dengan alat-alat elektronik yang eksis sekarang ini. Sebuah bukti bahwa perkembangan jaman memang bersifat menyeluruh. Bukan hanya untuk satu bidang saja, melainkan di semua lini kehidupan. Seperti penggunaan Sinar-X di dunia kedokteran.
Kita sudah sangat familiar dengan dunia medis, di mana akan berkaitan dengan obat, dokter, dan rumah sakit atau klinik kesehatan. Semua orang yang berhubungan dengan dunia medis pasti sedang. Mengalami gangguan kesehatan atau harus melakukan perawatan kesehatan. Walaupun tidak sakit, memeriksakan kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan.

Keberadaan mesin rontgen adalah salah satu mesin yang akan kita temui saat mengunjungi rumah sakit. Mesin ini berada di dalam ruangan khusus. Ukurannya besar dan sering digunakan untuk memotret bagian dalam tubuh. Objek utama yang diamati adalah bagian tulang. Dokter akan mengamati bagian dari tulang manusia secara detail, apalagi di bagian yang cedera atau yang bermasalah.

Mesin rontgen ini mengandung sinar khusus yang akan memotret bagian dalam tubuh, khususnya pada bagian tulang. Sinar ini mampu menembus bagian tubuh manusia, sehingga bagian rangka tubuh manusia menjadi bisa dilihat dengan sangat jelas. Hanya sinar inilah yang akan bisa merekam bagaimana keadaan tulang di dalam tubuh. Kemudian bisa dicetak dan dipelajari lebih lanjut.

Biasanya cara penggunaan mesin rontgen ini adalah dengan memancarkan Sinar-X ke tubuh pasien.posisi pasien bisa sambil berbaring atau juga sambil berdiri. Semua kelainan tulang, cedera tulang, atau adanya tulang yang tidak wajar akan terlihat jelas.

Petugas rontgen akan menyapu semua bagian tulang untuk mendapatkan hasil yang jelas dan detail. Nantinya hasil akan di cetak di kertas khusus yang transparan dan berwarna gelap. Dokter lah yang selanjutnya memberikan penjelasan. Cara melihatnya pun juga harus di balik cahaya terang, seperti lampu.

Sinar-X

Sinar-X

Baca juga : Pengertian Teknik Informatika

Pengertian Sinar-X dan manfaat yang dikandungnya

Sinar-X ini disebut juga dengan sinar X-Ray, karena memang kepanjangannya. Di mana sinar ini sudah kita kenal sejak masuk bangku sekolah. Ada macam-macam sinar yang ada di bumi, salah satunya adalah sinar X-Ray ini. Secara istilah, sinar ini berarti sinar yang memancarkan sinar elektromagnet, sehingga bisa digunakan sebagai sinar rontgen. Kita bisa menyebutnya demikian, karena memang kegunaan utamanya adalah untuk kegiatan medis, yakni rontgen.

Sebenarnya jika kita mengulik lebih dalam, fungsi dari sinar X-Ray ini bukan hanya untuk kegiatan Rontgen saja, melainkan juga untuk banyak fungsi lainnya. Kalau fungsi rontgen ini berarti kegunaan sinar X-Ray di bidang kesehatan. Padahal sinar ini juga dibutuhkan di bidang lain, seperti:
1. Di bidang kesehatan,badan dua fungsi dari sinar ini, yaitu :

  • Fungsi  Radiograf. Fungsi ini adalah seperti yang kita tahu, bahwa X-Ray ini bisa digunakan untuk Rontgen. Hasil Rontgen akan dicetak dalam bentuk foto Rontgen. 
  • Fungsi Radioterapi. Sinar X-Ray ini juga bisa digunakan untuk membunuh sel kanker. Kita bisa mengenalnya lewat proses kemoterapi. 

2. Di bidang industri, sinar X-Ray bisa digunakan untuk memeriksa retakan pada bahan baku industri yang berupa getah dan plastik
3. Di bidang penelitian, sinar ini berfungsi untuk mengamati struktur hablur.
4. Di bidang penerbangan, sinar ini digunakan sebagai sinar yang senantiasa mengontrol semua instrumen pesawat.

Ternyata banyak sekali manfaat atau kegunaan dari sinar X-Ray ini. Bukan hanya di bidang kesehatan saja. Namun di balik kebermanfaatannya, sinar ini juga memiliki dampak negatif dalam penggunaannya.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi : Ciri-ciri, Komponen dan Fungsi Sistem Informasi

Adapun bahaya dalam penggunaan sinar X-Ray yang perlu kita ketahui agar lebih hati-hati. Jika penggunaan sinar-X ini berlebihan, maka akan menyebabkan penyakit Leukimia, kerontokan rambut, dan kerusakan kulit. Bahaya tersebut disebabkan oleh penggunaan sinar X-Ray yang terlalu sering, karena saat kita bersentuhan langsung dengan sinar ini, kita akan merasakan hangat atau bahkan panas (namun tidak tinggi suhunya). Untuk bahaya kerontokan rambut ini akan dirasakan oleh para survivor kanker lewat penggunaan kemoterapi.

Setelah memahami tentang pengertian, manfaat, dan bahaya Sinar-X ini, maka kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Kalau tidak harus menggunakan karena sakit, lebih baik jangan sering-sering dan ikuti aturan dokter.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.