Ilmu Komunikasi : Pengertian, Ruang Lingkup dan Manfaat Mempelajarinya


Artikel yang terkait dengan judul :Ilmu Komunikasi : Pengertian, Ruang Lingkup dan Manfaat Mempelajarinya

Mempelajari ilmu komunikasi sangat penting bagi semua orang. Komunikasi merupakan kegiatan utama yang dilakukan saat melakukan interaksi dengan orang lain. Tentu saja dalam melakukan interaksi harus berkomunikasi dengan baik dan benar. Bahasa yang digunakan harus sopan serta menyenangkan sehingga percakapan dapat berlangsung lama. Ilmu komunikasi sekarang dapat dipelajari dengan baik, Anda juga dapat mempelajarinya dibangku kuliah.

Pentingnya ilmu komunikasi sangat terlihat ketika kita melakukan interaksi dimana saja. Banyak sekali orang yang kita temui selalu mengajak untuk berkomunikasi. Baik teman, atasan kantor, keluarga, dan lainnya. Tujuan melakukan komunikasi yaitu dapat mengubah sikap, mampu memberikan pendapat, perilaku menjadi berubah dan membantu membuat perubahan yang baik terhadap masyarakat.

Dalam melakukan komunikasi ternyata ada sifat yang harus dipelajari. Sifat komunikasi ada 4 yaitu komunikasi verbal yang merupakan komunikasi terjadi melalui tulisan serta lisan, komunikasi non verbal adalah komunikasi gambar, komunikasi dengan media dan komunikasi tatap muka secara langsung. Keempat sifat tersebut selalu membuat komunikasi menjadi lancar karena menggunakan media yang tepat.

Ruang Lingkup Ilmu Komunikasi yang Dipelajari 

Komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang tidak memiliki batas sehingga bisa dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu komunikasi sangat luas. Kegiatan komunikasi dilakukan oleh setiap manusia setiap hari dimanapun mereka berada. Meski begitu ruang lingkupnya masih dapat dipelajari, meliputi telaah yang digunakan untuk melihat kegiatan komunikasi setiap orang.

Lebih jelasnya ada beberapa lingkup komunikasi yang menjadi sasaran utama yaitu ada komunikasi sosial, komunikasi bisnis, komunikasi organisasi, komunikasi tradisional, komunikasi pembangunan, komunikasi antarbudaya, komunikasi international dan komunikasi politik. Bisa dikatakan bahwa ruang lingkup ilmu komunikasi mencakup pada bidang tersebut. Semua bidang tersebut membutuhkan komunikasi yang baik agar dapat menarik perhatian seluruh orang.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi untuk Kehidupan 

Mempelajari ilmu komunikasi harus menguasai tekniknya terlebih dahulu. Teknik yang dipakai dalam melakukan komunikasi ada beberapa yaitu komunikasi pervasive, komunikasi informatif, komunikasi instruktif, dan komunikasi persuasif. Beberapa teknik tersebut diaplikasikan secara langsung saat melakukan interaksi. Teknik sangat penting sehingga membuat komunikasi kita menjadi lancar.

Baca juga : Pengertian Geologi

Belajar komunikasi memberikan manfaat kepada anda. Berikut ini merupakan manfaat yang Anda dapatkan ketika belajar.

1. Menjaga hubungan baik
Dalam suatu hubungan antara semuanya pasti melakukan komunikasi. Peranan komunikasi dalam hubungan tersebut yaitu dapat membuat seseorang mampu menjaga tetap baik. Kesalahpahaman terhadap sesuatu dalam hubungan dapat diselesaikan dengan komunikasi. Bila tidak melakukan komunikasi maka, dapat membuat hubungan renggang.

2. Dapat mengaktualisasikan diri
Komunikasi dapat memberikan bentuk aktualisasi diri sehingga seseorang bisa terkenal. Mengkomunikasikan diri sendiri bisa melalui perkataan secara langsung maupun tindakan.

3. Membuat peluang kesuksesan
Orang sukses mampu melakukan komunikasi dengan baik, selalu percaya diri dalam melakukan komunikasi dengan orang disekitarnya. Profesi apapun pasti menuntut Anda untuk dapat melakukan komunikasi kepada siapa saja. Memang komunikasi terbiasa terhadap pekerjaan pengacara, MC, pembawa acara dan lainnya. Sekarang pengusaha juga dituntut untuk menjadi pintar berkomunikasi dengan tujuan memasarkan produknya.

Baca juga : Pengertian email

4. Dapat melakukan interaksi dimana saja
Kadang seseorang merasa malas untuk melakukan interaksi, alasannya karena seseorang bingung ingin memulai pembicaraan darimana. Dari kondisi tersebut orang itu kurang menguasai komunikasi. Coba saja bila dapat memahami cara komunikasi dengan baik maka dengan enjoynya mereka melakukan komunikasi sama siapa saja.

Manfaat ilmu komunikasi sebagian besar bisa dirasakan pada kehidupan sehari-hari. Artinya penggunaannya tidak jauh dari diri kita berada. Anda wajib mempelajari ilmu tersebut agar komunikasi yang Anda lakukan bisa bagus dan memiliki kualitas bagus. Ciptakan komunikasi yang menarik dan tidak membosankan dengan orang disekitar anda. Pasti dijamin hidup Anda lebih indah ketika mampu melakukan komunikasi bersama orang disekeliling anda.

Bila Anda merasa kurang mampu mempelajari komunikasi maka, tenang saja karena dalam pelajarannya akan diberikan metode yang tepat. Metode dan teknik diberikan secara langsung bagi Anda yang ingin belajar komunikasi. Kebanyakan Anda akan disuruh untuk melakukan praktik komunikasi secara langsung. Baik didepan publik maupun antar individu saja, belajarlah secara maksimal sehingga dapat melakukan interaksi dengan bagus.

Artikel www. Aanwijzing.com : Ayo membaca...!!! Lainnya :

Copyright © 2016 Aanwijzing.com | Google.com | Google.co.id | Design by Bamz | Powered by Blogger.